Wednesday, December 16, 2015

Merawat Kulit Dengan Bahan Alami



Gizi Super Cream? Apakah kamu familiar dengan nama ini? Ya, Gizi Super Cream (GSC) adalah sebuah produk perawatan kulit yang sudah ada sejak tahun 1970. Cikal bakal krim Gizi mulai dicoba oleh Gusti Putri mangkunegoro VIII, Solo, pada tahun tersebut. Hasil yang memuaskan membuat beliau berpindah dari kosmetik lamanya yang berasal dari Amerika, ke krim rumput laut yang dinamai oleh beliau dengan sebutan “Gizi”.

Tahun 1972, Produk GSC resmi diluncurkan sebagai pionir kosmetik herbal berbahan rumput laut pertama di Indonesia. Penggunaan rumput laut sebagai bahan utama menginspirasi tagline 'Secret of Seaweed' milik GSC. Jadi untuk generasi yang lahir tahun 80-an kaya saya GSC udah gak asing. Saya dulu waktu gadis (tahun 90-an gitu) sempat memakai produk ini.



Apa aja sih produk GSC?

Lamaa gak denger kabarnya, eh taunya GSC muncul lagi dengan wajah baru.  GSC sekarang ada kemasan tube-nya, ditambah dengan nano technology dan SPF 18. Bahkan ada facial foam-nya juga. Sebenarnya sih GSC-nya ada terus, Cuma saya kadang gak bisa menemuinya dengan mudah di toko. Itu dulu, sekarang GSC sudah tersebar di salah satu jaringan minimarket di Indonesia di lebih dari 7000 toko!

Saya kayak ketemu teman lama. Gimana sih kalau ketemu teman lama? Seneng sekaligus penasaran, apa kabar dia ya? Biar gak penasaran, saya pun googling website resmi GSC. Ternyata ada 4 produk unggulan GSC sekarang.




  1. Daily Natural Lighting Foam (Mild)
Sabun pembersih wajah ini mengandung 5 bahan alami yang berfungsi  membantu membersihkan kotoran, sisa make up, mengangkat sel kulit mati secara alami, mengurangi minyak berlebih di wajah sekaligus menjaga kelembaban lebih lama sehingga kulit tidak kering (mild formula), menjadikan kulit lebih bersih, dan tampak cerah.

Cara memakainya adalah mencuci tangan sebelum membersihkan wajah. Lalu basahi wajah, lebih baik  menggunakan air hangat untuk membuka pori dan membersihkan lebih maksimal. Ambil Daily Natural Lightening Foam (mild) pada telapak tangan secukupnya, gosok hingga berbusa, kemudian aplikasikan pada wajah dan pijat secara perlahan. Bilas wajah dengan air, kemudian keringkan dengan handuk. Setelahnya, gunakanlah krim pelembab wajah dari Gizi Super Cream yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Gizi facial foam bisa digunakan untuk membersihkan sisa make-up ringan, tanpa perlu menggunakan milk cleanse.


Saya sudah mencoba produk ini. Memang lembut sekali foam-nya, juga wangi dan tidak membuat wajah kesat. Saya biasanya menggunakannya saat bangun tidur, saat sudah merasa minyak berlebih di wajah (kulit saya  sensisitf dan berminyak), dan saat mau tidur.
  1. Daily nutrition Cream 18 gr
Krim pelembab wajah yang terbuat dari 7 bahan Herbal Indonesia ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan ringan. Dengan teknologi nano, krim lebih cepat meresap ke dalam kulit sehinga lebih efektif dalam memberi nutrisi, membantu melembabkan lebih lama, menghaluskan, mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.




Cara memakainya dengan terlebih dahulu memersihkan wajah dan leher dengan Gizi Daily Natural Lightening Foam (Mild. Aplikasikan Gizi Daily Nutrition Cream pada wajah dan leher secara merata. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, gunakan krim secara rutin pada pagi dan malam hari. Gizi daily Nutition Cream dapat juga digunakan sebagai alas bedak.

Saya udah coba produk ini. Biasanya saya pakai saat akan keluar rumah mengantar anak sekolah. Bedak juga akan menempel dengan sempurna setelah pakai cream ini.
  1. Daily Nutition Cream 9 gr pot
Fungsi dan cara pemakaiannya sama dengan Daily Nutrition Cream 18 gr. Yang berbeda hanya pengemasannya saja.


  1. Daily Nutrition Cream SPF 18 gr Tube
Krim pelembab wajah yang dibuat dari 7 bahan herbal Indonesia ini disempurnakan dengan SPF 18 untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar matahari (UV).

Cara memakainya dengan terlebih dulu membersihkan wajah dan leher dengan Gizi Daily Natural Lightening Foam (Mild. Aplikasikan Gizi Daily Nutrition Cream SPF 18 pada wajah dan leher secara merata. Gizi daily Nutrition Cream SPF 18 gr tube juga dapat digunakan sebagai alas bedak.




Saya memakai cream ber-SPF ini saat akan ke tempat yang sekiranya akan mendapat sinar matahari berlebih. Misalnya saat saya menemani anak mengikuti field trip dari sekolah dan melihat hewan-hewan laut yang menggemaskan di Gelanggang Samudera Ancol. Benar saja, udaranya panas sekali saat itu dan matahari terik saat kami menunggu di luar ruangan dari atraksi satu ke atraksi lainnya.

Apa saja sih kandungan GSC?

Tahun 2011, GSC yang sekarang dipegang generasi ke-3 pasangan Liem Soedarno dan Sri Suyati, serta Sany Rahardjantho, memulai transformasi dari perusahaan perorangan menjadi PT Gizi Indonesia. Tahun 2013, PT Gizi Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai partner dalam aplikasi hasil penelitian mereka, untuk kemudian diproduksi secara massal. Hasilnya adalah krim perawatan wajah dengan Nano Herbal untuk menghasilkan manfaat yang lebih baik.



Ada sekitar 7 bahan alami yang digunakan GSC dalam produknya, yaitu:

1.      Beras 

Beras yang dikenal dengan nama latin Oryza Sativa mengandung senyawa gamma oryzanol dan ferulic acid yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel yang berimbas pada penuaan dini. ferulic acid dan gamma oryzanol dalam beras juga berfungsi sebagai anti allergenic, anti inflamasi (peradangan) dan UV Protection yang melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari serta menghambat proses pembentukan melanin, sehingga mencegah timbulnya flek hitam



  1. Bligo
Buah Bligo (Benincasa Cerifera) merupakan tanaman menjalar yang memiliki banyak nama daerah di Indonesia. Buah Bligo memiliki banyak manfaat bagi kulit karena memiliki kandungan triterpenoid, flavonoid, carbohidrat, glikosida, vitamin dan asam uronic. Salah satu keunggulan buah Bligo adalah menguragi peradangan akibat jerawat. Hal ini terjadi karena zat yang terkandung dalam bligo menghambat pertumbuhan bakteri Propionibakterium acne (P Acne) dan Staphylococcus epidermidis, yaitu bakteri yang mengakibatkan peradangan pada jerawat.



  1. Jeruk nipis
Jeruk nipis (Citrus aurentifoli) kaya akan manfaat, diantaranya sebagai antibacterial,anti virus, dan anti alergi. Pada beberapa literatur, disebutkan bahwa kandungan zat limonin yang terdapat dalam jeruk nipis bersifat anti kanker. Jeruk nipis memiliki kandungan Flavonoid dan Vitamin C yang tinggi. Kombinasi keduanya, berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik untuk menghambat proses penuaan dini. Ekstrak jeruk nipis baik untuk menutrisi, mencegah iritasi dan kerutan halus pada daerah sekitar mataSelain itu, Vitamin C juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, meregenerasi sel kulit dan membuat kulit tampak berkilau.



  1. Kedelai
Kedelai (Glycine Max) merupakan tanaman jenis polong-polongan yang banyak mengandung protein nabati. Kedelai memiliki segudang manfaat, di antaranya untuk mengurangi resiko kanker payudara dan mereduksi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan lecithin dalam kedelai juga merupakan zat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta menjaga kemampuan daya ingat. Ekstrak kedelai yang digunakan untuk perawatan kecantikan berfungsi sebagai anti-cellulite dan bermanfaat untuk mengurangi flek hitam akibat penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas ataupun efek hormonal, serta meningkatkan elastisitas kulit dan produksi kolagen.




5.      Lidah buaya

Lidah buaya (Aloe Barbadensis) dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk berbagai kebutuhan. Lidah buaya bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan luka, mengurangi inflamasi/peradangan, dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Kandungan lignin dan air dalam lidah buaya yang mencapai 99% menjaga kelembaban kulit lebih lama sehingga kulit terhindar dari dehidrasiSedangkan Vitamin C dan E yang merupakan antioksidan alami berfungsi mencegah penuaan dini. Selain itu, kandungan Vitamin A dalam lidah buaya akan merangsang pembentukan kolagen yang dapat mengurangi keriput serta meregenerasi dan mencerahkan kulit.


6.      Pepaya 

Pepaya (Carica Papaya) merupakan sumber nutrisi, di antaranya provitamin A Carotenoids, Vitamin C, B, Lycopene, dsb. Enzim papain yang terdapat dalam buah, batang dan daun pepaya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara alami dan menghaluskan kulit. Selain itu, ekstrak papaya juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. 


7.      Rumput laut

Rumput laut jenis Eucheuma Spinosum yang tergolong dalam divisio thallophyta memiliki kandungan mineral esensial, vitamin A, B kompleks, C, D, E dan K, Senyawa hidrokoloid yaitu agar-agar, karaginan dan alginat, serta kandungan polifenol dan karotenoid yang cukup tinggi. Kandungan polifenol dan karotenoid berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas sehingga dapat mencegah dan mengurangi terjadinya kerusakan sel. Kerusakan sel dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit, termasuk penuaan dini. Antioksidan poten yang terkandung dalam rumput laut juga dapat menghambat penetrasi sinar UV yang kuat ke dalam jaringan atau sel. 



Senangnya saat mengetahui bahwa GSC tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, hidroquinon, silicone, paraben, TEA dan Colorant. Walaupun GSC bukan krim untuk memutihkan wajah, namun GSC bisa membantu mencerahkan wajah karena kandungan beras dan pepaya di dalamnya. Menggunakan herbal memang membutuhkan proses untuk mendapat hasil maksimal, namun akan lebih aman di kulit. Apalagi untuk kulit saya yang cenderung sensitive. Yang lebih menggembirakan, GSC sudah mengantongi setfiikat halal dari MUI! 



Namun kita juga perlu tahu kalau efek penggunaan satu produk perawatan kulit bisa berbeda pada setiap orang, tergantung jenis kulit dan sensitivitas kulitnya. karena itu, cari tahulah sebanyak-banyaknya tentang produk yang akan kamu pakai. Kamu ingin tahu apakah GSC sesuai untukmu, ada fitur Tanya jawab di toko online GSC. Ini linknya: www.giziindonesia.co.id. Silahkan diubek-ubek sepuasnya.

Sumber referensi dan sebagian foto:
 

28 comments :

  1. dulu saya juga pake produk ini, tapi sempat terhenti karena gizi gak ada di toko2. tapi skrg produk ini hadir lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya dulu susah bgt cari produknya..sekarang di minimarket udah banyak

      Delete
  2. saya dulu juga pakai ini pas remaja..memang enak dipakai y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ada facial foamnya mba, dulu cuma cream

      Delete
  3. wah kita sama mbak, pakeee jugaaaa. Enak di kulik, nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal pake cream sempat berminyak mba, tp lama2 ngga mungkin msh adaptasi di awal

      Delete
  4. Dibuat dari bahan alami ya. Krim ibu saya ini.

    ReplyDelete
  5. Krim jadul tapi beetahan sampe akr berarti emang bagus ya mak

    ReplyDelete
  6. Aku cocok pake ini sejak madih remaja. Sekarang pas nemu lagi, langsung aja pake lagi...

    ReplyDelete
  7. Super krim legendaris benean nih.. Banyak juga fansnya yaaaa

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah sekarang gizi super cream ada lagi. nala anak abege aku juga aku rekomendasikan pake gizi super cream mba, seperti jaman dulu ibu aku merekomendasikan gizi super cream dipake aku hehee

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Xixi, bisa jd rekomendasi sodara/tmn yg nyari kosmetik halal dan alami

      Delete
  10. Dulu nenekku rajin banget pakai Gizi. Aku juga pernah coba. Nanti coba lagi, ah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp emang cocok2an y mba..awal pake lagi sy jg merasa berminyak tp trnyata bth proses aja dr cream lama. Skrg sih biasa2aja ga masalah

      Delete
  11. Aku jaman smp pernah nyoba ini mbak..ikut2an teman...tapi setelah pke kok rasanya muka kringetan gitu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg awalnya gitu mba lama2 ngga. Mgk ga cocok ya tiap org kmdisi kulitnya beda

      Delete
  12. Kalau aku kurang cocok pake ini mak, rasanya jadi berminyak gitu di wajah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga begitu mak hanya pada awalnya aja, mungkin adaptasi

      Delete
  13. Nyimak saja mba yah, soalnya saya cowok,,, Hehehe mungkin cocok untuk kulit istri saya, biar referensi dech buat dia, soalnya suka yang natural gitu,,,

    ReplyDelete
  14. Kandungannya alami semua ya mbak.. boleh dicoba nih.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga udah coba tapi jadi berminyak sekali nih kulit sya

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...