Wednesday, September 30, 2015

Punya Kartu Nama, Haruskah?



Commuter Line (CL) Jurusan Tanah Abang baru saja berlalu, padahal saya dan beberapa penumpang lain sudah berusaha berlari menjangkaunya. Yaaa, bukan rejeki. Saya pun harus menunggu beberapa menit lagi CL dengan jurusan yang sama.

Saya duduk di bangku besi yang masih kosong. Orang-orang mulai berdatangan kembali satu persatu. Seorang wanita berjilbab cokelat muda duduk di samping saya lalu bertanya, “Jurusan Tanah Abang jam 8.30 an ya datangnya?”

“Duh maaf, saya nggak hafal jadwalnya. Tapi memang sepertinya harus menunggu soalnya CL jurusan yang sama baru aja lewat.” Jawab saya.

Dari situ, obrolan kami berlanjut. Dia bertanya saya mau kemana. Saya jawab, meghadiri undangan talkshow sebagai blogger di sebuah gedung di Jakarta. Eh, tak taunya, dia juga seorang yang melek media sosial. Dia punya toko online yang menjual berbagai macam barang, namun dia lebih fokus pada penjualan puding karakter yang dia bikin sendiri. Dia juga sesekali menghadiri acara komunitas seperti TDA (Tangan Di Atas) cabang Tangerang Selatan.

Ini puding karakter buatan mbak Fit

CL datang, dia mengajak saya duduk di gerbong wanita. Enak ya di gerbong wanita, nggak terlalu was-was berdempetan dengan para lelaki seperti di gerbong lain. Di sana kami berkenalan, sebut saja namanya mbak Fit. Saya memberikan kartu nama saya yang memang selalu stand by di tas yang sering saya bawa bepergian. Mbak Fit menerimanya dan melihatnya sejenak. Lalu dia menunjukkan berbagai gambar pudding karakter buatannya di layar smartphone. Ah, cantik-cantik banget. Ada puding berbentuk Barbie, nasi tumpeng, dan sebagainya. Semuanya kelihatan seperti asli, padahal Cuma puding. 

Di stasiun Tanah Abang, saya dan mbak Fit berpisah. Senang rasanya punya teman seperjalana yang ‘nyambung’ saat diajak ngobrol. Di rumah, saya berusaha mengingat-ingat nama toko online mbak Fit. sayangnya, saya nggak ingat. Yang saya ingat Cuma 2, toserba dan nama mbak Fit. saya Cuma ketikkan 2 nama itu di mesin pencari. Dan muncullah toko online yang dicari http://www.toserba.fitrihan.com/. Silahkan kalau yang mau pesan puding karakter ke mbak Fit, bisa diantar sampai rumah kok (Jabodetabek).


Coba kalau mbak Fit ada kartu nama, saya pasti nggak lupa nama toko online nya. terus, saya punya usaha apa kok punya kartu nama segala? Mm, saya sebenarnya nggak punya usaha yang tetap. Dulu, saya suka jualan obat herbal. Saya sempat juga bantuin suami jualan beras merah. Stok habis, jualannya juga berhenti. Saya ini Cuma orang yang hobi nulis di blog sambil ngurus keluarga. Ya, barangkali aja ada yang berminat kerjasama dengan saya di dunia menulis (terutama blog). 

Kartu nama bagi saya sebagai sebuah sarana untuk memberitahu identitas diri saya. Secara tidak langsung saya juga melakukan promosi tentang kegiatan blogging saya dan mendorong orang lain mengunjungi blog saya.
 


Kartu nama yang lama sudah mulai habis. Baru-baru ini sekitar tanggal 26 kemarin, saya buat kartu nama lagi di praktisprint.com –sebuah percetakan yang menerima pembuatan Kartu Nama, Brosur, Banner, X-Banner, Kipas Plastik, Tas promosi, dan lain-lain-. Ratusan desain kartu nama sudah disediakan, sehingga kita tinggal edit langsung di website praktisprint.com.

Saya memilih desain Artistic nonor 5.5. Desain yang sederhana namun indah dengan bunga-bunga warna merah melingkari nama si pemilik kartu. Harapannya, mudah-mudahan kesederhanaan selalu meliputi saya tanpa mengurangi nilai-nilai hidup yang diyakini. Allah SWT kan menyukai sesuatu yang tak berlebihan. Eh tapi, kan ini tentang selera juga ya. Tiap orang seleranya pasti berbeda.

Begitu saya klik desainnya, saya bisa langsung edit nama, pekerjaan, nomor telepon, alamat, dan blog. Selesai edit identitas diri, saya akan diminta memilih jenis kertas. Lalu halaman akan berpindah ke total biaya pemesanan kartu. Saya akan diminta checkout dan mengisi alamat pengiriman. Halaman terakhir menunjukkan total biaya pemesanan kartu berikut biaya kirim. 


Praktisprint.com menggunakan mesin berkualitas tinggi dengan teknologi liquid ink untuk semua produk yang dicetak. Hal ini membuat warna dan ketajaman gambar lebih menonjol dan tahan lama. Order yang dilakukan akan diproses secepatnya. Tanggal 28 saya sudah menerima email bahwa order saya sedang diproses. Tanggal 29 saya menerima email kalau order saya sudah dikirimkan dan siang harinya kartu nama yang saya pesan sudah ada di rumah! Wah, cepat juga ya. Alhamdulillah.

  



Ayo, siapa yang mau buat kartu nama di praktisprint.com. Harga 1 paket kartu nama lumayan terjangkau. Mudah-mudahan dengan adanya kartu nama yang diberikan pada setiap kenalan barumu, usaha yang sedang kamu jalani semakin dikenal orang, semakin banyak pula orderannya. Aamiin. 

Jadi, punya kartu nama haruskah? Tidak harus. Tapi jika kita memiliki usaha/bisnis atau passion yang akan bisa menjadi peluang rejeki dan semakin bermanfaat jika diketahui banyak orang, memiliki kartu nama tak ada salahnya untuk sarana promosi.
 

14 comments :

  1. Punya kartu nama atau tidak, tergantung dari pekerjan/profesinya sih menurut ku mbak... hehehe...tapi jika punya bisnis, memang harus. Sudah lama daku tak punya kartu nama terbaru, itu pun kartu dari kantor, hiihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget. tergantung kerjaan juga sih... Aku malah jrg punya kartu nama karena kerja back office jadi jrg ketemu orang luar. Punya kartu nama karena bikin sendiri... sejak sering nge-blog ^_^

      Delete
    2. samaaa.. daku irt dan tinggalnya di sampit dan jarang bertemu orang keknya blm butuh kartu nama, kalo daku tinggal di jabodetabek sepertinya butuh

      Delete
  2. Hmmm...pengen bikin kartu nama juga ah...hehe

    ReplyDelete
  3. Wahhh udah lama aku kepikiran punya kartu nama, tapi ... mnm, boleh juga web-nya aku kepoin.

    ReplyDelete
  4. tahun 90 an mungkin kartu nama sebuah identitas yang wajib dimiliki, terutama bagi para pebisnis, jaman sekarang kayanya rada berkurang deh makna dari kartu nama teh yah?

    ReplyDelete
  5. asikkkk sudah punya kartu nama nih mbak, kalau ketemu tukeran ya

    ReplyDelete
  6. aku punyaaa...dan biasanya selaluuuu resmi karena dari kantor...harus punya yang beda :)

    ReplyDelete
  7. Kartu namaku masih jaman kerja dulu mbak....klo sekarang banyakan dirumah....jadi blm butuh kartu nama sepertinya...

    ReplyDelete
  8. kalo mau buat kartu nama bisa juga nih pake jasanya praktisprint :)

    ReplyDelete
  9. Blogger harus punya kartu nama dong~ sekalian buat promosi kalau pas ada event :D

    ReplyDelete
  10. sebagai pekerja lepas harus punya kartu naman donk buat menjalin relasi ...btw, tukerna kartu namanya mba hehehe

    ReplyDelete
  11. jadi pengen bikin kartu nama deh, bunda... heee

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...