Tuesday, February 9, 2016

Dua Jenis Tas Untuk Beberapa Keperluan



Menurut Wikipedia, Tas adalah wadah tertutup yang dapat dibawa bepergian. Tas begitu penting buat manusia karena fungsinya untuk membawa barang sangat bermanfaat. Coba deh kalau kita keluar rumah, di tempat umum hampir semua orang membawa tas dengan berbagai jenis. Sekarang tas didesain dengan berbagai bentuk yang menarik. Selain mendapat fungsinya, orang juga bisa mendapat kepuasan dan kepercayaan diri dari desain tas yang unik.

Menurut Wikipedia (lagi), tas menurut penggunanya ada jenis tas wanita, tas pria, dan tas anak-anak. Menurut bentuk dan ukurannya, ada tas selempang, ransel, tas pesta, beauty case, tas laptop, tas hobo, dan koper. Menurut bahannya, ada tas kertas, tas rajut, tas spunbound, tas plastic, tas berbahan slami, dan tas daur ulang.

Sehari-hari, saya jarang memakai tas saat keluar rumah. Kegiatan saya memang banyak dilakukan di rumah, mengurus keluarga dan menjalani hobi serta kerja sampingan yang menyenangkan dari rumah. Saya baru membawa tas jika harus keluar rumah untuk keperluan cari ilmu, jalan-jalan sama keluarga, ke sekolah anak, ke pasar, atau sesekali mengikuti acara blogger.

Dari beberapa tas yang saya punya, ada dua jenis tas yang paling sering saya pakai saat keluar rumah, yaitu:


messenger bag
  1. Tas Selempang (messanger bag)
Tas ini adalah hadiah mamah mertua sepulang dari menengok anak tertuanya yang tinggal di Singapura. Tas ini sebenarnya talinya ada 2, yang panjang dan yang pendek. Kalau tali pendek dipasang, tas ini jadi hobo bag karena bentuknya jadi setengah lingkaran atau bulan sabit. Saya tidak tahu apakah tepat saya menyebutnya hobo bag, karena biasanya hobo bag ukurannya lebih besar sehingga memuat banyak barang.

Saya lebih suka memasang tali yang panjang sehingga menjadi tas selempang yang melingkar melewati dada dan jatuh di samping. Tas selempang bisa dipakai oleh wanita, pria, anak-anak, tergantung ukuran dan coraknya.

Sebenarnya ada satu lagi tas selempang yang saya punya, namun ukurannya kecil, jadi jarang saya pakai lagi. Tas selempang yang ini ukurannya sedang, bisa memuat beberapa barang yang saya perlukan. Warnanya juga saya suka, ungu. Biasanya, saya pakai saat jalan-jalan sama keluarga, ke sekolah anak, atau pergi ke acara blogger.

messenger bag


Isi tas ini saat saya bawa biasanya berupa dompet, handphone, dan minuman (air putih). Snack untuk anak juga harus selalu ada di tas jika membawa anak. Anak-anak selalu cepat merasa haus dan lapar kalau bepergian. Makanan dan minuman juga kadang bisa membantu saat mereka mulai gelisah karena bosan di perjalanan. Justru mainan yang jarang bawa, tak masalah buat anak-anak. Tapi kalau sudah lupa bawa makanan, suka rada ‘drama’ di perjalanan.

Oh ya, kalau saya pergi ke acara blogger saya juga bawa buku dan pulpen untuk mencatat. Meski sudah ada aplikasi notes di handphone, kadang-kadang saya masih lebih suka mencatat di buku. Saya malah jarang bawa buku bacaan untuk di perjalanan. Entah ya, saya (saat ini) lebih suka baca buku di rumah degan kondisi santai. Kecuali ada buku baru yang saya tidak sempat baca di rumah. Atau, perjalanan yang saya lakukan itu akan ada waktu luang yang banyak, barulah saya bawa buku bacaan dan Alquran. Sama halnya dengan kosmetik, baru saya bawa jika perjalanan memakan waktu lama. Misalnya saat liburan bersama keluarga dan menginap. Sudah tentu harus membawa peralatan perawatan tubuh seperti kosmetik.

  1. Tote Bag
Tote bag adalah tas tangan berukuran besar dan mempunyai ciri khas satu kompartmen utama yang terbuka atau tidak bisa ditutup. Kalaupun bisa ditutup, itu hanya dengan velcro kecil di tengah. Karena cukup luas, bagian luar tote bag ini biasanya dijadikan ‘kanvas’ tersendiri oleh pembuatnya. Jadi, jangan heran kalau kita sering menemui tote bag dengan desain luar yang menarik.

tote bag

Beberapa tote bag yang saya punya berbahan kain, jadi saya lebih familiar menyebutnya dengan tas kain. Tote bag saya dapatkan dari acara blogger yang dihadiri, dari acara kantor suami, dan ada juga online shop yang mengemas barang pesanan saya dengan tote bag. Lumayan, tote bag tersebut bisa saya pakai untuk berbelanja ke pasar. Jadi, barang-barang yang dibeli bisa terlindungi dari mata-mata yang kepo, hehe.

Saya juga menggunakan tote bag ke pengajian yang kadang-kadang saya ikuti di masjid dekat rumah. Alasannya, biar simple aja soalnya tinggal buka saja. Acaranya juga santai, jadi cocok banget pakai tote bag. Biasanya, isi tote bag saya berupa Alquran, kitab Bulughul Maram yang jadi kajian di pengajian, buku catatan dan pulpen, dompet, handphone, minuman dan makanan anak, serta kadang bawa mainan anak kalau diminta. 

tote bag

Itulah dua jenis tas yang sering saya gunakan. Standar banget ya isi tas yang sering saya pakai. Memang dompet dan handphone sudah jadi keperluan standar setiap orang di masa kini, sehingga umum ditemui di tas semua orang. Bagaimana denganmu? Apa isi tas yang sehari-hari kamu pakai? Ceritain juga ya sambil mengikuti Giveaway di blognya mbak Waya Komala bertema “What’s In Your Bag?”.



Sumbere refernsi:




82 comments :

  1. Tiap hari bawa dua tas mbak krn rempong bawaanga bawa makan segala lagi hehhe. Semoga menang ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting barang bawaan aman ya mba :)

      Delete
  2. Aku suka banget tas mbak punya segala macem bentuk tapi tetep tas ransel aja pilihannya kalo pas ngajar jd bawaan masuk.smua

    ReplyDelete
  3. aku biasanya nebeng tas suami, jd klok jln2 gt gk pernh bawak tas, bwak diri aja aku tak sanggup *halah :D

    ReplyDelete
  4. Tote bag juga enak tapi barang-barang harus dijagain baik-baik ya karena ada juga tote bag yang tak ada resleting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba tote bag biasanya cuma dikasih prepet aja

      Delete
  5. Saya juga ga bisa fokus kalau baca buku di perjalanan Mbak. Kadang malah pusing :)

    ReplyDelete
  6. Kalau ibu saya biasanya pakai yang selempang, bu. hehehee. Kalo tote Bag saya juga sering pakai utk bawa buku atau kotak makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya banyak penggemarnya ya kedua jenis tas ini :)

      Delete
  7. tak adakah lipstick, bedak, or even a mirror untuk touch up? hehehe.. woww bekal nya beng beng.. aku suka banget sama beng beng. *dibanding top*. btw good luck GA nya, pasti menang!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, iya mba saya jarang bawa kosmetik :) soka atuh mau disponsori sama beauty blogger mba Asti..?? :D

      Delete
    2. ikut nimbrung ah... saya juga lebih suka beng2 daripada top hehe...
      iya nih gak ada alat tempur kosmetik :)

      Delete
    3. saya kalo pergimya bentar dlam hitungan jam, jarang bawa kosmetik :)

      Delete
  8. Isi tas nya gak jauh beda mak sama punyaku

    ReplyDelete
  9. Saya lebih suka pakai tas selempang daripada tote bag hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih enak karena nempel di badan ya mba kalo ada yg narik kerasa..

      Delete
  10. Saya sebisa mungkin bawa 1 tas, kalau sudah tidak bisa dikompromikan ya terpaksa bawa tote bag juga semperti Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat ya tote bag ini buat bawa printilan

      Delete
  11. Tas kerja saya juga model selempang mbak Kania, lebih praktis ya :)

    Terima kasih info GA mbak, In shaa Allah mau ikutan juga ah :)

    ReplyDelete
  12. sebentar mbak, sepertinya saya gagal fokus. itu tasnya ungu kan? bukan merah bata..? atau yg merah bata tas yg satu lagi ya? yg gak difoto? Duh butuh a*ua nih >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qiqi maaf mba saya yg salah, harusmya ungu..saya lagi mikir sebenarnya suka warna merah bata tp ungu yg seperti itu jg suka.. Nti ya saya edit :D

      Delete
  13. tas selempang itu favorit saya mbak, semua tas jenisnya selempang, ada juga tote bag kalo mau ke arisan atau yasinan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tote bag memang pas kalo acaranya santai ya mba :)

      Delete
  14. Kalo aku yang penting tasnya besar, biasanya sih tas selempang dengan 2 macam tali. soalnya isinya banyak sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama mba..apalagi kpo bawa anak tp sebisa mungkin sy ga bawa berat2 soalnya lama2 pundak suka sakit

      Delete
  15. kalau bawa anak-anak biasanya saya tas double mak, satu tote bag isinya printilan buat anak-anak dari cemilan baju ganti dan sapu tangan. repot tapi kalau bawa segala rasanya aman ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener y, repot tp aman klo bawaan udah lengkap. Pengalaman sy klo mudik suka ada aja lupa bawa sesuatu, misal bedak anak. Jd sungkan minta2 sama sodara :)

      Delete
  16. samaa mba, aku juga lebih nyaman nulis di notes hahaha
    isi tas aku rameeee banget makanya ga suka tas kecil

    ReplyDelete
  17. Sama dgn saya mbak, penyuka tas selempang panjang yang kalo bonceng motor praktis tinggal diselempangin. Aku kalo bawa banyak barang justru prefernya tas ransel lebih bisa blas blus masukinnya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tas ransel malah enak ya lebih aman di punggung karena seimbang bebannya

      Delete
  18. kalau saya sih lebih suka tas selempang yang gede mbak hehe

    ReplyDelete
  19. Tas favoritku tas ransel mbak...soalnya nyaman, trus muat banyak. Soalnya kadang bawa ganti baju juga buat anak. Jarang sekali make tas cewek yang ditaruh di pundak itu..paling klo ke nikahan ato acara formal aja...sekedar buat naruh sovenir. Isi tas juga standar, handpone sama dompet... Sama cemilan anak juga :-)

    ReplyDelete
  20. perempuan dan tas memang tidak bisa dipisahkan ya.. sy termasuk yang suka tas bahu karena tidak repot ditenteng..

    ReplyDelete
  21. Aaaa.... Saya juga punya tote bag yg dari Sarihusada itu, Mbak. Suka dengan bentuk dan gambarnya yg simpel. Kalau saya biasa bawanya pas jalan2 di deket rumah, ke taman atau ke alun2 gitu :)

    ReplyDelete
  22. saya juga suka tas selempang Mbak Kania :)
    hampir semua tas saya pasti ada tali panjangnya :)

    ReplyDelete
  23. Saya geli sendiri baca judul GA-nya, Mbak .... langsung saya jawab "Mau tau aja." Hihihi. Tapi lucu juga GA-nya nih. Siapa tahu bisa ikutan :D

    Sukses, ya Mbak Kania.

    ReplyDelete
  24. tas selempang yg paling enak, sama ransel deh... Kl tote bag banyakan gak ada resleting jadi saya males bawa... moga2 menang GA-nya ya

    ReplyDelete
  25. aku juga penyuka tas mbak, sampai pernah kalap beli tas, ujung ujungnya malah gak kepake, hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mba, makanya saya jarang beli kalo butuh aja. giliran udah beli ada aja yg ngasih :)

      Delete
  26. KOk isinya bisa ringkas ya? Padahal aku nggak ngurusin bawaan anak2 lagi kok byk banget isinya. Kebanyakan isinya kertas wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..saya usahakan seringkas mungkin karena biasanya perginya jarak dekt

      Delete
  27. naaah..aku pun penggemar tas mak..walaupun sudah diprotes sana-sini masiiiih aja beli banyak tas hehehe

    ReplyDelete
  28. Aku kemana-mana selalu bawa tas selempang. Nyaman aja gitu. Tapi, aku bukan kolektor. Aku cuma punya 2 sekarang. Walopun ukurannya kecil. Isinya segala ada. Dari notes kecil, sampe diapers anak. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga ada 2 tas selempanv 1 kecil 1 besar:)

      Delete
  29. aku sekalian bawa ransel wkwkwk

    ReplyDelete
  30. Kalau saya cuma punya tas ransel aja.. Pengen tas kecil sih yang bisa buat tempat tablet, tapi tabletnya belum punya

    ReplyDelete
  31. saya jg klo pergi deket mah pake tote bag aja

    ReplyDelete
  32. tote bag alias tas karung itu favoritku mak

    ReplyDelete
  33. isi tas aku cuma dua yg inti itu aja mbak, handphone sama dompet hahha lebih simple lagi yak :v

    ReplyDelete
  34. Aku ke mana-mana bawa satu tas aja sih. Kalo yang perjalanan jauh, pakai tas ransel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjalanan jauh sih bed alagi pasti lebih banyak

      Delete
  35. blognya sdh kufolow juga ya mb
    keren ni mb banyak sekali blognya :)
    gimana bagi waktunya

    ReplyDelete
  36. Lucu ih hobo bag nya.. ungu dan nyentrik :D

    ReplyDelete
  37. Satu tas aja udah rempong, gimana bawa 2 tas mbak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqi, iya emang tapi kalo ada anak bawaannya emang bisa banyak mba

      Delete
  38. Tasnya kecee. Suka dengan warna ungunya.
    Btw, makasih udah ikutan ya, senang bisa tau isi tasnya ;D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...