Friday, July 29, 2016

Keuntungan dan Kerugian Berjualan online

Teknologi seperti dua sisi mata uang. Ia bermanfaat jika digunakan dalam hal yang positif. Sebaliknya ia akan sia-sia jika dipakai untuk hal yang tak bermanfaat. 

Dampak kemajuan teknologi salah satunya adalah banyaknya toko online untuk memudahkan orang berbelanja. Tak hanya toko online dalam skala besar, namun juga dalam skala kecil yang djalankan oleh perorangan yang jeli melihat peluang.

Berjualan secara online memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:

keuntunga jualan online

  1. Bisa membantu perekonomian keluarga tanpa meninggalkan keluarga, terutama anak, di rumah. Memang istri tidak wajib mencari nafkah. Tapi realita yang ada terkadang membuat sebagian wanita terpaksa membantu perekonomian keluarga. Hiks, belanja di tukang sayur aja sekarang mihil-mihil kan.
  2. Tidak perlu punya tempat untuk berjualan. Berbeda dengan berjualan offline, kadang memerlukan tempat seperti toko atau rumah yang dijadikan toko untuk menempatkan barang yang dijual.
  3. Tidak perlu punya barang. Loh, kan katanya jualan. Iya, dengan sistem dropship kita tidak perlu punya barang terlebih dahulu. Kita hanya memasarkan lewat internet, nanti setelah ada pemesanan baru barang dikirim dari pusat penjualan.
  4. Hanya bermodal gadget dan jaringan internet, kita bisa jualan secara online dengan berpartner dengan pusat penjualan yang terpercaya. Diaman saja dan kapan saja penjual bisa melakukan kegiatannya.
  5. Meminimalisir rasa malu dan kecewa saat ditolak. Malu dan kecewa adalah manusiawi dan resiko yang harus ditempuh seseorang jika produk/jasa yang ia tawarkan ke konsumen ditolak. Dengan berjualan online, penjual tidak perlu bertemu langsung konsumen.
Berjualan secara online juga memiliki resiko, diantaranya adalah adanya peluang untuk tidak jujur. Karena tidak bertemu langsung dengan pembeli, penjual bisa saja bertindak curang. Misalnya dengan cara tidak mengirim barang yang dipesan, padahal uang sudah dikirim ke rekening penjual. Atau memalsukan data produk/jasa yang dijual. Penjual juga harus siap kapan saja jika konsumen bertanya tentang produk/jasa yang dijualnya, walau saat itu waktunya penjual bberistirahat.

Oleh karena itu, walau tidak bertemu langsung dengan pembeli, sebaiknya penjual berlaku jujur dan selalu ingat bahwa Tuhan Maha Melihat. Apapun yang kita lakukan, baik dan buruknya akan kembali pada kita baik di dunia maupun di akhirat. Selain itu, jujur lebih dekat pada keberkahan dan ketenangan.

19 comments :

  1. Betul banget mak, kebetulan saya juga berjualan online, yang penting jadi penjual yang jujur aja mak, gak berani deh tipu menipu. hehe.. tfs ya mak.

    ReplyDelete
  2. Jualan online mesti gencar promosi sendiri mba kalau ga ya kelelep hehehe kebetulan saya juga jualan online :)

    ReplyDelete
  3. betul juga ya mba berjualan online tidak perlu punya barang jadi bisa dropship gtu deh :) tapi memang harus jujur sih gak boleh ada tiputipu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama juga dg jualan offline klo nipu ya bisa kena jerat hukum

      Delete
  4. tapi kadang-kadang ada juga penjual online shop yang tipu-tipu Mba Kania soalnya saya pernah ditipu penjual OS :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi, smg rejekinya diganti sm Allah y mba

      Delete
  5. Pernah bikin usaha online, tapi mandek karena masih ngantor. Jadi susah fokus

    ReplyDelete
  6. Yang namanya usaha pasti ada untung dan ruginya, untuk itu terus bersemangat aja. yang kerja keras pasti untung :D

    ReplyDelete
  7. jualan online sih emang harus rajin banget aktif di social media. soalnya zaman sekarang makin banyak juga pesaing-pesaing yang berjualan online. kuncinya sih jujur, rezeki kan udah ada yang ngatur ya mba :)

    ReplyDelete
  8. Iya, eh..tapi pernah dibahas tuh fikih tentamg hukum berjualan dengan sistem doorship gimana. Galau juga sih baca itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya mba Ade, jadi pengen caritahu

      Delete
  9. Enaknya emang bisa ngirit biayw ya mak biasanya sewa tempat kan mahal bgt. Iya klo jualannya laku klo pas sepi tp tetep harus bayar sewa kan syediih :(

    ReplyDelete
  10. Hehe...betul ya Mbak. Sisi penjual juga ragu2 ya Mbak, ada aja kan pembeli yg juga ga jujur...bilangnya udah mau trf padahal belum...

    ReplyDelete
  11. Saya biasanya lihat testimonial jug dr pembeli lain. Ngk prnh ditipu sih mbak, jngan sampe deh heheheh

    ReplyDelete
  12. Dulu pernah nyoba dropship, ada enak ga enaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mba, kalo pembeli pengen cepet gabisa soalnya harus nunggu stok barang dan info lainnya dr pusat :(

      Delete
  13. Kalau saya jualan lewat market place Mbak. Bagi saya pribadi bisa mengurangi beban harus menjawab pertanyaan saat itu juga. Bukan berarti mau nyuekin pembeli, tapi kalau lewat BBM kadang ada yang terlalu nggak sabar meski malem2 atau kita sudah pasang status sibuk masih ngeping-ngeping he he.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...