Monday, June 22, 2015

Catatan Untuk Para Jomblo

Hari kedua Ramadan, dapat berita bahagia dari seorang teman. Jam 11 malam ia kirimkan pesan melalui BBM. Ia akan melangsungkan pernikahan Agustus nanti. Yeaaay.

Senang banget dengernya. Pernah saya ingin membantunya. Tapi, entah kenapa saya tak menemukan jalan. Mungkin, usaha dan doa saya kurang. Dan saat kabar itu tiba, saya bersyukur sekali dan turut berbahagia untuk sang teman.

Bagi wanita manapun, apalagi di usia 30 an, menikah tentu saja peristiwa yang membahagiakan. Doa-doa panjang yang selalu diucapkan akhirnya mendapat jawaban dari Allah SWT. Ikhtiarnya akhirnya menemukan muaranya. Saya makin dibuat takjub oleh kekuasaan Allah SWT Dia memberikan rejeki pada manusia -termasuk jodoh- lewat berbagai jalan yang kadang tidak kita sangka.


Untuk mereka yang sedang menanti 'teman sejati'nya, ini adalah catatan dari saya untukmu:

1. Yakinlah Allah SWT Maha Mengabulkan doa.

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758). 

Sumber: forum.kompas.com

Belum datangnya jodoh, bukan berarti Dia tidak mengabulkan doa. Mungkin, Dia ingin kamu lebih dekat..dekat...dan dekat lagi pada-Nya dengan sekarung doa-doamu. Jangan lelah berdoa pada-Nya karena kita tak tahu kapan doa kita akan dikabulkan. Apalagi ini Bulan Ramadan dimana doa-doa diijabah. Jangan lupa, minta orangtua mendoakanmu karena doa orangtua pada anaknya adalah salah satu doa yang didengar Allah SWT.

2. Terus berikhtiar.

Ikhtiar bisa dilakuan lewat berbagai cara. Misalnya dengan cara minta dicarikan ke orangtua, saudara, teman, guru ngaji. Ikutlah berbagai kegiatan positif yang akan menambah pergaulan. Dan, yang sedang tren saat ini adalah dengan mengikuti perjodohan lewat biro jodoh online. Lakukan semua cara yang bisa kita lakukan dengan bijaksana dan anggun. 

Dalam Alquran disebutkan (lupa surat apa dan ayat berapa) bahwa Allah SWT dan Rasul-Nya akan menilai usaha seseorang. Dengan berbagai ikhtiar yang dilakukan, semoga akan membuat kita makin dewasa dan bijak dalam mengambil keputusan. Hasilnya, serahkan sepenuhnya sama Allah SWT.

3. Jangan diambil hati dengan pertanyaan-pertanyaan  orang lain.

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita untuk 'peduli' dengan urusan orang lain. Saat kita sekolah atau kuliah, mungkin sering mendapat pertanyaan kapan lulus. Setelah kuliah, ditanya kapan menikah? Setelah menikah, ditanya kapan akan punya anak? Setelah punya anak, ditanya kapan akan nambah anak? Dan seterusnya. Mm, siap-siap aja nih yang mau pulang kampung mendapati pertanyaan-pertanyaan seperti ini dari teman, tetangga, dan keluarga.

Bagi yang berkepribadian cuek, hal ini mungkin mudah saja. Namun tidak untuk yang lainnya. Seringkali pertanyaan-pertanyaan itu mengganggu. Berusahalah untuk tidak dimbil hati, jawab seperlunya, dan minta mereka mendoakanmu. Ambil sisi positifnya, mereka mungkin terlalu peduli padamu. Buat mereka yang suka kepo, nanya kapan ini kapan itu, kalau bisa sambil ngasih solusi.

Sumber: http://nurinrizqika.blogspot.com/2014/03/yang-seharusnya-disegerakan-kenapa.html
4. Beraktivitas seperti biasa dan berprestasi.

Sambil menunggu jodoh yang sudah disiapkan Allah SWT, beraktivitaslah seperti biasa. Karena kamu belum disibukkan dengan pasangan atau anak, kamu seharusnya bisa lebih berprestasi. Kalau sudah berkeluarga, waktu kamu akan terbagi untuk aktivitasmu dan keluarga. Bahkan, seringkali tekanan itu bisa membuat kita kreatif loh.

 5. Bagikan cinta kamu pada yang membutuhkan.

Adalah manusiawi bahwa manusia ingin saling mencintai. Kalau jodoh belum datang, ini adalah kesempatan kita untuk lebih mencurahkan cinta sama yang membutuhkan. Misalnya ayah, ibu, kakak, adik, anak-anak yatim, dan sebagainya. 

Cara mencintai mereka, ah kamu pasti udah lebih tahu. Biasanya kalau cinta, ingin dekat terus, ingin memberikan sesuatu untuk yang dicinta. Nah, luangkan waktu luangmu untuk ayah, ibu, kakak, dan adik.Kalau sudah berkeluarga, waktumu dengan mereka akan berkurang.

Ini hanya sebuah catatan biar kamu yang belum ada jodoh tidak bersedih dan tetap tersenyum. Laa tahzan, innallaah ma'ana. Sesungguhnya Allah SWT bersama kita. Kita harus yakin waktu yang indah itu akan tiba. Cemunguuudh!!

22 comments :

  1. Tipsnya memberi semangan buat yang belum menikah nih mba :D

    ReplyDelete
  2. catatan untuk para jomblo? salah satunya saya hehe saya masih jomblo dan belum punya pasangan :) poin ke 3 yang sering teman-teman saya bilang.
    selamat berpuasa :) semoga puasa hari ini lancar ..amiin

    ReplyDelete
  3. Biro jodoh online yang sedang populer tuh setipe.com kayaknya menarik dicoba untuk para jomblo. Itu bikinannya Christian Sugiono loh. :)

    ReplyDelete
  4. Semangat mblo #eh :D
    Pokoknya terus berusaha, berikhtiar dan berdoa ya mba...Pasti ketemu yang terbaik...Amiiiinnn... :)

    ReplyDelete
  5. Lagu soundtracknya langsung ini mbak..."akhirnya ku menemukanmu...." :-)

    ReplyDelete
  6. Aku bukan jomblo, tapi berasa seperti jomblo karena jauh dari do'i. Apa yang harus aku lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah canggih sekarang ada internet, ada telpon :D

      Delete
  7. Duh jadi teringat masa-masa jomblo dulu :P
    Yang masih jomblo tak perlu galau nikmatilah masa jomblomu dengan sepuasnya, perluas pergaulan dan raih prestasi setinggi mungkin.
    Sebab ketika sudah menikah nanti waktumu yang luang dan terbuang-buang sekarang akan menjadi sangat langka sekali, seperti saya sekarang kalo ngeblog harus nunggu anak tidur atau di tempat kerja. kalau anak belum tidur pasti minta ditemenin main atau ngerecokin ngeblog kita :D
    Tapi kembali lagi, semua fase itu ada plus minusnya, tinggal bagaimana kita mensyukurinya, aamiin.

    ReplyDelete
  8. Barokallahu, Nia kayaknya masih sering dijadiin tempat curhat soal jodoh ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sering sih. Sekarang teman2 juga udah banyak yg nikah jadi jarang yg curhat lg :)

      Delete
  9. Alhamdulillah. ... memang ya mbak, kalau teman yang kita sayangi bahagia, kita jauh lebih bahagia :)

    ReplyDelete
  10. Berarti yang udah punya pacar tpi belum nikah masih dibilang Jomblo yah mba?

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah udah nggak jomblo tapi jadi mengenang masa dahulu hehe.. Sebaiknya jangan mudah terajak oleh pengaruh media "masa kamu jomblo" karena jodoh itu sudah di tuliskan Tuhan ya mba :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...