Monday, May 18, 2015

Fakta Seru Tentang Bakmi



Siapa yang tak suka mie. Rasanya, semua orang menyukai makanan ini baik tua, muda, lelaki dan perempuan. Makanan ini akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Karena kandungan karbohidratnya, mie bisa dimakan sebagai pengganti nasi. 

Salah satu jenis mie yang dikenal di negeri kita adalah bakmi. Dulu, bakmi dibawa oleh pedagang-pedagang Cina ke Indonesia. Ada berbagai jenis bakmi yang ada di Indonesia dan biasanya telah diadaptasi dengan bumbu-bumbu yang ada di Indonesia.

Ada beberapa fakta seru tentang bakmi yang mungkin belum kita tahu. Diantaranya adalah:


Pertama, bakmi tidak harus dimasak dengan daging babi.

Banyak yang salah mengartikan kata bak dalam bakmi sebagai daging babi. Dalam bahasa hokkian, bak artinya daging dan mi artinya mie. Jadi, bakmi adalah mie yang dimasak memakai daging, bisa daging apa saja dan tidak harus daging babi. Halal atau tidaknya bakmi bagi seorang muslim tergantung daging yang dipakai atau bahan lainnya yang tidak dibolehkan dalam agama. Jadi, sebelum membeli bakmi, tanyalah lebih dulu pada sang penjual, halal atau tidak untuk dikonsumsi muslim. Tidak usah takut atau malu, karena hak kita sebagai pembeli adalah mendapat produk yang aman dan nyaman untuk diri kita.

Sumber: bakmigm.com

Kedua, bakmi adalah makanan yang sangat kuno.

Bakmi pertamakali dikonsumsi oleh masyarakat tiongkok pada tahun 206 SM pada masa pemerintahan Dinasti Han. Pada waktu itu, bakmi merupakan adonan dari tepung gandum dan bentuknya persegi atau lembaran panjang serta lebih tebal dari kulit pangsit. Bakmi awalnya disebut “pia”, yang dalam bahsa mandarin disebut “Bing” (baca: ping). Cara masaknya sama seperti sekarang, yaitu dicelupkan ke dalam air mendidih, diangkat, dan disajikan bersama kuah yang diberi bumbu dan rempah. 

Orang Italia, Arab, dan Tionghoa mengkaliam bahwa bangsa mereka adalah penemu mie. Namun ternyata tulisan tertua tentang mie berasal dari Dinasti Han Timur antara tahun 25 dan 220 SM. Pada Oktober 2005, mie tertua yang diperkirakan berusia 4000 tahun ditemukan di daerah Qinghai, Tiongkok.

Ketiga, bakmi adalah salah satu jenis mie dari berbagai jenis mie yang ada di dunia.


Sumber: bakmigm.com
Mie adalah nama yang umum. Mie di Eropa disebut pasta dan dalam bahasa Inggris disebut noodle untuk pasta yang berbentuk panjang. Di Italia, ada fettucini yaitu mie berbentuk pipih seperti spageti. Ada juga macaroni, mie berbentuk melengkung pendek dan berlubang. Ada spageti, linguine, dan sebagainya. Ada sekitar 350 varian pasta yang digunakan pada kuliner Italia. Biasanya bahan baku pasta yang digunakan di Eropa adalah dari jenis-jenis gandum.

Di Asia, bahan baku mie lebih bervariasi dan bentuknya selalu memanjang. Di Tiongkok, ada bihun dari tepung beras, ifumie dari tepung terigu/gandum, kwetiau dari tepung beras, misoa dari tepung terigu, soun dari tepung kacang hijau, dan sebagainya.

Di Korea, ada Dangmyeon dari tepung ubi jalar, memil guksu dari tepung buckwheat, somyeon dari tepung gandum, dan sebagainya. Di Jepang, ada mie ramen yang berkuah, Soba dari tepung buckwheat, dan udon dari tepung terigu. Di Timur Tengah, ada mie telur segar yang disebut rescteh. Dan di Indonesia ada bakmi Jawa yang terbuat dari tepung ketela pohon. 

Keempat, makan bakmi tak harus mahal dan lebih mudah karena bisa diantar ke rumah.

Karena bakmi memakai daging dalam sajiannya, maka bakmi terkesan mahal. Namun kita tak perlu khawatir karena di restoran Bakmi Gajah Mada (GM) semua menu bakmi terjangkau harganya. Menu-menu yang ada di Bakmi GM dirancang khusus untuk memberikan rasa yang lezat, dibuat dari bahan baku pilihan, dan disajikan dengan harga yang ekonomis.

Sumber: bakmigm.com

 Didirikan tahun 1959, kini Bakmi GM memiliki outlet-outlet yang tersebar di daerah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di industry restoran, Bakmi GM saat ini melayani 30.000 pelanggan setiap hari.

Restoran Bakmi GM bias ditemukan dimana saja. Mulai dari perumahan, perkantoran dan pusat perbelanjaan. Setiap restoran dirancang untuk memberikan suasana yang hangat dan menyenangkan.
Untuk mereka yang tak bisa pergi langsung ke restoran seperti karyawan yang sibuk atau ibu rumah tangga tanpa asisten dan tak sempat masak –seperti saya- , tentu saja Bakmi GM menyediakan fasilitas BAKMI GM DELIVERY. Ada line telepon yang bisa dihubungi untuk memesan berbagai menu di sini. 


Sumber: bakmigm.com
Bakmi GM telah menyediakan nomor telepon untuk fasilitas delivery dengan nomor yang baru  yaitu di (021) 1.500.677. Kita tinggal putar nomor tersebut dan pesan menu yang diinginkan. Tidak berapa lama, bakmi akan diantar oleh petugas Bakmi GM. Selain terjangkau, lezat, dan cepat diantar, Bakmi GM juga aman dikonsumsi muslim karena sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Mmm, tak sabar rasanya ingin segera menyantap semangkuk bakmi panas sore ini.

Sumber referensi:


28 comments :

  1. hhhhmmm....aku jadi laper mba :|
    jadi pengen juga makan bakmi kuah pedas...nyumnyum...

    ReplyDelete
  2. duh... jd laper... saya br sekali2nya nyoba bakmi gm... pengen lg ih...

    ReplyDelete
  3. Ini di Jakarta ya mbak? Daerah mana aja yang bisa diantar? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sih jabodetabek ya, coba telpon aja nomor yg dia atas

      Delete
  4. Hmmm...enaknya! Bakmi GM pake bnyk vetsin ga Mak..? Soalnya jarang nemu bakmi yang kandungan vetsinnya dikit... Rata2 Msg banyak, jd enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mba harus ditanyain lagi. Gimana nih Bakmi GM?!

      Delete
  5. Mie makanan fave yang nggak pernah mbosenin sebab bisa dicombine dengan apa saja.

    ReplyDelete
  6. Gambar bakmi di nomor 3 bikin ngiler aja mba :G

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen bakmi GM lagi. Nyaaaaaam....

    ReplyDelete
  8. Aku suka mie..!!! Yang pedes.. yang gurih.. campur ayam, sayuran.. Ah.. Lapar :D

    ReplyDelete
  9. Mie makanan favoritku Mak. Jadi ngiler aku :D

    ReplyDelete
  10. Bakmi GM kayaknya ada juga deh di Semarang, tapi aku belom nyoba, jadi pengen nyoba. Apalagi udah ada sertifikat halal nya jadi tenga ^_^

    ReplyDelete
  11. aku paling suka segala macam mie, dan memang enak.kalau makan di luar kebanyakan ya cari yang ada menu mienya

    ReplyDelete
  12. Ini bakmi langganan keluarga kami, mbak. Anak-anak suka banget ama bakmi pangsit rebus :D

    ReplyDelete
  13. Ini makanan favorit anak lelakiku....dimana-mana pengennya makan mie..

    ReplyDelete
  14. Kalo bicara tentang bakmi pasti ujung2nya laper mendadak. Suka makan aja ternyata banyak fakta serunya yah,

    ReplyDelete
  15. Alamak.. Ngiler kali pas nengok gambar bakminya, Mbak :'

    ReplyDelete
  16. Saya termasuk yang suka bakmi. Bakmie sering menggugah selera makan saya hehe

    ReplyDelete
  17. yummmiii.....emang mantap bakmi GM, sekarang sih jarang soalnya gerainya jauuh...hehe

    ReplyDelete
  18. Waa, pengeeen... makasih infonya mbak. Fotonya bikin ngiler ih... :D Semoga sukses juga ya lombanya...

    ReplyDelete
  19. Udah ada sertifikat halal ya, mba. Jadi ga was-was pas makan hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...