Wednesday, October 21, 2015

Jangan Remehkan Kanker Payudara

Angelina Jolie, Rima Melati, Indah Nuria Savitri, Iceu Wong. Adakah nama-nama itu familiar? Ya, anda pemerhati media sosial tentu tak asing dengan nama-nama yang saya sebutkan.

Angelina Jolie. Siapa yang tak kenal bintang Hollywood yang film-filmnya ditonton banyak orang itu. ia cantik dengan tubuh yang indah. Namun tahukah anda, ia sudah menjalani mastektomi yaitu pembedahan untuk  mengangkat payudara akibat kanker payudara, dan menggantinya dengan impan. Saat diwawancara oleh sebuah stasiun TV, sang suami Brad Pitt berkata, “Saya menghargai keputusan istri saya untuk menjalani mastektomi…karena ia ingin hidup lebih lama dengan keluarga!” 

Rima Melati adalah artis senior Indonesia. Ketika vonis kanker payudara itu datang, penyakitnya sudah memasuki stadium lanjut. Sedih sudah pasti. Frans Tumbuan, sang suami, menggenggam tangannya dan memberinya semangat untuk berobat. Rima pun berangkat ke Belanda untuk menjalani pengobatan karena di Indonesia saat itu peralatan media belum selengkap sekarang. Berbagai rangkaian pengobatan dijalaninya. Rasa mual, kebotakan, dan hal lainnya akibat pengobatan ia abaikan. Keinginannya Cuma satu, sembuh! Ia pun bisa tersenyum saat dokter bilang bahwa ia bebas dari kanker.
Blogger dan diplomat ini, ah saya kagum sama dia. Indah Nuria Savitri. Setahun yang lalu dia divonis kanker payudara. Benjolan kecil di payudara kanannya merupakan awal dari rangkaian pengobatan yang dilaluinya. Mulia dari tahap awal (yang meliputi sonogram, mamogram, biopsi dan MRI-guide), mastektomi, kemoterapi, rekonstruksi payudara, radiasi hingga terapi hormon. Alhamdulillah semua bisa terlewati. Kini Indah masih menjalani infus Herceptin 3 minggu sekali. indah berunung melewati semuanya karena deteksi dini. Deteksi dini membuat kesempatan sembuh dan bebas dari kanker tinggi. Dukungan keluarga pada Indah pun sangat besar. Saat Indah mencukur rambut sampai botak karena proses pengobatan menyebabkan kerontokan. Suaminya pun ikut botak!

Sementara itu, Iceu Wong yang seorang penyanyi dangdut, sudah 2 tahun mengidap kanker payudara saat Allah SWT memanggilnya. Walau Iceu sudah menjalani pengangkatan salah satu payudara, ternyata kanker itu kambuh lagi dan kali ini merenggut nyawanya. 

***

Kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. Kanker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderitanya terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kanker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia.

sumber

Kanker payudara bisa menyerang siapa saja, public figure maupun masyarakat biasa. Jangan remehkan, bisa saja korbannya adalah kita sendiri atau keluarga kita. Payudara adalah harta tak ternilai seorang wanita, karena dengan payudaralah ia memberi tetes-tetes kehidupan pada anaknya.

Berikut antara lain hal-hal yang harus kita perhatikan yang merupakan gejala kanker payudara:
  • Adanya benjolan pada payudara
  • Kulit payudara berubah warna, dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk
  • Puting susu masuk ke dalam
  • Salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
  • Bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul
  • Kulit payudara terasa seperti terbakar
  • Payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal kita tidak menyusui

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker payudara. Walau demikian, terdapat sejumlah faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara, antara lain:
  • Perubahan sifat pertumbuhan sel payudara menjadi ganas
  • Tubuh gagal membangun sistem pertahanan tubuh
  • Faktor gizi yang buruk pada makanan yang dimakan
  • Penggunaan hormon estrogen (misalnya pada pengguna terapi estrogen replacement)
  • Payudara yang sering diremas / dipencet
  • Minum alkohol dan merokok
  • Obesitas pada wanita setelah menopause (diet berpengaruh terhadap keganasan sel kanker)
  • Konsumsi lemak dan serat
  • Radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas; tergantung dosis dan umur saat terkena paparan radiasi
  • Faktor genetik dan riwayat keluarga (hubungan dengan gen tertentu)

Ada banyak kemungkinan penyebab kanker payudara, mungkin saja perkembangan sel kanker tersebut dipicu oleh kombinasi beberapa faktor di atas. Yang bisa kita lakukan adalah memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas dan selalu waspada. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap payudara untuk deteksi dini adanya kanker dengan melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri). Pada wanita dengan resiko kanker tinggi, bisa dipadukan dengan mammografi. Biasakanlah juga pola hidup sehat dan menghindari stress. Segera periksalah ke dokter saat ada gejala kanker payudara yang timbul. 

#finishthefight #gopink #breastcancerawareness

Sumber referensi:

17 comments :

  1. Ngeri-ngeri sedap informasinya Mbak, apalgi katanya cowok juga bisa kena :(

    ReplyDelete
  2. Deteksi dini memang penting ya mak..dengan deteksi dini pengobatan jadi lebh gampang, keesempatan utk sembuh pun lebh besar

    ReplyDelete
  3. kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi wanita yah mbak kania, tanteku juga meninggal karena kanker payudara ini :(

    btw udah saya follow blognya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih artikelnya mba, ijin share di fb ya
    Budeku tercinta meninggal karena kanker PD, teman kakak yg masih muda juga :'(
    Smoga makin banyak yg tau, awareness makin meningkat yah

    ReplyDelete
  5. sadari memang sangat penting dilakukan ya mbak, karena yang tahu kondisi tubuh kita ya kita sendiri...
    Terima kasih infonya ya mbak... :)

    ReplyDelete
  6. Kanker Payudara emang penyakit kanker yang sering menyerang wanita

    ReplyDelete
  7. Semoga di jauhkan dari penyakit ini ya mbak.... Dan bagi yang sudah terkena, semoga bisa sabar dan lancar menjalani pengobatan...

    ReplyDelete
  8. Lebih baik mencegah daripada mengobati ya mbak,,,karena penyakit kanker yang ganas dan mematikan ini bisa menyerang siapa saja baik kaum laki maupun perempuan

    ReplyDelete
  9. Dan sadari penting karena jika memang ketahuan sejak dini, kans untuk sembuh pun besar ya mak..

    terima kasih sudah ikutan GAku #finishthefight #gopink #breastcancerawareness yaaa..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...