Friday, October 16, 2015

Perawatan Kulit Wanita Usia 35+



“Itu siapa bu Nia?” Tanya seorang teman saat kami bertemu di sebuah acara di sekolah anak kami.
“Suami.” Jawab saya.
“Oh, kirain om anaknya (baca: adik saya)” Kata sang teman.

Saya Cuma tersenyum. Setidaknya sudah ada 2 orang yang berkata kalau saya kelihatan lebih tua dari suami. Belum lagi (mungkin) yang tak berkata langsung di depan muka. Padahal kami Cuma terpaut 5 bulan saja, aslinya usia saya lebih muda dari suami. Hal ini saya jadikan pelajaran untuk lebih memperhatikan diri sendiri, disamping mengurus keluarga.

Pada wanita usia 35 tahun lebih, akan terjadi kondisi kulit yang tak dapat dielakkan karena pertambahan usia. Perubahan tersebut meliputi munculnya kerut, kulit tampak kendur, pucat, terlihat kurus, bintik-bintik cokelat sebagai tanda penuaan dan hidrasi kulit yang mulai berkurang. Kulit keriput dan kendur terjadi karena berkurangnya produksi kolagen dan elastin (suatu protein yang berfungsi memberikan elastisitas), kekencangan dan kekuatan pada kulit. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan berkurangnya elastisitas kulit, perubahan pigmen seperti bintik-bintik cokelat dan pertumbuhan kulit non-kanker (seperti tahi lalat), kanker, dan kulit kering serta kasar.

Sumber

Kelenjar minyak pada wanita lebih sedikit dibanding pria. Makin banyak kelenjar minyak, makin lama seseorang dapat mengalami penuaan. Wanita juga lebih mudah mengalami penyusutan masa tulang dibanding pria. Belum lagi efek menopause. Semakin bertambah usia, semakin menurun kadar hormon estrogen yaitu hormone yang membuat kulit wanita sehat. Oleh karena itulah, wanita biasanya lebih cepat mengalami penuaan dibandign pria.

Jangan khawatir, menjadi tua itu adalah sunnatullah, sudah menjadi hukum alam. Semua orang akan menjadi tua. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga agar kulit tetap sehat dan memperlambat penuaan, dengan cara:

  1. Konsumsi makanan untuk kesehatan dan kecantikan Kulit
Contoh makanan yang bisa membantu kesehatan kulit diantaranya:

sumber
 
  • Alpukat dan telur, mengandung biotin untuk mengatasi kulit kering.
  • Tomat, mengandung likopen, karoten, dan antioksidan untuk memperlambat penuaan.
  • Buah delima dapat meningkatkan produksi kolagen
  • Ikan salmon, mengadnung carotenoid yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan astaxanthin yang mengurangi garis-garis halus.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
  1. Gaya hidup sehat
Pilihlah produk perawatan yang sesuai kondisi kulit, tidak tidur larut malam dan jauhi merokok. Zat dalam rokok dapat mengurangi asupan oksigen yang diperlukan untuk memberi nutrisi bagi kulit selain itu dapat merusak kolagen dan elastin yang mempercepat timbulnya kerut.

  1. Olahraga dan konsumsi air putih
  2. Melakukan perawatan.
Saya tak ingat kapan terakhir kali melakukan peeling untuk menghilangkan sel kulit mati. Perawatan yang biasa lakukan biasanya mandi dengan sabun, keramas dengan sampo, dan akhir-akhir memakai masker rambut karena rambut mulai rontok. 

Hari Kamis kemarin saya mencoba memakai salah satu produk perawatan dari LUX yaitu LUX white impress Whitening Shower Serum. Awalnya saya pikir ini semacam scrub atau lulur. Ternyata bukan. 


LUX white impress Whitening Shower Serum adalah salah satu produk dari LUX White Impress Collection yang digunakan untuk mendapatkan kulit yang lembut dan tidak kusam. Produk ini telah teruji secara klinis oleh WhiteTM Technology dapat membuat kulit tampak cerah. 

LUX White Impress Collection menggabungkan bahan-bahan pencerah, pelembap, mineral, dan anti-oksidan untuk memberikan efek maksimal. LUX juga bekerjasama dengan ahli parfum dunia, Nicole Mancini, untuk menghasilkan keharuman white floral pada produk LUX White Impress

Langkah awal untuk mendapat kulit sehat adalah dengan mandi menggunakan sabun. Lalu bilas dan lanjutkan dengan LUX White Impress Whitening Shower Serum untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih cerah merata. Tekstur LUX White Impress Whitening Shower Serum seperti lotion, berwatna pink,  tidak lengket dan tidak berbusa. Aplikasikan ke seluruh tubuh sambil digosok. Jika merasa kurang, lakukan sekali lagi dan bilas sampai bersih dengan air.

Aplikasikan LUX White Impress Whitening Shower Serum ke seluruh tubuh

Aplikasikan sambil digosok perlahan

Bilas dengan air sampai bersih

Saya sendiri tidak merasakan langsung perbedaannya. Seperti kata Manfred Aben, direktur research and development PT Unilever Tbk, LUX White Impress Collection akan menghasilkan kulit yang cerah jika digunakan secara teratur. Jadi tidak instan dan memerlukan proses. Hasilnya akan lebih maksimal jika mandinya juga menggunakan LUX White Impress Whitening Body Wash. Yang saya rasakan langsung adalah keharuman bunganya yang tahan lama. Sore saya aplikasikan LUX White Impress Whitening Shower Serum, wanginya bertahan sampai malam. wow!

Ini adalah salah satu produk yang bisa digunakan untuk merawat kulit wanita. Yuk, sayangi kulit yang sudah diberikan Tuhan ini dengan merawatnya.

Sumber referensi:


23 comments :

  1. Mo nyobain ah biar awet muda kaya mbak kania ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaah, mbak Muna mah udah cantik alamiiii

      Delete
  2. di masa masa itulah kita harus rajin dalam merawat kulit tubuh :)

    ReplyDelete
  3. ini produk baru ya mba? mau nyoba ah.. iya, sekarang banyak yg langsung kelihatn hasilnya yaa..malah ngeri kalo menurut saya mah..
    forever young, i want to be forever young.. :D

    ReplyDelete
  4. Wahh boleh juga nih mba...kulit saya kelihatan kusam dan saya orangnya suka malesan kalo perawatannya ribet2 hehe

    ReplyDelete
  5. Boleh jg buat alternatif cara biar awet muda selain tsntunya bnyakin konsumsi buah dan sayur

    ReplyDelete
  6. Sebagai 35+ women, wajib dicatat nih mak hehehe....

    ReplyDelete
  7. saya pake lulur bedak beras mak hehe...

    ReplyDelete
  8. Wah setelah tahu blog mba Kania yg ini saya sering mampir nih mba kesini..
    suka baca-baca tulisan mba Kania..sukses terus mba...

    ReplyDelete
  9. bukan cuma serum utk wajah ya, utk tubuh juga ada shower serumnya ya...

    ReplyDelete
  10. kalo masalah kulit yang terlihat menua sih kayanya lebih ke kekurangan kolagen masalahnya mbak, coba deh cari makanan atau minuman yang mengandung kolagen juga mbak, sambil dengan sabun wajahnya :)

    ReplyDelete
  11. Resep awet muda gampang mbak, cukup dg hidup bahagia.

    ReplyDelete
  12. Mau nyoba resepnya ah....kulitnya makin kisut nih, sudah hampir kepala 4..hihi

    ReplyDelete
  13. saya aja yg masih 20an udh mulai nunjukin penuaan nih mba..hiks padahal anak baru satu...kyknya mau nyoba produknya nih

    ReplyDelete
  14. ih belum pernah coba yang ini... sebagai pengguna lux segala edisi aku merasa gagal.. halah.

    ReplyDelete
  15. Kalo utk usia 45 tahun ke atas kayak aku sama nggak ya treatment nya? Coba ah

    ReplyDelete
  16. Aq jg dpt mba samplenya dr lux.. kulit jd lbh cerah ya :)

    ReplyDelete
  17. cakep banget produk ini yah...pengen cobain sampelnya ...

    ReplyDelete
  18. Perlu dicoba neh keknya, saya suka dikira lebih tua dari kakak saya...

    ReplyDelete
  19. Mau juga myoba, tapi cocok nggak untuk kulit wanita usia nyaris "jelita" ini :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...