Saturday, November 8, 2014

10 Tips Mencuri Perhatian Suami

"Ayo Bu, kita silaturahim ke rumah Bu W. Kebetulan dulu beliau guru ngaji saya juga. Biar nanti ibu bisa ngaji sama beliau." Begitu kira-kira kata teman saya saat saya baru pindah ke daerah Bintaro. Maklum, saya belum punya banyak teman saat itu. Zaidan juga belum sekolah, jadi belum punya teman yang anaknya sebaya dengan Zaidan. Kecuali teman saya ini yang tinggalnya di Bintaro juga, namun beda kelurahan. Pengajian adalah salah satu sarana mencari teman. Kata orang bijak, jika berteman dengan penjual minyak wangi maka nanti akan 'tertular' wanginya. Kalau berteman dengan orang-orang yang rajin menuntut ilmu, insyaallah akan termotivasi juga menuntut ilmu.

Maka saya pun menuruti saran teman saya. Dengan dibonceng naik motor oleh teman saya itu, saya silaturahim ke rumah beliau. Orangnya baik dan welcome. Penampilannya tinggi, putih, cantik.Teman saya yang banyak ngobrol dengan beliau. Sementara saya karena baru kenal bicara seperlunya saja.

Perjalanan nasib ternyata membuat saya tidak 'berjodoh' dengan beliau. Saya keburu diterima bekerja sebagai pengajar di sebuah sekolah swasta, sehingga waktu untuk mengaji sangat terbatas. Dan, kira-kira setahun lalu saya menerima kabar ini dari teman saya. Bahwa Ibu W telah bercerai dengan suaminya. Suaminya telah menikah lagi dengan teman kantor tanpa sepengetahuan ibu W, saat ibu W tengah hamil besar!

Sumber gambar dari sini
Tentu saja saya terkejut. Mereka bukanlah orang yang jauh dari agama. Baik ibu W dan suaminya meruoakan guru ngaji. Tapi siapa lah saya. Saya hanya orang luar yang memandang apa yang menimpa mereka tentu dari sudut pandang saya. Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam rumah tangga mereka. Sebagai sesama wanita, saya yakin ibu W sudah berbakti dengan baik pada suaminya. Buktinya adalah anak-anak yang lahir dari rahim ibu W.

Saya tidak ingin menyalahkan suami ibu W. Saya tidak akan mempermasalahkan poligami karena sudah jelas ada aturannya dalam Alqur'an. Jadi yang pertama dan kedua, sama saja hak dan kewajibannya. Begitu juga suami, memiliki satu atau dua, sama juga hak dan kewajibannya. Tapi, kalau boleh memilih, saya dan semua wanita di dunia ingin menjadi satu-satunya istri bagi suami, bidadari untuknya di dunia dan akhirat.

Saya jadi ingat sesuatu. Tiga hari yang lalu saya menghadiri majelis ta'lim di mesjid komplek. Ustadzah sedang menerangkan hadist tentang wudhu. Kata ustadzah, banyak wanita yang menolak ajakan suami karena enggan untuk mandi lagi dan mandi lagi. Makanya, banyak suami yang mudah tergoda dengan gangguan dari luar ketika istri menolak atau istri sedang halangan. Ternyata, kalau kita sedang sakit atau tak bisa menemukan air untuk mandi, kita boleh menunda mandi janabah dan cukup dengan tayamum lalu melaksanakan shalat seperti biasa. Jika sudah sembuh atau menemukan air, kita tentu saja wajib mandi. Maha Besar Allah. Allah tak akan pernah menyulitkan hamba-Nya. Makanya, untuk istri yang sibuk harus benar-benar bisa mengatur waktu agar keluarga tetap harmonis.

10 Tips Mencuri Perhatian Suami

Tak sedikit istri yang kadang bingung bagaimana bersikap baik pada suami. Konon, kata Pak John Gray Phd., laki-laki itu dari planet Mars dan wanita dari planet Venus. Terus ketemu di planet bumi (eh, kalau ini kata saya hehe). Artinya, laki-laki dan wanita memiliki banyak perbedaan. Di Mars, yang ditinggali para laki-laki, menghargai kekuasaan, ketrampilan, efisiensi dan prestasi. Mereka puas jika bisa menyelesaikan masalah dengan kemampuan mereka. Mereka tidak suka membicarakan masalahnya pada orang lain. Mereka tersinggung jika ada orang yang membantunya. Pada satu titik, mereka akan minta bantuan dari yang lebih ahli. 

Sedangkan di planet Venus yang dihuni para wanita, mereka menghargai cinta, komunikasi dan hubungan. Mereka menghabiskan waktu untuk memberi dukungan, menolong, dan saling melayani. Arti hidup mereka ditentukan melalui perasaan dan kualias hubungan mereka. Wanita di Venus mengalami kepuasan yang luar biasa dengan berbagi dan berbicara dari hati. Dengan berbagai perbedaan ini, bukankah laki-laki dan wanita bisa saling melengkapi? Bahkan, perbedaan adalah rahmat karena kita terdorong untuk saling memahami. Tidak mungkin ada yang sama di dunia ini. Bahkan anak kembar pun selalu ada hal yang membuat mereka berbeda.

DR. Akram Ridha dalam bukunya berjudul Membangun Kemesraan Dalam Rumah, memberikan 10 tips bagi istri untuk mencuri perhatian suami:
  1. Ajukan pertanyaan yang sesuai. Suami menyukai sesuatu hal yang teratur. Usahakan pertanyaan istri lebih sistematis dan jauhi pertanyaan yang tidak jelas dan berbelit.
  2. Hormati Diamnya suami. Suami membutuhkan 3 tahap dalam berkomunikasi, yaitu berfikir, memorisasi, dan komunikasi.
  3. Terima kekurangan suami dalam mengekspresikan emosinya.
  4. Jangan memotong pembicaraannya.
  5. Jangan merasa tahu perasaan suami. Ketika suami kurang komunikatif, terkadang istri jadi kurang sabar dan reaktif lalu bicara atas nama suami. Padahal belum tentu suami sesuai dengan perkataan istri. Istri hendaknya memotivasi suami agar dapat mengekspresikan perasaannya.
  6. Dengar dan pahami. Seringkali konflik yang terjadi antara suami dan istri karena salah paham. Gunakan pendengaran dan perhatian untuk memahami pasangan.
  7. Pegang dan sentuhlah. Suami sering melakukan kesalahan dengan meminta istri bersifat rasional ketika berdialog. Begitu juga sebaliknya dengan istri. Ini adalah mustahil ketika masing-masing meminta pasangan bicara dengan gaya bahasa yang sama. Maka istri bisa memulai dengan hal-hal yang bersifat indrawi (dapat dirasakan) untuk meredam emosi suami. Misalnya, memgang tangan suami dengan sayang ketika ia tenagh menceritakan masalahnya.
  8. Bantulah dengan memberikan dukungan.
  9. Terbuka dan terus terang. Gunakan bahasa yang terus terang untuk menyampaikan suatu maksud, tidak perlu menggunakan sindiran.
  10. Jangan sering menuduh dan lihatlah anda sendiri. 
Sungguh, saya sendiri belum sepenuhnya mempraktekkan 10 tips ini, walau sudah dua kali baca bukunya. Tak ada salahnya kan saya share disini. Saya masih belajar juga jadi istri yang baik buat suami.

Biar makin semangat jadi sitri yang baik, yuk dengar lagunya UJE (Ustadz Jefry Al Buchory, almarhum) yang berjudul Bidadari Surga. Lagu ini juga merupakan soundtrack film Laa Tahzan yang review nya pernah saya tulis di website KEB di sini.



Setiap manusia punya rasa cinta,
yang mesti dijaga kesuciaanyanamun 
ada kala insan tak berdaya,
saat dusta mampir bertahta

Kuinginkan dia,yang punya setia. 
Yang mampu menjaga kemurniaanya.
Saat ku tak ada,ku jauh darinya,
amanah pun jadi penjaganya

*Hatimu tempat berlindungku, 
dari kejahatan syahwatku 
Tuhanku merestui itu, 
dijadikan engkau istriku

Engkaulah.....Bidadari Surgaku

Tiada yang memahami,
sgala kekuranganku
kecuali kamu, bidadariku
 
Maafkanlah aku 
dengan kebodohanku 
yang tak bisa membimbing dirimu

*Hatimu tempat berlindungku, 
dari kejahatan syahwatku 
Tuhanku merestui itu, 
dijadikan engkau istriku

Engkaulah.....Bidadari Surgaku



Sumber referensi:
  1. Membangun Kemesraan Dalam Rumah karya DR Akram Ridha (Maghfirah Pustaka, 2006)
  2. http://wapannuri.com/a.cinta/perbedaan_pria_dan_wanita.html
  3. http://lirik.kapanlagi.com/artis/jeffry_al_buchori/bidadari_surga


18 comments :

  1. Sudah terlalu banyak keluarga hancur meski latar belakang pendidikan & agama mereka tak main-main. Manusia memang tak terduga, karenanya saya tak berani berpendapat untuk hal2 yang berada di balik pintu rumah orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak..itu bisa jd cermin buat qt yg di luar pintu agar memperbaiki diri

      Delete
  2. sangat menarik artikel tentang 10 tips mencuri perhatian suami nya ini akan jadi referensi yang bagus untuk kaum istri nih.
    Mencuri inilah yang di sebut MENCURI YANG HALLAL..hiya ya?

    langsung follow yea

    ReplyDelete
  3. wah harusnya ini yang baca istriku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa...bapa jg bisa sampaikan ke istri...:p

      Delete
  4. banyak juga orang yang sudah mempunyai suami malah tidak memperhatikan suami karena kesibukan mereka. pernah dikatakan oleh seorang teman, kalau kalau kesibukan itu timbul dari hati, ketika hati sudah disbukkan dengan pekerjaan atau pilihan lain dalam rumah tangga, maka tunggu kehancurannya. terimakasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger dan mahesa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang suami jg bingung pa gimana agar istri memperhatikan dia..sukses tidanya suatu hubungan ada peran dari keduanya. begitu mungkin

      Delete
  5. benar sekali,, masalahnya belum punya nih istrinya jadi belum dicuri perhatiannya,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an dimudahkan dalam mencari pasangan :)

      Delete
  6. Makasih ya sdh ikut GA kami Mbak :)

    ReplyDelete
  7. perlu dicatet nih Mbak Kania tipsnya. oh ya suka sekali pendapatnya mengenai poligaminya teman Mbak tersebut. pendapat yang arif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipsnya oke, praktiknya lumayan berat ya mak

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...