Thursday, April 21, 2016

Akhirnya...Punya Mini Router (MiFi) Smartfren Andromax M2P 4G LTE!



smartfren andromax 4G LTE

Sebelumnya, saya katakan bahwa saya tidak punya pengetahuan mumpuni di bidang per-gadget-an. Saya juga masih belajar dunia bblogging. Jadi, mohon maaf kalo ada kesalahan penulisan istilah gadget dan blogging dalam tulisan ini. Review ini saya tulis karena saya lagi suka aja dengan MiFi Smartfren Andromax dan merasakan manfaatnya.

Awal ceritanya begini..

Suatu hari, saya mengunjungi sebuah event pre-launch aplikasi kesehatan di sebuah cafĂ© di Jakarta sebagai blogger yang akan ikut menginformasikan aplikasi tersebut ke masyarakat. Sebelumnya, saya sudah mencaritahu bahwa di tempat tersebut ada fasilitas wifi. Mm, aman deh, pikir saya. Saya gak usah beli paket internet. 

Blogger yang diundang memang biasanya diminta untuk melakukan live tweet tentang acara tersebut. Tujuannya ya biar masyarakat tahu adanya acara yang sedang berlangsung. Terlebih, biasanya live tweet dilombakan agar para buzzer lebih bersemangat melakukan tweet. Tapi biasanya ada lomba live tweet atau tidak, saya tetap melakukan postingan media sosial. Keuntungannya bukan buat pengundang saja sih menurut saya. Tapi untuk saya juga sebagai pengguna sosial media. Saya mendapat berita yang bisa diinformasikan ke masyarakat. Keaktifan di media sosial juga kalau tak salah bisa menaikkan Klout Score seorang blogger, dimana biasanya brand melihat score tersebut sebagai salah satu pertimbangan untuk bekerjasama dengan seorang blogger.

Saya pun memasukkan password wifi yang terpampang di dekat kasir. Eh, tapi kok tak terhubung ya. Ternyata, wifi-nya sedang rusak, teman! Seorang teman blogger, Leyla Hana, yang barengan dengan saya datang ke acara tersebut menyarankan saya menggunakan Mifi Smartfren Andromax M2P 4G LTE karena ia pun memakainya. Ah, namanya MiFi aja saya baru denger. Emak gaptek!

smartfren andromax M2P 4G LTE


Di acara blogger lainnya, masalah saya selalu sama, koneksi internet yang tak bersahabat. Kadang paket internet di smartphone saya yang on off, kadang wifi di tempat acara yang bermasalah.

Sejak pertamakali Leyla bilang tentang MiFi Smatfren Andromax, sebenarnya sudah terpikirkan untuk membeli. Ketika ada rejeki dari ngeblog, saya pun langsung membeli MiFi Smarfren Andromax 4G LTE di blibli.com seharga 295 ribu (normalnya 299 ribu). Beberapa hari setelah pesan, barang sampai di rumah dengan baik. Saya tak langsung memakainya. Perlu waktu lama dan berulang-ulang bagi saya membaca petunjuk pemasangan di buku panduan, rrrgh.

Satu paket MiFi Andromax Smartfren berisi sebuah mini router, charger, kartu smartfren, paket internet 1,5 GB dan berbagai panduan. Karena agak membingungkan mengikuti buku panduan, saya cari-cari referensi lain lewat berbagai review MiFi Smartfren Andromax di youtube. Kira-kira, begini cara menghubungkan internet dari MiFi dengan smartphone.

  1. Pasang baterai dan kartu pada mini router. Jangan lupa catat wifi key yang tertera di dalam mini router sebagai password yang akan kita gunakan untuk menghubungkan jaringan internet.
  2. Tekan tombol yang ada di mini router sampai lampu hijau menyala. Kalau nggak menyala, berarti mini router-nya perlu dicharger dulu.
  3. Cari jaringan wifi di smartphone dan ketikkan password dengan wifi key yang sudah kita catat.
  4. Browser akan otomatis terbuka dan menampilkan web smartfren. Masukkan data yang dibutuhkan, biasanya Kode Outlet dan PUK. kode outlet diberikan ketika kita membeli MiFi Smartfren Andromax. Kode PUK terdapat di box. isi data lainnya yang diperlukan seperti email, nomor smartfren, dan lainnya.
Internet sudah bisa langsung dipake loh. Saya sudah 2 kali menggunakannya saat keluar rumah, pagi sekitar jam 8-9 dan malam jam 7-8. Ya, karena kalau di rumah sudah ada fasilitas wifi, kebetulan suami juga pekerjaannya butuh koneksi internet. Biasanya saya pakai saat harus nunggu kegiatan berenang anak di sekolah atau les ngaji anak, soalnya anak yang kecil masih belum mau ditinggal untuk 2 kegiatan ini. Kalau tak ada teman mengobrol, saya manfaatkan untuk blogwalking atau baca-baca informasi yang diperlukan di internet.

cek kuota dan beli paket bisa dilakuukan di www.smartfren.com

Sejauh ini lancar banget, wuss wuss aja kaya wifi di rumah. Mungkin akan berbeda efeknya di tempat lain tergantung ketersediaan jaringan. Karena saya juga pernah dengar teman yang lain malah kurang bagus koneksi internetnya menggunakan perangkat yang sama. Oh ya, kalau saya mau cek kuota dan pulsa, saya login dulu ke www.smartfren.com menggunakan email dan password yang diberikan smartfren melalui email. Di web smartfren juga kita bisa beli paket internet yang dibutuhkan.

Biasanya, kalau saya mudik lebaran, ngeblognya ikut libur karena selain sibuk kangen-kangenan juga koneksi internet terbatas. Rasanya sih, mudik kali ini sayya akan tetap bisa update blog deh! :)

23 comments :

  1. sip2...makasih ya mak infonya

    ReplyDelete
  2. Makin rajin ngeblog lah sekarang ya

    ReplyDelete
  3. Wah kenceng banget kyknya ya, jd penasaran ma produk ini :D

    ReplyDelete
  4. Hmm sepertinya okeh juga nih.
    Muantappp infonya terima kasih.

    ReplyDelete
  5. Wah sepertinya boleh juga tuh Mak. Bener nih kalau pulkam sinyal agak susah. Hihi. jadi terinspirasi. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, apalagi biasanya lama mudiknya

      Delete
  6. Waaaah harganya terjangkau ya Mbak, jadi pengen beli juga nihhh. Hihihi. Imut gitu lagi ya bentunya, jadi gampang dibawa-bawa. Hehehe. Makasi infonya ya Mbaaaak :)

    ReplyDelete
  7. Iya ya mbak, paling sebel kalo event disuruh live tweet atau share picture di sosmed tapi ga disediain WiFi. Piye toh?!
    Aku sih masih pake paket data provider mbak, males nanya2in password WiFi. Soalnya sekalinya bisa konek eh lama banget karena dipake rame2 :(
    Hm... Kepengen deh punya router ini

    ReplyDelete
  8. duuh MiFi baca ulasannya jadi kepingin dan sepertinya cukup dibutuhkan bagi seorang blogger ya

    ReplyDelete
  9. pengen punya juga saya mbak ....nabung dulu atau kejar kuis yang berhadiah gadget keren ini dah :D

    ReplyDelete
  10. Wah makin semangat dong ngeblognya dan makin rajin nih blogwalkingnya mbak.

    ReplyDelete
  11. semakin lancar yo Mbak, aktifitas menggunakan internet di luar rumah.

    ReplyDelete
  12. Makasih info dan shringnya mak...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...