Thursday, May 8, 2014

IRT Kok Ngeblog?

IRT kok nge-blog? Pernahkah kamu berfikir demikian ketika mendapati seorang wanita ibu rumah tangga yang tiap hari menulis di blog tentang segala hal, dari mulai yang hal kecil seperti urusan rumah sampai hal yang besar seperti urusan politik? Mungkin kamu akan berfikir, lebay banget nih ibu-ibu yang kayak gitu aja diceritain. Mungkin kamu akan bertanya, buat apa sih nge-blog, udah urus aja anak sana! Hehe, bebas-bebas aja kok.

Ngeblog atau blogging adalah aktivitas menulis di media blog kemudian dipublikasikan. Sama seperti media lain seperti facebook atau twitter. Hanya saja, biasanya tulisan di blog lebih panjang.

Saya sudah memulai ngeblog dan menulis sebelum menikah. Sejak kecil saya suka membaca dan hobi baca saya itu mendorong saya juga untuk senang menulis. Apa saja, terutama buku harian hehe. Waktu SMA, saya punya buku harian bersama seorang teman yang diisi bergantian. Sekarang, buku harian itu sudah lama saya bakar. Malu, isinya curhatan alay semua :D.

Menulis adalah hobi saya. Saya (pernah) ber-azzam akan menulis yang baik saja (semoga seterusnya). Saya berharap, hobi ini menutupi kekurangan saya yang (katanya) kurang pandai bergaul.

Perkenalan saya dengan blog adalah ketika friendster.com yang awalnya situs pertemanan saja menyediakan layanan blog. Blog pertama saya adalah kanianingsih.friendster.com. Isinya adalah keseharian saya dan ide-ide saya. Sekarang, friendster sudah wafat tanpa saya sempat menyelamatkan tulisan-tulisan saya.

Blog kedua adalah khania.multiply.com. Sebenarnya awalnya hanya ikut-ikut saja karena banyak teman yang menggunakan multiply. Lalu berpikir untuk menjadikan blog ini untuk jualan online. Namun, sebelum diseriusi, multiply juga wafat sebelum sempat saya menyelamatkan tulisan saya.


IRT kok nge-blog? Kembali lagi ke pertanyaan ini. Ya, saya selalu merasa ada yang kurang jika hanya duduk manis di rumah sambil ngasuh anak setelah mencuci dan mengepel. Kok ya tidak berkembang ya. Mau bergaul ikut aktivitas orangtua murid, mobilitas terbatas karena tak bisa naik motor dan anak masih kecil harus dibawa kemana-mana. Facebook-an bosen juga lama-lama. Baca buku kok ya lama diresapi otak. Jenuh.

Lalu suatu hari saya suka melihat postingan teman lama, Leyla Hana, tentang Kumpulan Emak Blogger dan Warung Blogger. Saya penasaran. Setelah mencari informasi, saya akhirnya memutuskan bergabung dengan komunitas tersebut dan mengaktifkan kembali blog ketiga saya.

Blog ketiga saya adalah www.buahhatiayahbunda.blogspot.com. Nama alamat ini tercetus begitu saja, pokoknya ada kata 'buah hati'nya karena waktu saya buat blog ini tahun 2008 saya sedang senang-senangnya menyaksikan pertumbuhan buah hati pertama, Zaidan. Jadi, blog ini seperti wadah tempat saya menumpahkan senang dan sedih tentang buah hati. Begitu kira-kira. Ide ceritanya tentu saja dari Buah Hati saya. Sekarang saya Sudah memiliki dua Buah hati, Zaidan dan Raissa. Tentunya bahan tulisan semakin banyak dan tak Akan habis setiap hari. Pilih saja satu tingkah mereka, celoteh Mereka atau kegiatan Mereka hari ini dan jadilah satu tulisan untuk hari itu.

Setelah blog ketiga ini, berturut-turut lahir tiga blog saya yang lain? Hah, tidak salah? Satu aja ngisi blognya jarang-jarang. Hehe, emang tidak salah kok. Di komunitas KEB ada ibu-ibu yang bahkan blognya jumlahnya puluhan contohnya Mbak Lianny Hendrawati.

Blog saya yang lain adalah kanianingsih.blogspot.com. Yang ini isinya macam-macam, mungkin untuk ke depannya akan saya khususkan untuk tulisan yang dilombakan. Nama alamatnya memakai nama saya biar mudah diingat saja. Kalau kita rajin Ubek-ubek google atau komunitas blog, banyak sekali lomba atau giveaway yang dapat diikuti.

Blog selanjutnya adalah kaniadanbuku.blogspot.com yang khusus menyajikan review buku yang saya baca. Blog ini dibuat agar saya termotivasi membaca buku lalu hasil bacaan itu saya tuliskan dan bagikan ke publik. Bukunya bisa saja buku lama atau buku baru. Karena review buku inilah, saya pernah mendapat Hadiah buku dari penulisnya. Alhamdulillah. Walau saya ibu rumah tangga harus baca buku juga dong karena apa yang saya baca dapat menjadi bahan perbincangan yang menarik dengan anak-anak saya, atau dengan anda?

Blog lain www.bersenangsenangdidapur.blogspot.com adalah tempat saya berkreasi di dapur saya dan tempat saya mendokumentasikan masakan sederhana saya. Saya tak pintar memasak, saya hanya bersenang-senang di dapur sesuai kemampuan saya. Idenya ada saja dari menu keseharian yang saya buat, bekal sekolah anak atau menu diet suami. Pasti setiap hari semua ibu rumah tangga masak kan? Minimal masak air hihi..jadi, pasti tak Akan kehabisan ide.

(Salah satu berkah ngeblog, dapat buku dan Phasmina :))

IRT kok nge-blog? Iya, karena saya mendapat manfaatnya, antara lain:

- Blog adalah tempat latihan menulis yang cukup bagus sebelum menerbitkan sebuah buku (amiiin..hihi..ngarepnya sih begitu).
- Dengan ngeblog saya bisa silaturahim dan mendapat teman berbagi dari seluruh daerah. Walau saat ini silaturahimnya masih online, mudah-mudahan nanti saya bisa menghadiri silatirahim offline alias kopi darat.
- Dengan ngeblog saya kadang-kadang dapat hadiah juga. Kok bisa? Iya, dengan mengikuti lomba blog atau giveaway yang diselenggarakan blogger lain.
- Dengan ngeblog saya bisa berbagi ide dan wawasan bahkan curhat hihi. InsyaAllah saya usahakan curhatnya nggak bikin bete yang baca, tapi curhat yang menginspirasi. Yang kayak gimana? Saya juga masih belajar sih.
- Ngeblog merupakan satu kesenangan batin atau terapi jiwa. Karena saya terkurung di sangkar emas dengan fasilitas wifi, saya manfaatkan fasilitas itu daripada sekedar FB-an. Jenuh karena rutinitas yang itu-itu saja bisa diluapkan dengan menuangkannya dalam tulisan.
- Ngeblog biar tidak pikun. Menulis menuntut seseorang untuk membaca dan mencari sumber tulisan. Karena itu, otaknya bekerja. Karena otaknya selalu bekerja, insya Allah tidak mudah pikun.

Saya memang bukan blogger profesional yang mengandalkan penghasilan dari ngeblog. Tapi, bukan sesuatu yang mustahil loh saya ke arah sana. Seiring dengan banyaknya pengunjung ke blog saya, membaiknya kualitas tulisan dan berkembangnya pengetahuan tentang blog, maka blog lama-lama bisa dimanfaatkan untuk sumber penghasilan. Bahkan banyak juga, blogger yang menerbitkan buku karena tulisan-tulisan di blognya diminati penerbit.

Maka, untuk mendapat manfaat yang lebih besar, saya juga bergabung dengan B Blog Indonesia. Pertamakali mengenal B Blog adalah saat saya membaca tulisan Mbak Shinta Ries yang bejudl I'm a Blogger and I'm Happy.

Apa itu B Blog? B Blog adalah layanan terbatas hanya untuk anggota agar dapat merasakan pengalaman menarik saat menyampaikan informasi lewat blog. Proyek dari Bblog untuk anggotanya adalah:

- Mencoba produk baru
B Blog akan mengirimkan sampel produk berupa makanan, kosmetik dan lain-lain kepada kita sebagai blogger anggotanya sebelum produk tersebut dipasarkan. Lalu, kita memberikan kesan tentang produk di blog dengan kata-kata sendiri.
- Event terbatas
Bblog akan mengundang blogger anggotanya untuk ikut dalam acara tukar pendapat tentang produk pada sebuah diskusi kelompok, talkshow, dan lain-lain.
- Informasi rilis
B Blog akan memberikan informasi dan berita tentang produk terbaru.

IRT kok ngeblog? Iya, ini juga soal pilihan. Ngeblog adalah pilihan kegiatan saya selain mengurus keluarga karena kegiatan ini bisa dilakukan di rumah. Dan..pilihan saya juga untuk bergabung dengan B Blog. Yuk, siapa mau gabung juga?

Pada akhirnya, ngeblog atau tidak, yang penting dalam semua pekerjaan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ya kan?

berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [4]

Acara ini diorganisir oleh B Blog Indonesia dan disponsori oleh:
@princess_butik
@japansoftlens
@keziashop
@kissindonesia
@lumiere_corner
@galerikuku


Tag Proyek

8 comments :

  1. nggak ada salahnya IRT itu ngeblog,, banyak manfatnya selain silaturahmi di dunia maya :) salam kenal mbak

    ReplyDelete
  2. Ya Allah, blognya banyak banget, Mba.
    Tapi, yang masuk list saya baru ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Empat yg aktif..sisanya udah wafat..mba.
      empat juga isinya jarang2..awalnya.buat mengelompokkan aja tetapi ternyata lumayan repot juga ya ngurus blog hehe..

      Delete
  3. Mudah-mudahan blogspot abadi terus ya mak, jangan sampai kaya rumah blog mak yang sebelum-sebelumnya :p

    ReplyDelete
  4. Salut banget deh sama kegigihan ngeblognya mak...patut ditiru (btw idem, lho suka nulis sjk kecil) Peace, slm hangat selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hangat juga..yuk semangat nulis mak..

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...