Wednesday, May 11, 2016

6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Ipeh Alena



ipeh alena

Ipeh Alena adalah nama pena dari seorang blogger perempuan asal Bekasi. Saya mengenalnya di berbagai komunitas blogger yang kami ikuti. Saya memang mengenalnya hanya sebatas di dunia maya lewat interaksi di blog (semoga kita bisa bertemu dan ngobrol suatu hari nanti ya mba Ipeh). Namun saya yakin mba Ipeh ini orangnya baiiiiiiik hati. Apalagi, saya merasa ada hal yang membuat kita sama, misalnya seneng baca buku. 

Setelah saya ubek-ubek blognya mbak Ipeh, ada 6 hal yang bisa saya katakan sebagai ciri khasnya mbak Ipeh yaitu:


1. Blogger Bekasi

Ya, seperti yang saya katakan sebelumnya, mbak Ipeh ini berasal dari Bekasi. Beberapa waktu lalu Bekasi sempat menjadi guyonan orang-orang karena lokasinya yang jauh dari pusat kota Jakarta, macet, dan sebagainya. Eh tapi jangan salah loh, Bekasi juga punya orang-orang hebat seperti mbak Ipeh Alena ini.
 
2. Book addict

Selain blog utamanya yang beralamat di www.ipehalena.com, mbak Ipeh juga punya blog buku yang beralamat di www.bacaanipeh.blogspot.co.id. Sejak tahun 2014, Mbak Ipeh sudah mendokumentasikan sekitar 45 review buku di blognya. Mbak Ipeh tergabung dengan komunitas buku, yaitu Blogger Buku Indonesia dan bahkan menjabat sebagai admin Klub Buku Indonesia (KBI) serta tim sosial media Klub Buku Bekasi.

ipeh alena
Ipeh Alena

Kegiatan KBI sendiri berupa diskusi bulanan tentang buku yang sudah ditentukan bersama. Ada juga challenge berhadiah untuk para anggotanya tentang buku yang dijadikan bahan diskusi. Lebih lengkap tentang KBI, bisa dibaca tulisan mbak Ipeh berjudul Kegiatan Klub Buku Indonesia.

3. Movie Reviewer
“Melalui film, saya sering mengambil atau memetik pelajaran tentang kehidupan dan sosial. Entah itu melalui tokoh-tokohnya (dalam hal ini karakter), atau melalui dialognya. Bagi saya, setiap nilai yang berbobot yang disampaikan melalui sebuah lakon, memberi efek yang long lasting. Tidak terkesan menggurui dan memberi jeda bagi penonton untuk mencerna dan mengemasnya melalui pemahaman diri sendiri”

Itulah kalimat yang saya temukan di salah satu tulisan mbak Ipeh berjudul 8 Pelajaran Berharga Dari Robin Williams. Setuju banget, mbak. Saya juga sependapat kalau kita bisa mengambil satu pelajaran dari sebuah film. 

Saya juga salut membaca tulisan-tulisan mbak Ipeh tentang review film. Dari satu tokoh saja yaitu Robin Williams, mbak Ipeh bisa mengulas 8 film Robin Williams berikut sedikit cuplikan dan quote-quote menarik dari setiap film. Dari 8 film Robin Williams yang disebutkan mbak Ipeh di tulisan tersebut, hanya satu yang pernah saya tonton yaitu Jumanji. Quote yang mbak Ipeh singgung dari film itu juga mengena banget untuk saya. “Hadapi ketakutanmu…” Ada banyak ketakutan dalam diri saya dan saya berjuang terus menghadapinya.

4. Gemar oprek gadget dan aplikasinya

Saya pernah membaca tulisan seorang blogger laki-laki senior bahwa salah satu kelemahan blogger wanita itu adalah gagap teknologi. Memang iya sih, saya juga merasakannya hihi. Tapi kayaknya tidak dengan blogger perempuan ini. Banyak tulisan mbak Ipeh tentang gadget dan aplikasinya, bahkan mbak Ipeh memberikan page khusus untuk tema ini. 

Saya baru tahu ada aplikasi untuk menghitung warisan lewat tulisan mbak Ipeh berjudul Aplikasi Hitung Warisan. Aplikasi tersebut dibuat melalui proses pembelajaran langsung si pembuat aplikasi dengan Ust. Hamzah Abbas. Jadi, insya allah aplikasi ini tidak menyalahi syariat yang sudah ada. Nama aplikasinya adalah ATTASHIL APPLICATION, dan developernya Kaisansoft. Bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini, bisa langsung mendownload melalui Playstore. 

ipeh alena
ipehalena.com

Lewat tulisan mbak Ipeh berjudul Webstealer Pada Traffick Analytic, saya juga belajar untuk mencurigai nama website yang aneh yang berkunjung ke blog kita. Jadi, ceritanya mbak Ipeh sedang melihat trafik blog di aplikasi google analytic lalu mendapati pengunjung blog dengan nama aneh yaitu webstealer.nufaq.com. Setelah mencaritahu, didapatilah bahwa alamat website seperti alamat tersebut memang sering menjadi website Ghost Spam yang terlihat pada google analytic. Biasanya Ghost Spam ini berisi link-link referal agar ketika kita mencari tahu, pastinya akan diarahkan ke alamat website lain. Menurut Mbak Ipeh, hal itu bisa diatasi dengan cara memberi filter melalui google analytic. Caranya bisa dilihat di blog Mbak Ipeh.

5. Suka berkomunitas

Selain komunitas buku, Mbak Ipeh juga tergabung di beberapa komunitas blogger seperti Kumpulan Emak Blogger (KEB), Warungg Blogger (WB), Blogger Reporter, Blogger Perempuan, dan Blogger Crony. Lewat page bertajuk Community, mbak Ipeh memberikan berbagai informasi mengenai komunitas baik berupa event atau informasi yang bersifat umum.

6. Suka menulis

Konon katanya, orang yang suka membaca pasti akan suka menulis. Tidak mutlak sih, setidaknya ini berlaku bagi sebagian orang. I guess it work to Mbak Ipeh. Mbak Ipeh suka menulis fiksi, puisi, dan juga tulisan lainnya di blog. Mbak Ipeh mengikuti berbagai challenge, misalnya #30daysblogchallenge dan #30harimenulissuratcinta. Dari kegiatan menulis, Mbak Ipeh sudah menerima penghargaan sebagai Juara 2 Lomba menulis cerpen Cinta & Misteri.

ipeh alena
ipehalena.com


Jika ingin mengenal lebih dekat dengan Mbak Ipeh, bisa langsung berkunjung ke blognya atau melalui email dan media sosialnya berikut ini. 

Email : ipehalena@gmail.com
Facebook : http://facebook.com/ipehalenanew
Twitter : @ipehalena

28 comments :

  1. Jadi pengen kenal lebih dekat :)

    ReplyDelete
  2. Wuih... mbak Ipeh keren euy
    Multitalenta...

    ReplyDelete
  3. Wuhuu.. berkunjung ke blog mba Ipeh memang beda... ternyata oh ternyata.. :-)

    ReplyDelete
  4. Saya geer...ditulis sedemikian baik dan berkesan dari mba Kania. Huhuhu saya terharu jadinya. Terima kasih mba, semoga kita bisa berjumpa secara langsung ya :)

    ReplyDelete
  5. Saya belum kenal sama mbak Ipeh, ternyata orang Bekasi juga ya,,, sempit banget dunia ini, halah
    Meluncur ke tkp mbak :) tfs tentang mb Ipeh dan salam kenal ya

    ReplyDelete
  6. Aku suka baca review aplikasinya...hehehe...soale aku nggak bisa oprek gadget

    ReplyDelete
  7. Blognya mba Ipeh Alena byk banget ya dan itu blognya aktif semua.. Salut deh dia bisa membangun blognya..

    ReplyDelete
  8. Mungkin ini pertama kali saya melihat dan mengenal mbak ipeh alena tapi semoga bisa terus berteman.

    ReplyDelete
  9. Klo dibahas mb Lidha Maul td still single mb Kania. Tambah inpoh lg

    ReplyDelete
  10. instagramnya itu loh.. duh buku semuaaaaa :D

    ReplyDelete
  11. Duh manisnya ipeh disini :)
    Poin 4 nggak ngerti saya mah, so bisa nanya2 ma ipeh ntar

    ReplyDelete
  12. Keren ya mba Ipeh, mba Kania juga seru menuliskan poin-poinnya dari mba Ipeh..

    ReplyDelete
  13. poin empat baru paham :D
    lagingerti juga.
    pertemanan di dumay ini semoga langgeng seterusnya
    semoga ada waktu untuk bertegur sapa beneran. hehehe

    sukses buat semua <3

    ReplyDelete
  14. Ayi sampe skrg masih belum tau cara yg baik untuk mereview, apapun itu. Kudubelajar banyak nih sama mba ipeh

    ReplyDelete
  15. Postingan Mbak Kania keren. Langsung menarik 6 hal yang menyolok dari seorang Ipeh Alena :)

    ReplyDelete
  16. Wah, segera meluncur buat tau caranya memfilter spam :)

    ReplyDelete
  17. woww... 45 review buku? ckckck... hebat euy :)

    ReplyDelete
  18. wih, mbak ipeh denngan karyanya kereeeeen

    ReplyDelete
  19. Ulasannya keren Mba Kaniaa...dan itu tolong diperjelas ya status Ipeh. Ipeeh..kau harus konpers iniih XD

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...