Friday, July 1, 2016

Wisata Kuliner di Jogjakarta Bersama Tamasyaku.com



kuliner jogja

Tujuan orang berwisata biasanya selain menikmati pemandangan dan permainan di tempat wisata, juga menikmati wisata kulinernya. Iya kan? Karena kuliner itu kebutuhan primer setiap orang. Orang pasti mencari kuliner untuk kebutuhannya selama berwisata, dan kuliner di tiap daerah berbeda-beda sesuai dengan kebudayaannya.

Saya awalnya tidak termasuk orang yang terlalu peduli dengan kuliner. Asal sudah memenuhi hak tubuh, ya sudah..apa saja dimakan asal halal. Makanya, saya dari dulu badannya segini-gini aja. Namun suami saya termasuk yang menyenangi kuliner, anak-anak juga. Setiap hari saya harus membuat menu baru yang disukai keluarga. Mau tak mau, saya harus belajar. Ya lewat internet, atau mengamati dan mempelajari kuliner yang kita makan saat berwisata.      
 

Kalau kita berwisata ke suatu daerah, jangan bingung menentukan kuliner yang ingin kita coba di daerah tersebut. Jalan-jalan saja ke www.tamasyaku.com untuk melihat berbagai referensi wisata kuliner di satu daerah. Blog tersebut merupakan catatan perjalanan wisata dan kuliner pemiliknya, seorang travel blogger bernama Primastuti satrianto atau biasa dipanggil Ima atau Manda. Tapi memang Manda lebih banyak menulis wisata kuliner Jogja karena Manda juga adalah seorang blogger Jogja.

Jogja merupakan salah satu kota yang ingin saya kunjungi. Kalau ada kesempatan ke sana, tentu saja saya harus menikmati kulinernya juga. Berikut adalah beberapa kuliner khas Jogja yang bisa kita nikmati di daerah Jogjakarta, berdasarkan catatan Manda.

kuliner jogja
Gudeg Permata

1. Gudeg

Manda memberi beberapa referensi tempat makan yang bisa dikunjungi. Antara lain Gudeg Bu Amat dan Yu Djum di Jalan kaliurang, Gudeg Yu Narni di Jalan Monjali, Gudeg Basah sagan di utara Jogjakarta, Sentra Gudeg Wijilan di selatan Jogjakarta, dan Gudeg Permata. 

2. Bakmi

kuliner jogja
Manda dan Panda (suami Manda) menikmati Mie Mendes

Nah, kalau ingin menikmati bakm, Manda memberikan beberapa daftar tempat makan yang bisa dikunjungi. Antara lain di selatan Jogjakarta ada Bakmi Mbah Mo, Bakmi Depan Museum Jendral Sudirman, Bakmi Pele di dekat alun-alun, Mie Endes Bantul, dan Bakmi Irin. Di utara Jogjakarta ada Bakmi Condong Catur, Bakmi Jalan Monjali, dan Mie Mendes. Di timur Jogjakarta ada Bakmi Jalan Wonosari dan di barat Jogjakarta ada Bakmi Pele di Jalan Godean.

3. Angkringan

Angkringan merupakan icon Jogjakarta. Belum lengkap ke Jogjakarta kalau belum ngangkring di angkringan, begitu kata Manda. Kalau mau menikmati angkringan khas Jogjakarta, mungkin kita bisa menikmati angkringan Tobat di Jalan Sukoharjo dan Angkringan Kedaulatan Rakyat di dekat Tugu Jogjakarta.

kuliner jogja



Itulah 3 dari beberapa kuliner khas Jogja yang bisa kita nikmati. Mau tahu lebih banyak kuliner jogja yang lain? Jalan-jalan dulu deh ke blognya Manda di www.tamasyaku.com biar puas. Oh ya, selain blog tersebut Manda juga menulis di blog www.ceritamanda.com. Selamat jalan-jalan ke blognya Manda!

22 comments :

  1. Aku kangen makan angkringan, aakk, di sini ada juga sih, tapi rasanya tetep suasana Jogja yang paling juara deh.

    ReplyDelete
  2. mati gaya, baca post ini.. kemudian nengok dapur, kering kerontang. Tukang sayur seperti biasa ngebut. Suami udah itikaf. Sekian curhat baper inih, hehehe

    ReplyDelete
  3. setiap ke jogja blum pernah nyoba bakminya :(

    ReplyDelete
  4. Aku udah lamaaa banget nggak ke Jogja, mba. Padahal makanannya emang ngangenin ya mba :).

    ReplyDelete
  5. Angkringan Jogja...waktu ke sana belum kesampaian nyoba angkringannyaa. Jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
  6. Mbak Kania ayo ke Jogja.. Nyicip kuliner dan tempat2 wisata seru di Jogja.

    Mbak Ima...tempo hari aku liat mobil di kaca blkng bertulis www.tamasyaku.com. Mbak ima itu berarti ya?

    ReplyDelete
  7. udah lama gak ke Jogja, pengen lagi ke sana, kangen jalan2

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah nyoba makan di angkringan. Pengen sih suatu saat bisa menikmati angkringan apalagi di Jogja nya langsung. Biar berasa suasananya. Hehe.

    ReplyDelete
  9. Seru ngomongin akringan dan ke khas an Jogja lainnya...
    *kangeeen...

    @mba Lidha,
    kalo mau ditinggal mudik, aku juga membuat dapur kering kerontang...
    makan seadanya yg di kulkas.

    *hhehhe....alesan emak emak kedul

    ReplyDelete
  10. bakmi jawa aku sukaaa, kesukaan bapakku yg asli jogja

    ReplyDelete
  11. Yang bakmi nih yang bakal saya tandain, habis pasti khas bakmi sana kuahnya basah2 gurihh bwhawhahwhawh

    ReplyDelete
  12. Wadaw menggoda selera banget nih menu makanannya jadi pengen coba nih.

    ReplyDelete
  13. jadi kangen pengen ke jogja lagi, saat ke sana sembilan tahun lalu rasanya masih seperti mimpi. semoga ada kesempatan bisa ke sana lagi, amin..

    ReplyDelete
  14. Angkringan menjadi tujuan wisata kuliner wajib. Dan aku pernah menikmati kulinet angkringan yang berada di depan KR.

    ReplyDelete
  15. Iya nih, tulisan Manda sering jadi acuan aku kalo ke Yogya, hehehe

    ReplyDelete
  16. Aku mampirnya ke rmh makan, soalnya gak sendiri jd blm bs icip2 asyik

    Maaf lahir batin

    ReplyDelete
  17. Kuliner itu salah satu alasan saya suka ke Jogya Mba. Enak-enak.

    ReplyDelete
  18. iya ya di jogja itu lengkap wisata kulinernya, gak hanya makanan khas jogja, yang khas daerah lain juga banyak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...