Tuesday, January 26, 2016

5 Peralatan Ngeblog Yang Seharusnya Dimiliki Blogger

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X Lazada Indonesia. Yang diselenggarakan oleh ShopCouponsVoucher Lazada disponsori oleh Lazada Indonesia.



Menulis di blog kini banyak dimanfaatkan blogger untuk tak sekedar menulis curhatan. Tapi juga lebih dari itu, untuk berbagi informasi dan ilmu, serta mengais rejeki. Dunia blogging juga sekarang banyak dilirik brand untuk membantu memasarkan produk dan jasa mereka. 

ini merupakan berkah sih buat saya yang emang hobi nulis daftar belanjaan dan memutuskan tidak bekerja di luar rumah. Banyak sih faktor yang menyebabkan saya gak kerja, selain faktor u (ada emang kantor yang nerima pekerja usia 30 tahun lebih? sst lebihnya banyak), suka gak tegaan sama anak, suka gak fokus (di rumah mikirin kerjaan, di tempat kerja mikirin anak), dan faktor lainnya yang gak harus semua saya ceritain.
5 Peralatan Ngeblog Yang Seharusnya Dimiliki Blogger

Walaupun kerjanya dari rumah, seorang blogger atau penulis harus tetap professional. Saya teringat perkataan seorang penulis dan budayawan bernama Gol A Gong, kira-kira perkataannya seperti ini: Terlepas apapun tujuan kita menulis, kalau sudah memutuskan untuk jadi penulis profesionalitas harus dikedepankan.

Untuk menunjang profesinya, seorang blogger seharusnya memiliki peralatan yang mendukung. Menurut saya (ini sih menurut saya ya), ada 5 peratalan untuk mendukung aktivitas ngeblog.

  1. Notebook
Saya pikir notebook lebih praktis untuk mengetik karena bisa dibawa keluar rumah jika ada acara blogger. Terkadang ada acara blogger yang meminta untuk membawa notebook, misalnya untuk keperluan live blogging. Lewat smartphone juga bisa sih, tapi…duuh meni hese kalau harus ngetik di smartphone dan ngetiknya banyak. Yang ada, jangan-jangan kita malah gak sabar dan ngomel-ngomel.
lazada
sumber

Buat yang lagi mau beli notebook, di online shop Lazada selalu ada penawaran menarik setiap harinya. Contohnya notebook HP di atas ini, diskon 12% dari Rp 3.399.000 menjadi Rp 2.299.00 dan mendapat wireless optical mouse gratis. Tertarik? Saya sih tertarik banget sama notebooknya, apalagi yang warnanya casingnya merah atau silver.

  1. Smartphone yang memuat banyak aplikasi
Seorang blogger yang ingin tulisannya dibaca tentu harus memperkenalkan blognya pada orang lain, misalnya dengan share tulisan lewat media sosial. Beberapa aplikasi media sosial harus diinstall di smartphone. Pengalaman saya sih, saat mengikuti lomba yang harus pakai aplikasi, saya harus uninstall aplikasi lain dulu. Jadi, kerjaan saya selain ngeblog install dan uninstall aplikasi yang diperlukan dan tidak, hihi. Maka gak aneh, smartphone lama saya puyeng dan akhirnya hang, gak bisa dipakai lagi. 
lazada
Xiaomi Redmi Note 3 4G LTE ini cakep ya, bisa dibeli di Lazada juga

Apalagi, sekarang saya lagi suka sekali dengan aplikasi Ijak, itu tuh..aplikasi digital library untuk meminjam buku secara digital. Aplikasi tersebut membantu saya untuk menambah daftar bacaan saya sebagai bekal menulis, sekaligus menambah minat baca anak saya karena perpustakaan digital merupakan sesuatu yang baru buat mereka. Jadi punya smartphone yang memuat banyak aplikasi memang kadang dibutuhkan. Atau, smartphonenya 2 aja gitu?

  1. Koneksi internet
Koneksi internet diperlukan untuk mempublish tulisan dan share tulisan di media sosial, karena itu perlu alat yang menghubungkan kita dengan internet seperti modem internet. Di rumah, saya menggunakan wifi untuk koneksi internet. Suami seringkali melakukan pekerjaan kantor di rumah dan butuh koneksi internet, jadi saya bisa ikut mengakses internet untuk ngeblog.
lazada
sumber

Biasanya saat ikut acara blogger, ada pihak brand yang meminta blogger melakukan live tweet selama acara berlangsung. Tentu perlu koneksi internet kan. Smartphone kita harus dibekali koneksi internet. Syukur-syukur tempat kita melakukan acara blogger ada wifi, kita biasanya dibolehkan mengakses internet. Nah. kalau wifi-nya rusak gimana? Mati gaya deh kita, seperti yang pernah saya alami saat mengikuti acara blogger. Wifi di tempat acara tak bisa diakses sehingga saya tidak bisa ikut live tweet. 

Seorang teman blogger menyarankan sebuah alat penghubung sinyal internet yaitu MIfi yang bisa dibawa kemana saja. Tinggal diisi pulsa kalau kuotanya habis. Sayang, sampai sekarang saya belum kesampaian beli, belum ada rejekinya.

  1. Kamera
Kamera diperlukan untuk membuat foto-foto yang menarik untuk menunjang isi blog. Memang bisa memakai smartphone, namun beban kerja smartphone kadang terbatas dari segi kemampuan atau penyimpanan.
 
http://srv-live-03.lazada.co.id/images/2014/logo/id.png
sumber
  1. Powerbank
Powerbank bermanfaat saat smartphone habis baterainya di perjalanan dan kita tidak menemukan koneksi listrik atau penambah daya lain. 
lazada
sumber

Gimana, kamu udah punya semuanya? Alhamdulillah, saya hanya punya smartphone dan tetap bisa ngeblog karena fasilitas lainnya numpang sama suami, hihi. Memiliki sendiri peralatan ngeblog tentu lebih nyaman ketimbang numpang sana sini, gak gangguin kerjaan orang lain. Dan, kelima peralatan itu bisa kita beli secara online di berbagai toko online termasuk  Lazada

Belanja di Lazada selalu ada penawaran menarik setiap hari dengan potongan harga mencapai puluhan persen untuk barang tertentu. Keuntungan lain berbelanja di sini adalah:
  1. Bisa bayar di Tempat. Kita bisa menggunakan pembayaran melalui metode bayar di tempat dan menikmati membayar secara tunai kepada agen pengiriman setelah menerima pesanan kita.
  2. Gratis Biaya Pengiriman. Pengiriman gratis untuk JABODETABEK untuk semua produk. Untuk luar JABODETABEK Lazada akan menanggung 20% biaya pengiriman untuk pengiriman untuk pesanan di atas Rp 90.000.
  3. Jaminan Perlindungan Pembeli. Segala pembelian yang dilakukan di Lazada memiliki jaminan produk asli, baru, dan bebas dari kecacatan. Lazada menukar atau mengembalikan dana dalam waktu 14 hari untuk produk yang dijual oleh Lazada dan sebagian besar produk yang dijual oleh sellernya.
  4. Hanya Penjual Terpercaya. Lazada berkomitmen untuk memastikan kita belanja dengan aman di Lazada. Semua Seller yang terdaftar di Lazada telah melewati proses pemilihan yang seksama untuk memastikan pengalaman belanja yang memuaskan.
  5. Kita bisa menghubungi Customer Service untuk mengajukan berbagai pertanyaan sebelum membeli barang di Lazada. Customer Service tim Lazada bisa dihubungi di nomor 021 80630200 dari hari Senin sampai Jumat pukul 09.00-20.00 dan hari libur pada pukul 09:00 - 17:00.
Jadi, ayo segera belanja di Lazada untuk berburu peralatan ngeblogmu. Mungkin, kalau ada rejeki saya juga akan menyusulmu berbelanja peralatan ngeblog di Lazada.



Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X Lazada Indonesia. Yang diselenggarakan oleh ShopCouponsVoucher Lazada disponsori oleh Lazada Indonesia.

83 comments :

  1. Iya bener. Enak belanja di Lazada. Segala rupa ada soalnya

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah aku sudah terpenuhi semua, kecuali kamera sama wifi. :D Habis masih bisa dihandle sama smartphone sih. Semoga rezekinya dimudahkan ya Mak. :))

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Sebenarnya cukup utk ngeblog aja ya mba tp klo ngetik banyak pake smartphone lama bgt dan suka typo

      Delete
  4. slama ini motret pake smartphone, praktis... tp klo ada yg ngasih kamera, mau banget :D

    ReplyDelete
  5. saya terkendala soal koneksi kalo di rumah makanya seringnya posting di kantor he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayoooo, tp kerjanya pasti tetap lancar y

      Delete
  6. One stop shopping nih lazada, mupeng kameranya, mesti nabung duluuu

    ReplyDelete
  7. tentunya blogger juga perlu dong peralatan penunjang ngeblog yg memadai ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya ya mba. Biar lancar ngeblognya..

      Delete
  8. Wah, mau mbak semua itu. hitung - hitung pembaharuan, hehehe. tapi setidaknya ya ada untuk bisa koneksi internet dan notebooknya lah :-) ,,, eh kamera juga dink mbak sangat penting banget iku :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg minimal diayukuri , lebihnya alhamdulilah y :)

      Delete
  9. kayaknya ada yang kurang mbak :D..
    Kalo saya suka ada satu tambahan peralatan...peralatan bikin KOPI :D

    ReplyDelete
  10. kalau di toko online yang satu ini semua memang komplit :)..biar blog tambah semangaat ya maak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak minimal ada smartphone n internet deh syukur2 semuanya ada y

      Delete
  11. Waaaa.... Aku pengen punya kamera. Biasanya cuma menghasilkan foto dari hape aja... Dan masuk proses editing

    ReplyDelete
  12. saya juga suka belanja di lazada mbak :D

    ReplyDelete
  13. Iya...blogger setidaknya memiliki 5 barang itu ya..

    ReplyDelete
  14. Dari semua poin yang disebutkan memang berkaitan satu sama lainnya. Namun jika dirunut dari kepentingannya, sepertinya kalau menurut saya sih, dan pendapat saya sih KONEKSI Internet atau Jaringan yang sering jadi hal yang kendala bagi saya. Bisa pake WIFI bisa pake MODEM. Yang parah jika dua duanya tidak bekerja dengan baik Bisa nganggur seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pake wifi kalo ujan udah pasti sering gangguan

      Delete
  15. powerbank saya ganti pake keyboard external, biar lebih leluasa ngetiknya :D

    ReplyDelete
  16. betul mbak untuk kelima item di atas dan baru tahu kalo ada alat yg namanya MIfi hihihi

    ReplyDelete
  17. kamera yang belum punya, tapikan masih ada hp yang bisa foto

    ReplyDelete
  18. Kok aku punyanya smartphone doang ya mbak :D

    ReplyDelete
  19. yang paling saya butuhkan saat ini adalah kamera. hiks

    ReplyDelete
  20. wah peralatan ngeblognya canggih canggih hehe,,, good luck ya..

    ReplyDelete
  21. Keren, Mbak postingannya. Iya benar, kelima barang yang dibutuhkan itu benar.
    Moga menang yah.

    ReplyDelete
  22. Aku pernah belanja tripod di Lazada
    Lancar jaya, tanpa masalah :)
    Packingnya aku sukaaa.
    Tidak bikin was-was, kakaaa...

    ReplyDelete
  23. Bener banget tuh mba, alat alat untuk menunjang nge blog. Aku gak punya power bank tapiihh... Belum butuh karena aku lebih gak bisa ketinggalan uang. Kalo henpon ketinggalan gpp jadi belum perlu power bank hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy smuanya kayanya minjem suami malah :( smartphone jg yg ngasih dia alhamdulillaaah

      Delete
  24. Saya naksir kameranya mbak Kania.

    Selama ini kalau ngeblog, kalau di rumah saya ngetik naskah pakai HP dan ketika finishing dan rapi-rapiin lebih banyak pakai PC di kantor hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya jg biasanya ngedraft di HP sambil momong anak lalu publish di komputer suami :)

      Delete
  25. Semoga menang kompetisi ini ya Mak. aminnnnnnn :)

    ReplyDelete
  26. Semoga menang kompetisi ini ya Mak. aminnnnnnn :)

    ReplyDelete
  27. wah aku setuju sama semuanya~ kecuali yang terakhir. mungkin efek aku jarang hampir gak pernah pake powerbank kali ya. sukses kompetisinya ya ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg jarang sih karena keluar rumah jg biasanya ga lama

      Delete
  28. No 4 dan 5 nggak punyaaaa... Kalau smartphone paling cuma saya pakai aplikasi notesnya aja untuk nyatet ide2 postingan. Karena ide postingan bisa muncul kapanpun dan dimanapun. Jadi sebelum lupa, catet di smartphone dulu hehe
    Ya jadi alat tempur ngeblog saya ya no 1 dan 3 aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul dicatet dulu biar ga lupa :)

      Delete
  29. Haduuhh..Mifi -nya itu pingiiiin
    Good luck mba ^_^

    ReplyDelete
  30. Hihihi mbaa, aku nggak punya camera bagus. Aku hanya pakai camera handphone.
    Semoga satu saat bisa punya camera bagus

    ReplyDelete
  31. Naaah itu, peralatan keempat dan kelima sya belum punya...ehm, belum bisa disebut blogger profesional neh saya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg belum lah mba, sambil belajar sambil mengumpulkan uangnya yuks

      Delete
  32. Kameranya yang sldr mau deh.. Asyik aja Kalo motret pake kamera itu kayaknya,

    ReplyDelete
  33. Kameranya yang sldr mau deh.. Asyik aja Kalo motret pake kamera itu kayaknya,

    ReplyDelete
  34. Hard disk laptopku dah mau rusak. Aku syedih

    ReplyDelete
  35. Senjata ngeblog yang wajib ada yah.
    Kalo aku poin 4 nya yg belum ada, yaitu kamera. Selama ini kalo foto2 pake hp aja :)

    ReplyDelete
  36. iya pakai mifi mantap, dimudahkan sekali untuk berinternet ria jika harus bepergian dengan bawa lebih dari 1 gadget :)

    ReplyDelete
  37. dari ke limanya yga aku gak punya cuma power bank hehe
    duh itu redmi note 3 nya bening bangettt *brb cek harga :D

    ReplyDelete
  38. Yup.. blogger professional harus gitu yah, ngga sepertiku modal hape doang

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...