Friday, July 24, 2015

Oleh-Oleh Kuliner Khas Kota Kuningan



Kuningan adalah sebuah kota kecil di provinsi Jawa Barat, kurang lebih satu jam dari Cirebon. Udaranya sejuk karena daerahnya terletak di kaki Gunung Ciremai. 

Seiring dengan semakin banyaknya tempat wisata di Kuningan dan semakin banyaknya orang perantauan asal Kuningan, sekarang makin banyak oleh-oleh khas Kuningan yang bisa dibeli. Di sepanjang jalan raya di kota Kuningan bisa ditemui toko-toko yang menjual berbagai makanan khas kota Kuningan.

Lebaran Idul Fitri kemarin, saya pulang ke kampung halaman di Kuningan dan dibekali beberapa oleh-oleh kuliner khas kotaKuningan oleh ibu, diantaranya adalah:
1.Tape ketan 




Tape ketan adalah makanan dari beras ketan yang difermentasi dan dibungkus dengan daun jambu. Lebih baik membeli yang belum matang untuk oleh-oleh dan tersedia berbagai merek tape ketan. Kalau sudah matang, rasanya manis sekali dan berair. Paling enak kalau dimakan dingin, dan dibikin es tape ketan. Waktu kecil, saya dikasih tahu untuk makan tape ketan dengan rengginang. Nggak nyambung sih, tapi tetap enak.



Kemasan tape ketan ada yang memakai ember, ada juga yang memakai kemasan plastic. Bedanya, kemasan ember lebih banyak. Kemasan plastik biasanya jumlahnya lebih kecil untuk memudahkan kita bagi-bagi ke saudara dan tetangga sebagai oleh-oleh. Kemasan kecil dalam plastik seperti dalam foto harganya sekitar 14 ribu rupiah.

2. Minuman sari jeruk nipis

Ada beberapa merek minuman sari jeruk nipis seperti Jeniper (Jeruk nipis peras) dan Jenisa (jeruk nipis asli). Rasanya manis asam, segar kalau diminum saat cuaca panas walau tak ditambah es batu.




3. Sirup jeruk nipis, sirsak, dan sirup buah lainnya.

Kebetulan yang saya cobain sirup sirsak. Dikema dalam botol dan dibungkus lagi dengan kardus. Kardusnya tipis, jadi mesti hati-hati bawanya karena khawatir pecah di jalan. Pengalaman nih, plastik berisi sirup sirsak diayun-ayun anak dan praaaang! Pecah deh botolnya dan isinya hanya bisa diselamatkan sedikit. Ada juga yang dibungkus dengan tali dari bambu yang membuat botol bertahan di posisinya dan tak mudah pecah.

Sirup sirsak ini rasanya manis asam. Satu bagian sirup dicampur dengan 6 bagian air dan jadilah minuman sari sirsak yang segar.


4.  Gemblong

Waktu kuliah di Bandung, saya dibuat heran dengan makanan gemblong yang ternyata terbuat dari ketan dilapis gula. Soalnya, gemblong di kampung halaman saya di Kuningan adalah keripik renyah yang terbuat dari singkong. Ada juga yang menyebutnya kecimpring. Rasanya asin dan gurih. Bentuknya bundar dan terlihat ada potongan daun bawang dan seledri di permukaannya. 


Itulah 4 dari sekian banyak oleh-oleh khas Kuningan. Kalau berkunjung ke sana, jangan lupa membeli oleh-oleh yang kamu suka ya.

32 comments :

  1. tape ketannya yuummiii....maaf lahir batin ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Dewi udah nyoba ya, maaf lahir batin juga ya.

      Delete
  2. saya paling suka ngemil kecimpring :D

    ReplyDelete
  3. Makanan khas yang terakhir rasanya seperti asin, betul nggak mak?

    ReplyDelete
  4. saya pernah dibawakan tape ketan seember oleh teman kantor. ga habis2 itu meski dimakan tiap hari, hehe

    kalau dijakarta, tape ketan enak dicocol sama uli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, seember banyaaak banget buat rame2 ya

      Delete
  5. tape ketan nya mba aku suka banget jadi pengen :G
    rujak kangkung masih oleh-oleh khas kuningan bukan mba? soalnya aku pernah di kasih oleh-oleh rujak kangkung katanya khas dari kuningan enak loh rujaknya tapi sayang sekarang yang ngasih nya udah pindah kost :( hampas tahu juga ya mba itu makanan khas kuningan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rujak kangkung banyak juga sih yg jualan, tapi kayanya udah dimana2 ya sekarang

      Delete
  6. Tape ketan dipakein es dung - dung enak banget ya

    Salam Blogmate Indonesia

    ReplyDelete
  7. ane suka banget sama tape ketanya enak mantap :D

    ReplyDelete
  8. Kalo mudik pasti bakal nemu tape ketan hehehe :D

    ReplyDelete
  9. beda-beda ya nama makanan gemblong

    ReplyDelete
  10. oleh-olehnya lempar mbak ke aku satu :p

    ReplyDelete
  11. Tape...dibungkus daun jambu yaa..? Klo tmpat saya...daun pisang mb...tp itu yang aliran tradisional. Klo yang oleh2 gitu....ditaruh di cup2 ukuran sedang....gemblong....hi...hi, klo bhs jawa...itu artinya gak waras mb...

    ReplyDelete
  12. iya, selama ini juga saya taunya gemblong keta. Dan itu kesukaan suami dan anak-anak saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gemblong yg dari ketan kesukaan suami jg :)

      Delete
  13. penasaran dengan sirup jeruk nipisnya...asamkah?

    ReplyDelete
  14. enak banget tuh kayanya siang-siang gini kalau minum sari jeruk nipis
    mmmmm seger deh

    ReplyDelete
  15. saya juga sukaa tape ketan mak. Nah kalau gemblong disini itu ketan uli. biasanya dicocol sama rendang atau semur daging kerbau. hehe

    ReplyDelete
  16. kalo tape ketan keluargaku bikin sendiri mbak. tapi itu setahun sekali waktu idul fitri doang. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah asik mba, bisa jadi bisnis keluarga :)

      Delete
    2. ngg.... anu... saya laki-laki mbak. :(

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...