Friday, January 29, 2016

Tikus Bisa Merusak Sekaligus Bermanfaat



cara mengatasi tikus

Tikus adalah salah satu binatang yang bisa mengganggu kenyamanan di rumah, selain cicak, kecoa, dan yang lainnya. Karena sifatnya yang suka mengerat, tikus bisa menggigit semua barang yang ada di rumah sampai rusak. 

Tikus juga bisa menyebabkan beberapa penyakit pada manusia. Menurut Badan Pengendali dan Pencegahan Penyakit Anerika Serikat, setidaknya ada 5 penyakit yang disebabkan oleh tikus. Penyakit tersebut adalah:

  1. Murine typus, disebabkan infeksi virus R.Typhi yang ditularkan kepada manusia melalui kutu yang berasal dari tikus.
  2. Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS), disebabkan oleh tikus yang terinfeksi melalui air seni, tinja dan air liur mereka. Manusia bisa tertular saat menghirup udara yang sudah tercemar hantavirus penyebab HPS.
  3. Rat bite fever (RBF). disebabkan bakteri streptobacillus moniliformis yang ditularkan melalui gigitan atau cakaran tikus.
  4. Salmonella enterica serovar typhimurium, bisa menimbulkan gejala diare, kram perut, muntah-muntah serta mula yang bisa berlangsung selama 7 hari.
  5. Lestospirosis, bisa menimbulkan beberapa gejala pada manusia seperti demam tinggi, pusing, menggigil, kejang otot, muntah, mata merah, sakit pada otot perut, diare, serta ruam kulit.

sumber
Baru-baru ini saya juga mengalami ketidaknyamanan di rumah karena tikus yang masuk lewat sebuah lubang kecil di dapur. Sebelumnya lubang itu tidak pernah ada. terus, saya ingat bahwa beberapa waktu lalu ada tukang ke rumah untuk memperbaiki tempat penampungan air. Dengan alasan ingin membuat air keluar lebih kencang, sang tukang membuat colokan baru. Sebuah lubang di dapur dibuat untuk menghubungkan kabel antara colokan dan tempat penampungan air. Dan saya tidak diberitahu kalau dia akan membor dinding dapur untuk membuat lubang tersebut!!!

Satu pagi saat mau mencuci pakaian, saya melihat seekor tikus melenggang melalui kabel colokan yang begitu tipis, lalu keluar lewat lubang tersebut. Padahal lubangnya terlihat lebih kecil dari badan tikus loh, namun tikus itu bisa keluar masuk dengan leluasanya. Rrrgh, saya ingin sekali menutup lubang tersebut namun tak terjangkau karena letaknya tinggi mendekati atap. Akhirnya suami mengakali kabel colokan agar tidak bisa bisa jadi jalan tikus untuk masuk ke rumah.

Lain waktu, seperi biasa setiap pagi saya buka pintu dapur hendak menjalankan aktivitas pagi seperti memasak dan mencuci, tiba-tiba dari atas ada sesuatu yang jatuh berwarna hitam dan menyenggol pundak saya. Terang saja saya kaget, ternyata seekor tikus tanpa tali pun bisa terbang dari ketinggian atap rumah menuju lantai. 

Pernah juga, saat saya sedang asyik menyuapi anak-anak di suatu sore, tiba-tiba seekor anak tikus berlari ke arah saya. Tidak menggigit memang, tapi cukup membuat saya kaget dan berteriak. Untung saja, saya nggak sampai lempar piring, hehe. 

cara mengatasi tikus
Ini keliatannya lucu ya, tapi tetap saja saya gak suka tikus. (sumber)

Duuh, benar-benar setiap saat saya bisa saja terkaget-kaget oleh binatang pengerat dan bau ini karena mereka suka tiba-tiba muncul di hadapan saya. Sudah begitu, sudah banyak tas dan baju yang jadi korban gigitan si tikus. Sofa depan yang sudah berlubang-lubang pun karena gigitan tikus, akhirnya terpaksa saya berikan pada pemulung karena bau bangkai tikus dan tak layak dipakai lagi.

Saya biasanya mengatasi tikus dengan cara-cara seperti ini:

  1. Lem tikus, biasanya hanya mempan pada tikus berukuran kecil dan sedang. Lem diberi umpan tulang ikan dan ayam. Tikus besar biasanya bisa menjangkau makanan tanpa mengenai lem. Lem tikus bisa dibeli di minimarket terdekat dari rumah.
  2. Racun tikus. Umpan (tulang ikan atau ayam) diberi racun sampai tercampur rata lalu disimpan di tempat biasanya tikus berada. Racun tikus yang saya gunakan mereknya Racumin, rekomendasi dari kakak, dan sudah 2 kali dapat tikus. Memakai racun tikus kelemahannya adalah kadang tidak diketahui keberadaan tikus yang sudah mati. 
  3. Perangkap tikus. Perangkap terbuat dari kawat besi yang diberi umpan. Nanti tikus akan masuk untuk memakan umpan dan perangkap akan tertutup.
sumber

Itu 3 cara mengendalikan tikus yang pernah saya lakukan. Katanya, tikus juga bisa diatas dengan meletakkan buah bintaro atau buah mengkudu di tempat yang biasa dilalui tikus. Bisa juga dengan meletakkan kapur barus dan jangkrik di tempat tikus berada, karena tikus alergi dengan suara ramai jangkrik. Namun cara-cara ini belum pernah saya lakukan untuk mengatasi tikus.

Apa cara yang biasanya kamu lakukan untuk membasmi tikus di rumah?

Walaupun tikus dianggap mengganggu kenyamanan manusia di rumah dan menyebabkan berbagai penyakit. Namun, tikus juga bisa bermanfaat karena banyak dipelihara untuk keperluan pakan binatang dan penelitian biomedis. Tujuh puluh persen dari semua hewan yang digunakan dalam kegiatan biomedis adalah tikus dari jenis mencit (mus musculus)!!!

Tikus juga merupakan salah satu dari 12 shio yang melambangkan ke-12 cabang bumi dalam penanggalan Tionghoa. Orang yang bershio tikus dipercaya memiliki watak imajinatif, menyenangkan dan benar benar murah hati terhadap orang dicintai. 

Oh ya, bicara tentang penanggalan Tionghoa, etnis Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek tanggal 8 Februari nanti. Saya baru saja menulis tentang sajian Imlek di Indonesia yang merupakan perpaduan antara budaya Tionghoa dan Indonesia. Simak tulisan saya di link ini ya: https://happyfreshindonesia.wordpress.com/2016/01/26/sajian-imlek-bercitarasa-indonesia/.

Tikus juga makhluk Allah SWT. Saya percaya tidak ada satu pun ciptaan-Nya yang sia-sia. Mungkin tikus akan merusak rumah dan sawah, namun ia juga banyak manfaatnya untuk dunia medis. Manusia dengan otak pemberian Tuhan bisa menjadikan makhluk pengerat itu menjadi bermanfaat.

Sumber referensi:

96 comments :

  1. mak aku juga ga suka tikus, dulu sempet pake perangkap model kotak tadi cuma pas udah ketangkep bingung mau diapain. Akhirnya skrg lebih milih pake lem aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau tikus besar udah gabisa pake lem :D

      Delete
  2. aaaakk...aku paling takut sama tikus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, saya ga pernah sih klo sampe digigit cuma suka ngagetin aja

      Delete
  3. Kalo di rumahku, tikus itu seperti ternak. Mau? :D

    ReplyDelete
  4. Saya paling geli sama tikus mba...untung sekarang tidak ada jalan tikus masuk ke rumah, jadi biasanya hanya di luar saja, tikus got gitu mba...
    Duh paling geli kalau sudah ada bangkai tikus (biasanya anaknya sih) yang sudah tidak berbentuk karena pekerjaan kucing, dan anehnya kucing itu senang sekali bawa tikus ke teras rumah...jadi nambah kerjaan saya mba, he he he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba PR di rumah biar ga ada jalan masuk tikus

      Delete
  5. pakai perangkat tikus dijamin aman hehehe...sekarang dirumah kl malam tikusnya gedubrak gedubruk di atas hehe

    ReplyDelete
  6. tikus itu paling keren klo disuruh melarikan diri, dikasih umpan makanan di atas lem .. eh makanannya ilang, tikusnya ilang juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba, mereka keren . Saya pernah mergoki tikus di dapur trus dia lari mirip banget kayak di kartun, pas mau belok kakinya ketinggalan..pokonya mirip di kartun tom jerry deh saya jd senyum2 sendiri :)

      Delete
  7. Mbak di rumahku jg banyak tikus. Nyebelin, udah pake racun, udah pake perangkap, udah pake lem, udah pake cara2 yang di natgeo, eh tetep aja berkeliaran.
    Palingan kalo melintas langsung serangan pukul2 pake sapu. Ahahah

    ReplyDelete
  8. paling nyebelin tikus yg ubek2 tempat sampah depan rumah...nyisain sisa2 sampah yg udah diberantakin...thx tipsnya mbak...

    ReplyDelete
  9. ibu saya pernah di gigit tikus, jadinya serumah parno sama tikus. hiii

    ReplyDelete
  10. Katanya, saya shio tikus, Mbak Nia. Etapi kalau sudah giliran ketemu langsung sama tikus, keder juga. Apalagi yang tikus got/wirok, aduh... nyingkir aja. T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mm..iya tikis got biasanya ukuranmya besar y

      Delete
  11. tikuuuus... ini musuh bebuyutan! masa iya, sebulan bisa ada tikus mati 3x di rumah :(
    padahal rumah udah sering ditutup pintunya, lubang angin2 juga, tapi kok ya bisa aja masuk

    di atas plafon pula. kan susah nyarinyaaa :((

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat kalau ada di sawah, Mak. Kalau di dalem rumah mah nyebelin banget Ih.

    ReplyDelete
  13. Aku juga ga suka pake banget sm tikus mba...

    ReplyDelete
  14. Aduuh.. Aku sih anti banget sama tikus. Langsung diracuun :D

    ReplyDelete
  15. Tikus di rumah cuma suara, wujud gak kliatab

    ReplyDelete
  16. tikus ini adalah binatang dengan wajah imut-imut tapi sangat saya benci :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mini mouse mbaaa imut banget klo di kartun :)

      Delete
  17. dirumah saya banyak tikus geli liatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi klo disamperin sama tikus bukan geli lagi saya mba tapi teriak :D

      Delete
  18. Memangnya apa aja manfaat tikus di dunia medis mba? Untuk jadi tikus percobaan ya? Hehehe *ngasal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba Asti iti salah satunya, bisa bermanfaat juga tikus

      Delete
  19. Biasanya aku pake lem, aku buang sekalian wadah lemnya. Kalau racun takut matinya ditempat yg susah diambil, jadi bau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba tp kalo tkus yg ukurannya besar sudah pinter mengakali lem :)

      Delete
  20. Untung tikusnya tidak minta disuapin juga…saat tikus nya muncul ketika lagi asyik nyuapin anak…
    Keep happy blogging always..salam dari Makassar – banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaa, bisa pingsan saya kalo tikusnya minta disuapi :)

      Delete
  21. sekecil apapun lubangnya harus segera di tutup kalau gak bisa masuk barang2 habis deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Lidya pinter bnget nyelip2 si tikus

      Delete
  22. Huwaaa.. baca artikel ini sama begidik sendiri, saya paling takut dan ngilu banget liat tikus.

    ReplyDelete
  23. Huaa Di asrama pondok juga sering kedatangan tikus tanpa diundang mbak ... kadang suka nabrak tanpa rasa takut gitu sama manusia...,
    ya Allah semoga dilindungi dari berbagai penyakit diatas...
    cz dipondok mereka liar bangeet

    ReplyDelete
  24. Di rumah saya kadang ada tikusnya juga mbak Kania. Biasanya suami memasang perangkap di eternit rumah.

    Kalau di kantor terutama di gudang itu suka hilir mudik dia kayak dirumah sendiri aja :)

    Saya termasuk shio tikus lho mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, mba Anjar termasuk oorang yg menyenangkan berarti :)

      Delete
  25. Tikus2 emang bikin ngeselin. Klo masih anakan ya mak bisa di lem pakai lem tikus. Entar dibuang. Klo diracun takutnya mati pas nyempit di genteng kan bau.

    Belum pernah pakai perangkap tikus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo pake lem mempan buat tikus kecil aja

      Delete
  26. Aku dah pernah pke semua mbak. Tapi tikus itu pinter...paling kena 1 atau 2...berikutnya udah ngerti klo lagi di jebak/di racun. Cara terefektif memelihara kucing kampung mbak... Tapi karena anak2 suka nguyel2 kucing..takutnya mlh batuk/ tokso...akhirnya ga miara kucing lagi..m

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen jg melihara kucing tp blm sanggup ngurusnya :)

      Delete
  27. meskipun ada manfaatnya, tapi banyak bangeeet mudharatnya mba :)

    ReplyDelete
  28. Duh gak enak sekali kalo rumah kemasukan tikus, Mbak. Kotorannya di mana2 .. trus merusak pula

    ReplyDelete
  29. Saya menghindari tikus dengan mengubah-ubah posisi mebel mbak. Otomatis bersih semua krn bagian tersembunyi di bersihkan. cara lainnya (saya gabung) adalah menyemprot jalur tikus dengan minyak wangi yg murahan saja, asal menyengat. tikus berjalan pakai sensor bau yg peka, jika dirusak bau menyengat, dia susah mengenali jalannya dan tak balik lagi. cara ini sukses di rumah saya yg mirip rumah tikus sebelum saya tinggali.

    ReplyDelete
  30. Tikuuusss.... saya jengkel banget kalo ada tikus. Huhuhu....
    makasih tipsnya Mbak.

    ReplyDelete
  31. Aku benci banget sama tikus tapi nggak tega kalau mau bunuh. Matanya ituloh... Bening. Minta diampuni >.<

    ReplyDelete
  32. Benci banget sama Tikus, hiks. Aku beli alat pengusir tikus yang aman buat manusia, alhamdulillah sekarang tikus hilang dari rumah

    ReplyDelete
  33. Sama, nggak suka tikus juga. Apalagi kalo sliweran di dapur, duh piring bersih jadi harus dicuci lagi.
    Biasanya aku pake lem tikus buat nangkap tikusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tikus besar biasanya ga mempan lem mba

      Delete
  34. Kalo di kantor dulu dikasih perangkap sama racun, duuhh gede2 banget tikusnya, untung di rumah ini bebas tikus

    ReplyDelete
  35. Perangkap tikus, itu yang biasanya paling ampuh, tapi kayaknya ada darah gitu yaa, Mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh yg dijepret gitu ya mba , iya ngeri kalo sampe berdarah2

      Delete
  36. sebenarnya saya kasihan membunuh tikus, tapi nularin penyakit juga, apalagi tikus sawah bahaya banget paling kita buru, kasian makhluk mungil ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo d rmh ckp ganggu mba..bau dan barang habis..

      Delete
  37. Kalau aku sekarang membiarkan kucing kampung wara wiri di rumah, mbak. pernah psang jebakan lem, malah orang yang kena. Racun tikus, kalau disambar repotnyari bangkainya. Trus jebakan tikus yang jepitan orang rumah juga malah kena jadi korban hehehe. Harus rajin beres-beres rumahd an jangan numpuk barang juga, ya. Soalnya tempat beginian ini disukai tikus. Kolong kursi sofa juga potensial jadi tempat tikus ngumpet. Aku pernah ngalamin ini dan ya ampun ee-nya banyak banget. Aku sampe muntah. harus rajin jungkir-jungkirin kursi juga kalau beres-beres. Lebih aman punya kursi dengan kaki kayu gitu, jadi keliatan kalau ada sampah dantikus biasanya ga suka tempat terbuka.

    ReplyDelete
  38. Kalau aku sekarang membiarkan kucing kampung wara wiri di rumah, mbak. pernah psang jebakan lem, malah orang yang kena. Racun tikus, kalau disambar repotnyari bangkainya. Trus jebakan tikus yang jepitan orang rumah juga malah kena jadi korban hehehe. Harus rajin beres-beres rumahd an jangan numpuk barang juga, ya. Soalnya tempat beginian ini disukai tikus. Kolong kursi sofa juga potensial jadi tempat tikus ngumpet. Aku pernah ngalamin ini dan ya ampun ee-nya banyak banget. Aku sampe muntah. harus rajin jungkir-jungkirin kursi juga kalau beres-beres. Lebih aman punya kursi dengan kaki kayu gitu, jadi keliatan kalau ada sampah dantikus biasanya ga suka tempat terbuka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya berfikiran gitu lebih aman kursi dengan kaki kayu..jadai keliatan kalo ada sampah

      Delete
  39. mak, liatnya ajaaa taakut bin geli :) jauh2 deh :D

    ReplyDelete
  40. Aku gak suka tikus dan di rumah ibu banyak bener tikusnyaa...bikin ibuku stress

    ReplyDelete
  41. di kosanku juga banyak tikus mbak, tapi kami tak pernah berusaha utnuk menjebaknya dengan alat tertentu, jadi dia melenggang manis di kisan, hiihhi Salah siapa coba..? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, selama tak merusak mungkin gpp ya..

      Delete
  42. Susah juga ngusir tikus. Tikus kayak kecoa punya daya hidup luar biasa hehe

    ReplyDelete
  43. aku suka tikuuus kalau sdh dlm bentuk boneka atau asesoris :))))) plus, aku shio tikus... Ya, memang sayangnya dia lebih banyak membawa penyakit sih kalau dibiarkan bersarang di rumah...
    kalau utk suku Manado, tikus sawah biasanya dijadikan santapan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dalam bentuk bonek saya jg sukaaa si mini mouse :)

      Delete
  44. Terhadap tikus saya selalu usahakan menangkap dalam keadaan hidup dan setelah itu saya pindahkan ke tempat lain yang jauh dari perkampungan atau pekarangan yang luas. Anda betul, tikus juga ciptaan Tuhan dan pasti ada maksud di balik itu semua, ada hikmah di balik itu semua. Terima kasih dan salam dari kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Tapi agak susah pa menangkap hidup-hidup karena lihai banget larinya :(

      Delete
  45. Tikus selalu menggangu tidur malamku, saya berusaha panggil suami jika tikus sudah mengganggu seperti itu dan tangkap setelah itu buang jauuuuhhhh,,,, biar gak kembali lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba , apalagi kalo udah lari2 di atap gurubuk2..anak2 ketakutan

      Delete
  46. klo di rmh ortu biasanya pake perangkap, trus dimasukin ke air biar mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba di rumah ortu sayya juga karena punya kolam..

      Delete
  47. iya bener, tikus tuh biar badannya gede, selalu bisaaa masuk lewat lubang yg kecil doang *saking elastisnya huekss..

    Pake racun tikus sih yg paling ampuh, tapi ya gitu, suka susah nyari bangkainya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya akhirnya untuk tikus besar pake rracun dan sembunyi di sofa :(

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...