Monday, January 11, 2016

Tak Perlu Ke Thailand Untuk Mencicipi Tomyam

Akhir Desember tahun kemarin, adik ipar baru aja pulang dari Thailand setelah menyelesaikan 1 semester program pertukaran pelajar di sana. Dia bawa banyak oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman. Saya sekeluarga juga ternyata kebagian oleh-oleh yaitu aksesoris khas Thailand dan cemilan khas Thailad, banana bake with honey.

Wah, senangnya dapat oleh-oleh khas Thailand. Banana bake with honey itu ternyata rasanya mirip sale pisang. Saya pernah makan sale pisang yang pakai tepung dan yang tidak. Nah, sale pisang ala Thailand ini gak pake tepung. Jadi murni pisang dan madu, rasanya pun manis banget. Enak kalo dimakan setelah keluar dari kulkas.

oleh-oleh Thailand, banana bake with honey
oleh-oleh Thailand, aksesoris..^^

Dipikir-pikir, makanan Thailand itu punya banyak kemiripan dengan di Indonesia. Dari mulai cemilannya seperti sale pisang yang saya sebutkan. Supnya yang bercitarasa asam pedas seperti tomyam, di Indonesia juga ada sup bercitarasa asam pedas seperti asam padeh atau gulai ikan dari daerah tertentu di Indonesia. Bahkan sampai makanan ekstrim di Thailand timur laut seperti serangga (yang katanya lezat), di Indonesia pun suka dijumpai masakan dari serangga seperti rempeyek laron, atau ulat yang dimakan mentah begitu saja seperti yang biasa dilakukan beberapa suku di Papua.

Eh, saya sok-sok jadi pengamat kuliner ya. Nggak, saya bukan pakar kuliner, cuma penikmat kuliner. Boleh dong berbagi ya.

Ada satu makanan khas Thailand yang lagi banyak dibincangkan netizen, yaitu tomyam kelapa. Tomyam khas Thailand biasanya terdiri dari udang, ikan, ayam, dan jamur. Tomyam kelapa ini isinya bisa macam-macam tergantung jenis tomyam kelapa yang kita pesan. Yang membuat unik, Tomyam kelapa disajikan dengan wadah batok kelapa, lengkap dengan kelapanya.

Penasaran dengan rasa tomyam kelapa, hari Minggu kemarin saya pun memesan tomyam kelapa menggunakan Go Food dari Gojek. Di aplikasi tersebut, kita bisa memesan tomyam rasa apa saja sekaligus mengetahui harganya. Tak sampai sejam, pesanan saya datang dengan terbungkus rapi dengan plastik 2 lapis.


Karena emang sudah masuk waktu makan siang, langsung aja deh tomyamnya saya eksekusi bareng keluarga. Hehe, langsung ludes sama saya dan suami, tinggal sisa sedikit kuahnya. Rasanya asem, manis, pedes. Isinya banyak dan lengkap karena saya pesan tomyam spesial. Di dalamnya ada bakso, udang, ayam, irisan tomat yang bikin seger, sereh, daun jeruk, bumbu-bumbu lainnya dan tentu saja kelapa. 

Kelapa dalam semangkuk sup? Ya, irisan kelapa dalam semangkuk tomyam merupakan pengalaman kuliner baru bagi saya. Lembutnya kelapa muda berpadu dengan kuah asam manis pedas dari tomyam. Gak nyesel rasanya saya beli seporsi tomyam kelapa seharga 33 ribu rupiah ini. Coba kalau bikin sendiri, gak mungkin rasanya mirip seperti resep aslinya. Kelemahan saya, kalau masak yang banyak bumbu suka kurang pas takarannya. Solusinya, ya beli makanan jadi.

Siap makan tomyam kelapa^^

Seporsi tomyam kelapa sudah pas buat saya dan suami. Soalnya makannya pakai nasi. Hehe, perut nusantara, gak afdol kalau gak pakai nasi. Jadi penasaran, kalau orang Thailand makan tomyam pakai nasi gak ya?

Oh ya, walau rasanya pedas, anak saya yang berumur 8 tahun mau juga nyicipin, terutama karena ada baksonya. "Sssh..pedes mi, tapi enak!" Alhasil makan siang kami hari Minggu kemarin bermandikan keringat dari cuaca panas di luar rumah dan rasa pedas nikmat tomyam kelapa.

Kapan-kapan, saya pengen makan tomyam kelapa langsung di tempatnya ah. Nama tempat makan yang menyediakan menu tomyam kelapa ini adalah Saung Ibu. Sepertinya dari rumah saya cuma sekali naik angkot. Kepikiran pengen makan di tempatnya langsung setelah liat tulisan mba Shinta yang judulnya Segarnya Berbuka Dengan Tomyam Kelapa. Kayaknya tempatnya asyik. Berdinding bambu dan beratap jerami, Saung Ibu jadi tempat yang romantis untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Mari kita makannn^^

Dari tulisan tersebut, saya juga jadi tahu ternyata pemilik Saung Ibu adalah seorang netizen juga. Beliau adalah Mas Baha atau Sobat Bercahaya, salah satu admin Komunitas Warung Blogger yang saya ikuti. Waduh, pantesan Saung Ibu cukup dikenal. Banyak netizen yang sudah pernah makan di sini, bahkan ulang tahun Warung Blogger pun pernah diadakan di Saung Ibu.

Mau coba tomyam kelapa juga? Tak perlu ke Thailand, di Saung Ibu juga ada. Di Saung Ibu ada menu lainnya juga selain tomyam kelapa, misalnya kwetiau, bandeng tanpa duri, dan naai goreng. Order via Go Food dari Gojek bisa loh. Nanti dibayarin dulu sama abang gojeknya. Kalau mau datang langsung, ini alamatnya.

Saung Ibu
Area parkir lapangan tennis Villa Bintaro Indah
Jln. Sulawesi raya RT 08/11 Kel: Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan
Jam operasional: 10.00-21.30

52 comments :

  1. kayanya nenek aku suka buat Banana bake with honey deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget, neneknya pinter bikin makanan apa aja ya

      Delete
  2. Klo dirasa rasain lg kuah tom yam mirip sayur asem ya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mm,iya juga ya, asem manis pedes...hehe tapi bnyk rempahnya kalo tomyam

      Delete
  3. nanti kalau lagi nginep di rumah mertua saya order Tom Yam Kelapa, ah. abis kalau di rumah saya kejauhan jangkauannya :D

    ReplyDelete
  4. Jadi itu dikirim include buah kelapanya atau dalam bentuk kotak seperti gambar paling atas?

    ReplyDelete
  5. waah sueger rasanya. disini blm ada mba... :(

    ReplyDelete
  6. Untung aja namanya Banana Bake With Honey itu seperti sale pisang, coba kalau seperti sale nanas, kan jadi repot dan bingung. Terus berarti Tomyam ini unik yaw kak, cara penyajiannya ituloh pakai batok kelapanya. Kalau masih ada sisa, bagi donk kak,,, hehehehehe pizzzzz

    ReplyDelete
  7. huaa ngenceees kayakna seger benerr tomyamnya mak...

    ReplyDelete
  8. waah jadi laper kemarin udah nyobain dan memang enyaak. kental dan gurih gak kayak tomyam biasa yang agak camlang

    ReplyDelete
  9. tomyam-nya kelihatan enak,tapi sayang di daerah saya belum ada :(

    ReplyDelete
  10. Ah udah kebayang asemnya dilidah, segar segar gimana gitu. Mau nyobaaa

    ReplyDelete
  11. Wah penasaran gimana rasanya makan masakan di batok kelapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru, bisa sekalian nyendokin kelapanya

      Delete
  12. Wah seger banget hujan2 begini. Jadi pengin :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Lusi minta dikirimin mas Baha ke Jogja :D

      Delete
  13. Baru pernah sekali nyobain tp pake mangkuk :D

    ReplyDelete
  14. Belum pernah nyoba dan juga tahu wujudnya Tomyam tuh kaya apa. Tapi bagus juga deh, gak perlu jauh-jauh ke luar negeri (Thailand) kalau pengen nyoba yang namanya Tomyam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sekarang ga perlu jauh2 mau mencicipi masakan luar neger, browsing di internet trus bikin sendiri deh

      Delete
  15. Aduh, ngiler banget ini, apalagi ini lagi hujan, hmmm

    ReplyDelete
  16. Udangnya mbak...besar...menggoda! Tapi mmng harus pedes ya mbak...? Lha ini..raisa nggak nyicip mb..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. raisa ga nyicip..mgk kalo makan di tempat bisa request ga terlalu pedas

      Delete
  17. Kesukaanku tuh tomyam, asik dinikmati saat cuaca dingin gini. Eh tapi itu ngemasnya gimana mbak, enggak tumpang kuahnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga, plastiknya 2 lapis. kelapanya kan ditutup

      Delete
  18. Ah saya kudet banget, ternyata tomyam kelapa milik mas sobatbercahaya. Pantesan fb saya sudah berteman sama tomyam kelapa :)

    Jadi ngiler liatnya, udah lama ga makan tomyam :)

    ReplyDelete
  19. Cuma bisa liatin doang.. huhuhu..
    penasaran seperti apa rasanya :D

    ReplyDelete
  20. duh mba itu Tom Yam kelapa bener-bener menggoda, nggak pake kelapa aja enak apalagi yag wadahnya pake kelapa bgt

    ReplyDelete
  21. Tom Yam ini kayanya lagi populer ya mba, jadi penasaran pengin nyobain.
    kapan mba mau traktir saya? eh,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mba beneran kita janjian di Saung Ibu :)

      Delete
  22. belum pernah cobaaa, jadi penasaran

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...