Tuesday, March 8, 2016

Menyambut Gerhana Matahari 9 Maret 2016



gerhana matahari 9 Maret 2016

Besok tanggal 9 Maret 2016 akan terjadi fenomena alam yang sangat langka yang dinanti-nanti banyak orang, yaitu gerhana matahari. Termasuk anak saya yang duduk di kelas 3 SD pun antusias menyambut gerhana matahari. Selain karena di sekolah sudah disosialisasikan, kegembiraannya juga juga karena gerhana bertepatan dengan libur nasional. Horeee, libur! *ups.

Beberapa kali saat pulang sekolah dia bertanya apa itu gerhana matahari. Saya pun berusaha menjelaskan apa itu gerhana dalam bahasa yang dia mengerti. Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan diantara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Agar lebih jelas, saya perlihatkan proses terjadinya gerhana matahari melalui channel youtube.

Gerhana Matahari Total (GMT) akan melewati 12 provinsi di Indonesia yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Wilayah Indonesia yang lain selain 12 provinsi tersebut hanya akan melihat gerhana matahari sebagian (GMS). 

www.wikipedia.org

“Mi, kok kata temen kakak kalau lagi gerhana matahari gak boleh keluar rumah?” Tanya anak saya. “Boleh aja, oh mungkin karena gerhana matahari besok bertepatan dengan Hari Raya Nyepi” Jawab saya.

Ya, gerhana matahari 9 Maret 2016 bertepatan dengan hari libur nasional yaitu Hari Raya Nyepi. Pada hari Raya Nyepi, biasanya umat Hindu memang tidak banyak menjalankan aktivitas. Mereka tidak boleh melakukan hal-hal seperti Amati geni (tidak menyalakan api termasuk memasak), Amati karya (tidak bekerja), Amati lelungan (tidak bepergian), dan Amati lelanguan (tidak mencari hiburan).

Bali merupakan provinsi yang penduduknya banyak menganut agama Hindu. Menurut berita  gerhana matahari 2016 sindonews, Bali akan dilintasi Gerhana Matahari Sebagian sekitar 2 jam 19 menit 33,3 detik. Waah, cukup lama juga ya. Gerhana matahari sebagian akan terjadi pada pukul 07.42 WITA hingga 9.42 WITA dengan presentasi gerhana matahari sekitar 80-85 %. Oleh karena gerhana matahari bertepatan dengan hari Raya Nyepi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bali menghimbau penduduk muslim Bali yang akan melaksanakan shalat gerhana untuk tidak memakai pengeras suara dan dilaksanakan di masjid masing-masing.

Bagi umat Islam, melaksanakan shalat gerhana saat terjadi gerhana matahari atau bulan memang sunnah, artinya tidak diwajibkan. Namun karena fenomena alam ini langka (gerhana matahari total melintasi Indonesia setiap 33 tahun sekali), banyak orang yang menanti dan menyambutnya. Beberapa masjid di sekitar rumah saya akan mengadakan shalat gerhana matahari berjamaah.

Sindonews

Selain melaksanakan shalat gerhana, umat Islam juga dianjurkan untuk berdoa, bertakbir, dan bersedekah. Tatacara shalat gerhana sendiri bisa kita baca dalam hadist Nabi SAW berikut ini.
Dari Aisyah, beliau menuturkan bahwa gerhana matahari pernah terjadi pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lantas beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bangkit dan mengimami manusia dan beliau memanjangkan berdiri. Kemuadian beliau ruku’ dan memperpanjang ruku’nya. Kemudian beliau berdiri lagi dan memperpanjang berdiri tersebut namun lebih singkat dari berdiri yang sebelumnya. Kemudian beliau ruku’ kembali dan memperpanjang ruku’ tersebut namun lebih singkat dari ruku’ yang sebelumnya. Kemudian beliau sujud dan memperpanjang sujud tersebut. Pada raka’at berikutnya, beliau mengerjakannya seperti raka’at pertama. Lantas beliau beranjak (usai mengerjakan shalat tadi), sedangkan matahari telah nampak.Setelah itu beliau berkhotbah di hadapan orang banyak, beliau memuji dan menyanjung Allah, kemudian bersabda,”Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”

Berita gerhana matahari 2016 sindonews juga diiringi berita tentang cuaca. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jabodetabek pada pagi hari ini berawan dan akan turun hujan di siang dan malam hari. Mudah-mudahan besok hari sebaliknya, cuaca akan cerah sehingga semua orang bisa menyambut gerhana matahari 9 Maret 2016. 

Bagaimana dengan anda, teman? Apa yang akan teman lakukan untuk menyambut gerhana matahari besok? Jangan lupa berdoa untuk kebaikan negeri kita ya.

46 comments :

  1. Sholat gerhana, perbanyak dzikirz bersedekah, memohon ampunan..

    Nice postingan Mba. Mengingatkan kembali :')

    @cutdekayi

    ReplyDelete
  2. Gerhana harusnya jd salah satu waktu utk menegakkan sunnah ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, apalag jarang2 nih gerhananya :)

      Delete
  3. Tadi pagi sudah ada edaran dari takmir kalau besok jam 7 pagi akan diadakan sholat gerhana di masjid kami mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mesjid deket rumah saya juga mba :)

      Delete
  4. Insha Allah besok ikut shalat gerhana di masjid
    Tahun 1983 juga terjadi total eclipse. Saat itu saya tengah dalam perjalanan menuju Arizona untuk mengikuti pendidikan.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw, th 83 saya masih batita pakde ><

      Delete
  5. wah keren, cara menjawab ke anak-anak sangat logis
    salam sehat dan sukses mbak

    ReplyDelete
  6. Terima kasih mbak.. lengkap sekaliii.. berasa siap menyambut gerhana deh hehehe oke salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  7. nice mas.. jarang artikel ajakan untuk sholat gerhana. lebih terpukau pada wisata gerhana.

    ReplyDelete
  8. selalu deg-degan kalo ada fenomena alam. deg-degan positif tapi.

    ReplyDelete
  9. selalu deg-degan kalo ada fenomena alam. deg-degan positif tapi.

    ReplyDelete
  10. Salam kenal Mbak, tadi sudah ambo share artikelnya di FB terima kasiih ya.

    ReplyDelete
  11. fenomena langka memang ini ya mbak :)

    ReplyDelete
  12. Di tempatku kayaknya gak ada salat gerhana berjamaah nih.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah mengalami GMT waktu kecil, waktu itu ngak boleh keluar rumah. Kalo sekarang orang2 malah heboh mmenyambut gerhana. Semoga tidak lupa untuk sholat gerhana ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ga inget mba, th 83 sy masih 3 taun

      Delete
  14. Di Malang juga sebagian masjid rata2 melakukan shalat gerhana, Mbak :D

    ReplyDelete
  15. sayangnya tadi ketiduran habis sholat shubuh :(

    ReplyDelete
  16. Sibuk rawat anak sakit jadi gak ikutan shalat :(

    ReplyDelete
  17. saya kemarin shalat gerhana di masjid, sebelum dan sesudah shalat jga memotret seadanya dengan smartphone :)

    ReplyDelete
  18. Aku ga liat proses gerhananya, cuma kepoin sosmed.Shalat gerhananya di tempatku baru selesai jam 07.40. Iya nih momen langka, ya. Baru bisa kita saksikan 30 tahun lagi kalau ga salah

    ReplyDelete
  19. Yang bikin bingung itu kok orang2 pada heboh pengen selfie, wefie. Padahal jaman Rasulullah dulu aja, Rasul takut dan bersembunyi. Tanya kenapa?

    ReplyDelete
  20. gerhana matahari kemaren, masyaallah indah sekali. fenomena alam yang langka.

    ReplyDelete
  21. gerhana matahari 9 maret yang lalu, nungguin anak operasi pengambilan platina tetap bersyukur diberi kesempatan oleh Allah. pengalaman gerhana matahari 2 kali. tahun 1983 dan tahun ini.

    ReplyDelete
  22. menarik. Menyaksikan fenomena alam sambil belajar bersama buah hati

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...