Wednesday, October 22, 2014

Apa Yang Kita Lakukan Hari Ini Adalah Investasi

Kita sudah sering mendengar kata investasi. Mungki sejak SMP, saat pelajaran ekonomi. Ini pengertian investasi menurut wikipedia: "Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal."

Seringnya kita dengar istilah ini dalam dunia usaha. Tapi, sadarkah kita, dalam kehidupan sehari-hari ini sebenarnya kita tengah berinvestasi. Perlakuan kita terhadap anak adalah investasi. Jika kita menanamkan kebaikan, maka insyaallah kita juga akan menuai hal yang sama kelak. Jika kita menanam keburukan, hal yang sama juga yang akan dituai. Begitu juga perlakuan kita pada orangtua, tetangga, dan yang lainnya. Naudzubillah.

Tulisan kita setiap hari adalah investasi kita. Siapa tahu kelak tulisan-tulisan itu akan menjadi sebuah buku bernilai ekonomi. Atau, menjadi warisan yang baik atau buruk untuk anak cucu, tergantung baik buruknya tulisan. Atau, tulisan yang semula acak-acakan, karena terus menulis setiap hari lama kelamaan menjadi bagus, menjadikan kita penulis yang bagus juga. Wallahua'lam.

Perbuatan kita hari ini adalah investasi kita di masa depan, bahkan akhirat. Intinya, berbuat baiklah sekecil apapun. Kebaikan walau kecil nilainya tetap akan dinilai oleh-Nya (QS. alzalzalah: 7-8). Bahkan, ketika meniatkannya saja sudah dinilai.

Catatan ini adalah pengingat bagi diri yang selalu alpa.
(Sumber gambar dari sini)

4 comments :

  1. Demikian halnya dengan amal sholeh yang kita lakukan adalah bekal / investasi untuk kelak di akhirat...

    ReplyDelete
  2. Semoga kita dapat melakukan yang terbaik buat masa depan kita ya...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...