Wednesday, March 4, 2015

Job Review di Mata Momblogger

Saya memiliki blog pertamakali saat kuliah, sekitar tahun 2000-an awal. Saya menulis di blog hanya sekedar mengekspresikan diri, menuangkan ide, keluh kesah dan pengalaman. Tak terpikir sedikit pun bahwa dengan memiliki blog saya bisa mendapatkan penghasilan. Barulah setelah saya bergabung dengan komunitas ngeblog, salah satunya Kumpulan Emak Blogger (KEB), lewat tulisan-tulisan blogger lain saya jadi tahu ternyata ngeblog bisa menghasilkan uang. Walau blogger lama, sebenarnya saya ini pemula dalam mengetahui manfaat blogging yang lebih besar.

Lewat jalan apa saja sih ngeblog bisa menghasilkan uang? Diantaranya dengan cara:
  1. Memasang google adsense di blog. Setiap iklan dari google adsense yang di-klik oleh pengunjung blog akan menjadi sumber penghasilan kita.
  2. Menjadi member affiliate dimana kita memasang banner produk tertentu yang akan menjadi sumber penghasilan kita. Diantara affiliate yang bisa diikuti diantaranya tipshamil, cloap, bilna, dan sebagainya.
  3. Mengikuti berbagai giveaway dan lomba. Walau belum tentu memenangkan suatu lomba, namun seiring dengan pengalaman dan kulaitas tulisan yang semakin baik, peluang memenangkan suatu lomba akan semakin besar.
  4. Mendapat job review dari perusahaan tertentu dimana blogger diharuskan mereview suatu produk atau jasa.
Semua blogger bisa memasang google adsense di blognya. Tinggal browsing cara memasangnya, lalu ikuti langkahnya, dan tunggu konfirmasi dari google. Semua blogger bisa menjadi member affiliate. Asal punya blog dan bersedia memasang banner, lalu tinggal tunggu pengunjung yang tertarik pada produk dan jasa yang ditawarkan. Semua blogger juga bisa mengikuti giveaway dan lomba, berusaha menulis sesuai dengan ketentuan lomba lalu kirim dan tunggu hasilnya. Namun, tidak semua blogger bisa mendapat job review dari perusahaan tertentu, kecuali tentu saja review produk dan jasa secara sukarela.



Perusahaan tentu ingin informasi tentang produk atau jasanya bisa sampai ke pembaca lalu pembaca tertarik dengan produk dan jasa tersebut. Hal ini tentu butuh keahlian dan kepiawaian seorang blogger dalam menyampaikannya tanpa terkesan sedang berpromosi. Dengar-dengar, penghasilan dari job review ini juga lumayan. Namun tentu saja, penghasilan yang lumayan sebanding dengan usaha yang harus dilakukan. Karena biasanya perusahaan juga selain memperhatikan blogger yang pandai menyampaikan informasi, juga blogger yang blognya menarik dan sering dikunjungi. Agar blog menarik dan sering dikunjungi pasti butuh usaha keras, misalnya dengan rajin update blog.

Beberapa waktu lalu, tulisan blogger mbak Elisa Koraag tentang menolak job review sebesar 20000 rupiah menuai pro dan kontra. Sebagai blogger pemula, saya tak banyak berkomentar. Saya menyimak perbincangan tersebut sebagai pengetahuan baru bagi saya. Yang pro dan kontra tentu punya alasan sendiri. Yang pro, tentu saja mungkin karena mereka sudah punya banyak pengalaman dan sudah banyak malang melintang di dunia per-blog-an sehingga kualitas kerjanya pun tak diragukan. Yang kontra, mungkin menganggap tak baik jika menolak rejeki. Semua alasan itu bisa diterima jika masuk akal. 

Saya sendiri masih sebatas hobi dalam dunia blogging ini. Namanya hobi ya sesukanya saja dijalani. Apalagi profesi utama saya sebagai ibu rumah tangga yang jam kerjanya 24 jam, harus pintar bagi waktu antara hobi dan tugas utama. Tapi…tak disangka, saya pernah mendapat sebuah tawaran kerjasama dari sebuah brand. Entahlah, apa ini bisa disebut job review. Yang jelas saya diminta membuat tulisan yang ada link hidupnya ke brand tersebut. Sebagai timbal baliknya, saya mendapat voucher belanja senilai tertentu. Mungkin bagi sebagian orang kecil. Namun bagi saya lumayan saja, bersyukur dan senang bisa belanja dari penghasilan sendiri untuk kebutuhan keluarga. Waktu itu saya memang lagi semangat dan rajin update tulisan.

Semoga saja, seiring dengan anak-anak semakin besar, saya jadi bisa memiliki waktu lebih untuk memaksimalkan blog. Seiring dengan seringnya update tulisan, semoga kualitas tulisan saya semakin baik. Seiring semakin baik kualitas tulisan saya, semoga semakin banyak yang berkunjung ke rumah maya saya. Seiring banyaknya pengunjung blog, semoga saya bisa mendapat job review lagi. Amiiin. Sst..lagi ngidam satu perlengkapan rumah, mau minta pak bos kayaknya belum memungkinkan, jadi…mimpi dulu :p. Untuk saat ini, biarlah semuanya mengalir seperti air. Jika mendapat job review, alhamdulillah, saya akan laksanakan tugas itu sebaik-baiknya. Jika belum dapat ya berarti belum rejeki dan harus lebih berusaha.

Namun, di atas semua itu, semoga saya bisa menulis sesuatu yang bermanfaat dan tetap ngeblog dengan senang.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

38 comments :

  1. Setuju mak. Esensi dari ngeblog intinya adalah sharing. Jika nantinya akan ada tawaran job review itu adalah sebuah bonus dari kerja keras kita. Prinsip aku seperti itu :)
    Salam kenal ya mak. Dan sukses buat lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mak Oline kunjungannya..setuju banget job review adalah bonus dr kerja keras kita..

      Delete
  2. Job review itu jadi bonus tersendiri bagi seorang blogger. Pernah dapat mbak saya dan meskipun hanya voucher pulsa tapi seneng banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mba.kalau hobi yg mrnghasilkan itu menyenangkan..

      Delete
  3. Job review biasanya ditawari dari brand, tapi ada juga yang ngajuin sendiri. Cuma feenya disesuaikan dengan nego, mak.

    ReplyDelete
  4. Job review biasanya ditawari dari brand, tapi ada juga yang ngajuin sendiri. Cuma feenya disesuaikan dengan nego, mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. O...jadi bisa mengajukan diri juga ya mba...bagaimana caranya?

      Delete
  5. Ngeblog karena cinta ya mak insyaallah bonus yg ngikutin ya hadiah dan job review ;)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. saya belum pernah dapet job review, huhu :D
    kemarin coba daftar GA, belum 24 jam udah ditolak, huft jadi gak terlalu pengen lagi, sekarang yang penting nulis aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nulis di blog sendiri bebas ya mba..:)

      Delete
  8. Iya.. buatku rezeki ngeblog itu adalah bonus. Segalanya kembali kepada niat utama untuk apa kita ngeblog. :))

    ReplyDelete
  9. lama juga ya,dari tahun 2000...bagi saya,dapet job review itu bonus dari ngeblog. yang penting nulis dan sharing hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lama sih mak tapi sempat berhenti juga

      Delete
  10. Ngeblog itu asik, apalagi kalo dapat job review :D
    Btw, aku juga pernah dapet job yang sedikit disinggung itu.

    ReplyDelete
  11. Sampe sekarang belom pernah dapet job apa-apa dari ngeblog. Masih buat ngasah tulisan aja.

    Sukses yah Mbak buat lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mba Oci bukunya udah banyak ya...pengen deh saya kaya mba bisa menerbitkan buku lagi..

      Delete
  12. sama mak kania, aku blogger lama tapi pengetahuan minim hihihi...baru sekarang difokusin ngeblog, dulu cuma ajang curhat geje..ngeblog manfaatnya banyak bingit ternyata yaa...

    ReplyDelete
  13. Saya ngeblog sejak thn 2007 di multiply ...terhenti krn MP nya tiwas hehe 2012 mulai lg, trs terhenti lg baru 6 bln terakhir rajin ngeblog lg... pengen nyeriusin tp msh bentrok2 sama kesibukan lain...suka gregetan .tp akhirnya balik lg sama niat awal ngeblog klo engga malah jd stress hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll mak..harus terus diperbaiki niatnya biar ngga stres

      Delete
  14. Saya newbie ni mak sebagai blogger.. pas belajar tentang blog kok banyak di bahas tentang dapetin uang tambahan dari blog, akhirnya baca-baca dan waahh menarik juga. tapi yang penting tujuan saya ngeblog buat berbagi cerita dan berbagi resep.. Kalau nantinya bisa dpt penghasilan sperti teman2 blogger yang lain.. Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak saya juga pengetahuannya masih minim..learning by doing aja..kalau cinta, rejeki tak akan kemana. betul ga mak?

      Delete
  15. Toss mak. Awalnya ngeblog juga buat penyaluran doang, jangan sampai stress mikirin duit. Insya Allah rejeki nggak kemana asal berikhtiar :)

    ReplyDelete
  16. wah, mau tapi masih suka bingung dan malas untuk update....kahkahkah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba..saya juga sekarang lagi jarang update..kalo luang baru bisa kaya sekarang anak lagi bobo suami keluar kota bisa ol deh

      Delete
  17. Belum pernah dapat job review juga, tapi selama ini udah beberapa kali nulis review tempat kuliner langganan dan produk yg emang saya pakai. Ya semoga dari tulisa2n itu nanti ada brand yang tertarik dan melamar blog saya he3 *ngarep.com*

    ReplyDelete
  18. wahh senang ya mak bisa dapat job review. Meski baru dibayar voucher belanja, bagi saya udah senang banget sama kayak mak kania...semoga makin laris nih tawaran job reviewnya..

    ReplyDelete
  19. Saya gak sempat ikutan ini :p Mudah2an menang ya mak, aamiin.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...