Wednesday, April 20, 2016

Mugniar, Ibu Rumah Tangga Dengan Banyak Prestasi



mugniar

Menempuh pendidikan tinggi lalu akhirnya menjadi ibu rumah tangga, pernahkah kamu mendapat penilaian yang menyayangkan? Setidaknya itu yang pernah dialami Mugniar, seorang ibu rumah tangga dengan 3 anak lulusan Teknik Elektro UNHAS. Seorang bapak professor menyayangkan Mbak Mugniar yang di rumah saja. Padahal ketika beliau berbincang dengan Mbak Mugniar tentang kearifan local, Mbak Mugniar bisa menanggapi dan mengikuti alur logikanya.

Seseorang yang baru kenal Mbak Mugniar, mungkin tak akan menyangka jika di balik kegiatannya sebagai ibu rumah tangga, beliau memiliki banyak prestasi. Makassar Terkini dot com memberikan apresiasi kepada Mbak Mugniar sebagai salah satu dari 10 Perempuan Paling Berpengaruh di Sulawesi Selatan. Dikatakan oleh situs berita online tersebut dalam kalimat pembukanya:

“Mugniar Marakarma mampu merubah cara pandang banyak orang tentang seorang ibu rumah tangga. Mugniar telah menginspirasi banyak orang utamanya ibu rumah tangga untuk juga terlibat dan aktif dalam dunia blogging yang masih asing ditelinga banyak orang.”


mugniar


Mbak Mugniar sempat tak percaya bahwa ia menerima apresiasi tersebut, karena ia baru mulai rutin menulis sejak tahun 2011 di usia 37 tahun. Apresiasi tersebut sangat berharga bagi Mbak Mugniar, sekaligus pengakuan bahwa ibu rumah tangga tanpa embel-embel apapun bisa melakukan sesuatu dari rumahnya melalui menulis. Hal kecil saja tapi bisa bermanfaat, buat diri sendiri dan orang lain.

Mbak Mugniar memiliki mengelola 4 blog. Salah satu blog Mbak Mugniar adalah www.mugniar.com yang penampilan blognya adem dengan nuansa hijau. Mbak Mugniar merupakan pengurus Be A Writer Makassar dan Ketua Presidium Korwil IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar. Mbak Mugniar juga tergabung dengan beberapa grup menulis dan komunitas blogger seperti Anging Mammiri, Saronde, Warung Blogger, Bloofers, Blog Camp, Blogger Nusantara, Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan, Blogger Muslimah, Blogger Reporter Indonesia, Orange Blogger, Kelas Blogger, Blogger Viva, dan Blogger Kompasiana Makassar.

Mbak Mugniar sudah mengikuti banyak pelatihan menulis dan menerbitkan buku baik solo maupun antologi. Selain di blog pribadi, tulisan Mbak Mugniar juga tersebar di berbagai media baik cetak maupun online. Berbagai lomba dimenangkan dan penghargaan telah diraihnya, antara lain Emak of The Month Desember 2013 KEB (Kumpulan Emak Blogger), Srikandi Blogger Pavorit 2014 KEB, dan sebagainya.
mugniar
Mbak Mugniar berkerudung putih hitam

Mbak Mugniar juga seringkali diundang sebagai pembicara dan diliput oleh televisi. Baru-baru ini Mbak Mugniar dan komunitas IIDN Makassar diliput oleh TV nasional yaitu Metro TV. Mbak Mugniar juga diundang oleh jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin menjadi salah satu nara sumber pada pembuatan film documenter yang akan menjadi satu bagian kecil pada Seminar Internasional bertajuk "Kartini di Zaman Baru: Refleksi tentang Perempuan Indonesia Masa Kini". 

Saya banyak belajar dari Blogger Makassar ini, bahwa menjadi ibu rumah tangga pun bisa tetap berprestasi dan mengikuti perkembangan dunia terkini. Seorang ibu yang akan mendidik anaknya tentu harus punya pengetahuan yang luas bukan? 

Saya juga belajar dari Mbak Mugniar bagaimana menghadapi dan mendampingi anak lewat berbagai tulisan parenting di blognya. Misalnya saja saat Mbak Mugniar mendisiplinkan anaknya Athifa untuk tidak main ke rumah teman sebelum makan, shalat dan tidur siang. Athifah sempat menangis karena ia akhirnyay tidak bisa main ke rumah teman. Untuk membuat anak disiplin, orangtua memang harus ‘tega’ demi kebaikan anak. Saya masih belajar tentang hal itu.

Mau kenalan dengan Mbak Mugniar dan mengenalnya lebih dekat, silahkan kunjungi blognya di www.mugniar.com. 

58 comments :

  1. mbak Mugniar ini aktif luar biasa ya Mbak Kamia. Rasanya pengen ikut jejaknya. Jadi, semakin terbukti, ibu-ibu yang rela tidak kerja walau berijazah sarjana, tidak akan sia-sia bila bisa mempergunakan waktu dan ilmunya walau hanya dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, luar biasa, tulisannya juga berbobot, ga sekedar curhatan kaya saya :p

      Delete
    2. Menjadi ibu rumah tangga berprestasi kayak mba Mugniar tentunya sangat membanggakan ya Mba.. Pengen kayak beliau berkarya dari rumah dan menghasilkan..sementara uusan keluarga dan rumahtangga juga bisa dihandle dari rumah..keren deh..

      Delete
  2. Sepakat, prestasi nya banyak dan aktif di kegiatan sosial.
    Salut sama Mba Mugniar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita sama-sama belajar dr Mbak Mugniar y mba, belajar meniru semangatnya

      Delete
  3. Ahhh iya berarti Mba Mugniar orangnya! Dulu ayi pernah baca postingan blognya tentang perempuan yang berpengaruh di makassar. Dan memang mba mugniar ini semangatnya luar biasa ya mba kania. Mba Mughniar tidak putus asa, menjadi IRT membuat sosoknya menginspirasi dan tetap bisa unjuk diri, kalo 'meskipun aku IRT, aku bisa berprestasi.' subhanallah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya, dulu ayi dah baca postingnnya trus lupa apakah mba mughniar orang yg berprestasi tsb atau bukan.. Gitu :'D

      Delete
  4. Wih punya 4 blog tetapi tetap konsisten menulis ya Mbak Mugniar ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yuk semangat juga *menyemangati diri

      Delete
  5. Waaahhh... jadi makintau dan jadi makin amazed sama emak satu ituuuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca satu demi satu tulisan d blognya makin amazed deh mba :)

      Delete
  6. Hebat banget ya pnya empat blog dan aktif nulisnya. Dedikasinya patut di acungi jempol ya mak

    ReplyDelete
  7. Wah memang luar biasanya sangat hebat sekali.

    ReplyDelete
  8. sungguh luarbiasa wanita zaman sekarang, wanita juga banyak yang berhasil dan banyak memberikan karya nyata

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Wah mba mildaini ternnyata sudah kenal dgn mbak Mugniar y

      Delete
  10. Kak Niar ini kereeen sekaliii... :-)

    ReplyDelete
  11. mba mugniar ini produktif dan sucessfull woman banget deh, kagum banget saya sama karya2 dan prestasi yang dijabarkan disini.

    https://elisamonic.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, produktif. Hayu kita tiru semangatnya

      Delete
  12. mbak niar ini semangat banget nulisnya, kagum ih
    mbak nia juga keren... selamat ya mbak blog of the month nyaa :D

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka baca tulisan+tulisan mba Niar. Bagus. Mba Niar juga rajin bw walaupun sudah senior. Hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ayo kita tiru semangatnya mbak Niar

      Delete
  14. Nitip 4 jempol buat mbak mugniar...hebat ya mbak!

    ReplyDelete
  15. Mbak Niar selain berprestasi juga baik, mbak Kania. Meskipun sudah jadi blogger ternama tapi tidak sombong dan masih mau BW ke blog saya yang ecek-ecek ini. Pokoknya TOP buat mbak Niar dan semoga selalu sukses, untuk mbak Kania juga :)

    ReplyDelete
  16. baru mengenal nama mbak mugniar nihh
    hhee
    jadi penasaran buat ke rumah mayanya hhee

    ReplyDelete
  17. herbat banget udah jadi ibu rumah tangga tapi ttp banyak perstasi

    ReplyDelete
  18. Betul banget mba Kania. Prestasinya segudang. Benar-benar mba Mugniar mengubah paradigma bahwa seorang Ibu Rumah Tangga itu bisa berprestasi dengan caranya masing-masing. Menginspirasi sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, banyak cara untuk menujukan prestsi

      Delete
  19. Aduh pengen kayak mb Mugniar yg bisa mengelola banyak blog. Dua aja saya udh jumpalitan. Konsen ke satu blog yg satunya jd tercuekin. Eh kok jadi curhat ke mb Kania nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sam mba saya juga blognya sebagian terbengkalai

      Delete
  20. Aku saluut sama mba Mugniar. Menginspirasi, punya banyak kesibukan, tapi tetap humble. Sering di-BW-in balik sama mba Mugniar :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa meniru kebaikannya ya mba :)

      Delete
  21. saya dulu sempet nggak pede mau nulis, takut EYD-nya keliru, nggak berbobot, cuma curhat belaka. Tapi belajar dari mak mugniar saya jadi semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe sekarang saya juga masih banyak curhatnya mba hehe

      Delete
  22. Mba Niar sudah membuktikan ya, bahwa Ibu Rumah Tangga juga bisa menebar inspirasi melalui tulisan.

    ReplyDelete
  23. prestasi beliau banyak, tapi nggak sombong itulah kerennya beliau :D

    ayo kita bersemangat untuk bisa menjadi lebih baik lagi Kak Kania :D

    ReplyDelete
  24. Awal ngeblog saya tanpa pelatihan menulis, Mbak Kania. itulah asyiknya ngeblog. Menulis pun sebenarnya, ya tidak perlu melaui pelatihan. Menulis saja. Pelatihan menulis, alhamdulillah saya dapatkan semuanya gratis ... setelah ngeblog beberapa lama. Alhamdulillah berkah ngeblog :)

    Mudah2an kita bisa terus menulis sapai tidak bisa menulis lagi ya Mbak Kania. Terima kasih apresiasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berfikir begitu mba, mudah2an bisa terus menulis, memperbaiki tulisan dan berharap bermanfaat :)

      Delete
  25. Prestasinya banyak bangeeeettt. Salut dengan kalian, Kak Niar, Mba Kania. Para ibu yang konsisten berbagi dan menginspirasi. Semoga aku bisa seperti kalian :')

    ReplyDelete
  26. Wah, ngga nyangka kalau mbak mughniar masuk 10 besar perempuan berpengaruh di Sulawesi Selatan. Hebat!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...