Wednesday, April 6, 2016

Lakukan Cara Ini Agar Biaya Umroh dan Haji Dapat Tercapai



biaya umroh dan haji


Melaksanakan ibadah suci di tanah suci Mekah dan Madinah merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh hampir sebagian besar umat Islam. Baik haji ataupun ibadah umroh ingin dilakukan tidak hanya sebagai kewajiban dan sunnah namun juga untuk meningkatkan keimanan sehingga menjadi pribadi yang lebih baik. Akan tetapi, salah satu kendala terbesar adalah biaya yang harus dibayarkan. Biaya umroh dan haji cukup besar karena digunakan juga untuk berbagai macam keperluan seperti transportasi, penginapan dan makanan.

Untuk dapat mencakup seluruh biaya yang diperlukan yang kian tahun kian meningkat ini, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama adalah dengan cara menabung. Saat ini banyak perbankan syariah yang menawarkan kepada Anda, terutama nasabahnya untuk menggunakan produk tabungan yang diperuntukkan sebagai simpanan untuk keperluan umroh dan haji. Jika biaya tersebut telah mencapai jumlah yang ditentukan, Anda dapat segera mendaftar untuk ibadah ke tanah suci tersebut. Setiap bank memiliki peraturan yang berbeda sehingga perhatikan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menabung di bank tertentu.


Ketika Anda menabung di bank untuk mengumpulkan biaya umroh dan haji yang jumlahnya cukup besar, Anda sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu, misalnya dengan orang yang ahli dalam masalah keuangan atau dalam pelaksanaan ibadah ke tanah suci tersebut. Jika tidak, maka sebaiknya gunakan asumsi atau perkiraan. Sebagian orang menggunakan asumsi akan terjadinya kenaikan biaya sebesar 10% per tahun untuk melaksanakan ibadah umroh ataupun haji. Dengan asumsi tersebut, Anda dapat memperkirakan berapa jumlah yang sebaiknya ditabung per bulannya dan biaya untuk keperluan sehari-hari.

biaya haji dan umroh
sumber

Kedua adalah dengan melakukan investasi. Saat ini banyak jenis investasi yang dapat dipilih, misalnya investasi emas atau reksadana ataupun deposito. Investasi jangka panjang ini dapat berguna terutama jika Anda sudah tidak memiliki biaya untuk melaksanakan umroh dan haji. Akan tetapi, untuk keperluan membayar biaya ibadah ke tanah suci tersebut, sebaiknya pilih investasi yang pasti dan beresiko kecil dan yang termasuk investasi jangka menengah hingga panjang. Jika Anda mengambil yang terlalu beresiko seperti investasi saham, kemungkinan Anda gagal untuk menjalankan umroh ataupun haji semakin meningkat.

Jika Anda sudah menentukan cara untuk mendapatkan biaya yang digunakan untuk umroh dan haji, pilih cara yang tepat untuk melaksanakan ibadah tersebut. Misalnya untuk haji, terdapat 2 jenis yaitu:

  • Haji regular yang pendaftarannya harus mengantri terlebih dahulu dan mendaftar ke pemerintah. Haji jenis ini memiliki biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan haji khusus.
  • Haji khusus menggunakan pihak swasta seperti agen travel dan biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal dibandingkan ONH regular.

Sedangkan untuk umroh, terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih, yaitu dengan umroh regular atau paket umroh yang disediakan oleh travel penyedia dan umroh plus. Bedanya, umroh plus memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan umroh biasa karena paket tersebut memungkinkan jamaahnya untuk dapat melakukan perjalanan di tempat yang telah ditentukan misalnya di Turki. Anda harus jeli memilih jasa travel sehingga tidak tertipu dan menyebabkan Anda tidak dapat berangkat, misalnya pilih travel yang telah terdaftar di Kementrian Agama. Namun, walaupun biaya umroh dan haji tergolong cukup mahal, Anda juga harus memikirkan mengenai uang saku yang diperlukan sehingga dapat Anda gunakan sewaktu-waktu ketika Anda di tanah suci.

40 comments :

  1. pgn bgd ke tanah suci. tp la ya itu, gk nabung2 bwt pergi ke sana. makasih reminder dan tipsnya ya mbk nia

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya mbak atas tipsnya, mudah2han saya bisa nabung dan bisa pergi ke tanah suci .. aminn

    ReplyDelete
  3. boleh juga nih, mudah-mudahan kita semua bisa ke tanah suci

    ReplyDelete
  4. Pengen juga ke sana, tapi nabung dlu

    ReplyDelete
  5. aamiin, doain ya Mba selagi usia masih muda

    ReplyDelete
  6. Semoga saya bisa berziarah ke tanah suci. Mohon doanya, ya, Bund. :)

    ReplyDelete
  7. Semoga saya juga segera cepat nyusul para haji/hajah di sana.. aamiin ^^

    ReplyDelete
  8. duh belum bisa kesana, semoga segera aamiin :)

    ReplyDelete
  9. semoga saja bisa terwujud cita - cita untuk pergi kesana. Aamiin

    ReplyDelete
  10. Insya Allah. Amin. Tapi satu lagi makk, konsultasi dengan teman dan saudara yang hobby naik haji dan hobby umroh juga biar dapet tips tips nya, dan harus melakukan apa..

    ReplyDelete
  11. jadi pengen juga umroh dan haji

    ReplyDelete
  12. Tempat/ibadah impian hampir seluruh Muslim.. semoga kita semua dimudahkan menginjakkan kaki ke Tanah Suci.. aamiin

    ReplyDelete
  13. semoga saya pun bisa segera mengunjungi rumah-Nya..

    ReplyDelete
  14. Semoga kita semua bisa kesana

    ReplyDelete
  15. semoga Allah memudah kan jalan kesana..aamiin..

    ReplyDelete
  16. Hmm saya jadi termotipasi nih untuk memberangkatkan orang tua saya untuk pergi ke tanah suci dan semoga mimpi saya bisa terkabul, amin.

    ReplyDelete
  17. harus dari sekarang daftarnya ya mbak kalau haji reguler sambil nunggu kuota sambil nabung kekkurangan

    ReplyDelete
  18. selalu berniat pengen ke sana, moga terlaksana, amiin..

    ReplyDelete
  19. Tips yang penting ini. Makasih banyak ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  20. semoga suatu saat, saya dan keluarga bisa kesana, amin..

    ReplyDelete
  21. Keinginan naik haji atau umroh memang harapan hampir semua umat islam ya mba. Saya dan keluarga juga berharap begitu. Semoga bisa dimudahkan sampai bisa ke tanah suci untuk kita semua. Amin

    ReplyDelete
  22. Mekah, Madinah, muadzin merdu, bacaan surat yang fasih, waah banyak hak terbayang saat menggauntungkan doa agar bisa ke tanah suci mba
    Semoga aku dikaruniai kesempatan

    ReplyDelete
  23. penting banget nih. Masih dalam doa dan usaha untuk kesana mbak. Doakan.

    ReplyDelete
  24. terimakasih ilmunya, jadi pengen kesana semoga diberi umur dan rejeki untuk bisa beribadah disana

    ReplyDelete
  25. Selamat ya buat Kania Ningsih yang udah kepilih jadi BOTM. Maap Bunda jarang online jadi baru liat hari ini, hehe...telat banget ya. Gapapa better late than never.

    ReplyDelete
  26. Moga bisa kesana secepatnya kita ksana ya mba.amiin..

    ReplyDelete
  27. Iya ya mbak, bahkan ONH plus saja ngantri pemberangkatannya.
    Yg onh reguler saat hampir 20 tahun antriannya, utk beberapa daerah.

    ReplyDelete
  28. Tanah suci selalu jadi dambaan. semoga bisa ke sana. Amin. Saya juga sedang membahas tentang tanah suci ini mbak

    ReplyDelete
  29. Bismillah, semoga 5 tahun yang akan datang saya dapat berhaji

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...