Monday, August 15, 2016

Belajar dan Menikmati Paket Wisata Indonesia di Taman Buah Mekarsari Bogor



Bogor merupakan salah satu tujuan utama paket wisata Indonesia setelah Bali, Yogyakarta, Bandung, serta Jakarta. Berbagai ragam objek wisata dapat ditemukan di kota ini, mulai dari yang bernuansa alam hingga modern atau kombinasi antara alami dan modern. Konsep alami dan modern ini diterapkan pada objek wisata Taman Buah Mekarsari yang ada di Jalan Raya Cileungsi - Jonggol km 3 Bogor.  
taman buah mekarsari bogor
wikipedia.org


Pusat penelitian, budidaya dan wisata
Selain dimanfaatkan sebagai objek wisata alam, Taman Buah Mekarsari juga menjadi pusat penelitian, budidaya serta pelestarian aneka jenis tanaman buah-buahan yang ada di Indonesia dan dunia, terutama buah-buahan tropika. Sistem pengelolaannya dilakukan secara modern di sebuah area seluas 265 hektare.
Di tempat ini terdapat berbagai jenis tanaman buah yang terdiri dari 1.470 varietas dan lebih dari 100 ribu macam pepohonan. Mulai dari tanaman pangan, tanaman hias, tanaman rempah dan sebagainya dapat dijumpai di taman yang dirintis oleh mendiang Ibu Tien Soeharto pada tahun 1990 dan diresmikan pada 1995 ini.
Jadi sambil berwisata, pengunjung juga bisa belajar berbagai ilmu yang berhubungan dengan pengembangbiakan tanaman dan jenis-jenisnya. Lebih dari itu kita juga dapat mengenal lebih jauh aneka tanaman, termasuk tanaman buah yang sudah langka dan jarang ditemui di kebun-kebun pertanian.
Keunikan dan keistimewaan lainnya adalah, wisatawan juga boleh membeli berbagai macam bibit tanaman. Di tempat penjualan yang dikasih nama Garden Center ini, pengunjung dapat memilih bibit yang kemudian ditanam di halaman rumah sendiri. 

taman buah mekarsari bogor
mekarsari.com

Wahana permainan
Taman Mekarsari juga dilengkapi dengan aneka macam wahana permainan, terutama wahana permainan air. Beberapa diantaranya adalah aqua bike, banana boat, pemancingan, sepeda air, kano, perahu naga dan angsa air.
Tersedia pula Water Kingdom di sebuah area yang luasnya mencapai 5,2 hektare dan berdaya tampung hingga 15 ribu pengunjung. Di tempat ini wisatawan dapat bermain dan menikmati kesejukan arus air sepanjang 600 meter.
Di kompleks wisata air di Taman Mekarsari juga ada Danau Cipicung seluas 20 hektare yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam menggunakan perahu motor. Selain itu juga bisa berfoto yang latar belakangnya berupa jembatan warna merah yang ada di tengah danau.
Jika ingin menyaksikan panorama Kota Bogor dan sekitarnya, wisatawan dapat naik ke atas menara yang ketinggiannya mencapai 30 meter. Kemudian apabila ingin melakukan kegiatan outbound, tersedia berbagai permainan seperti paintball, spider web, flying fox, rumah pohon, dan sebagainya. 
 
taman buah mekarsari bogor
sumber: Facebook Mekarsari Fruitgarden

Jadwal buka dan harga tiket
Taman Buah Mekarsari buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 16.30 sore. Namun khusus hari Sabtu, Minggu dan hari libur, jadwal bukanya lebih pagi pada pukul 9. Dari pusat Kota Bogor lokasinya bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama kurang lebih 1,5 jam.
Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 15 ribu rupiah dan 10 ribu untuk masuk ke wahana permainan. Agak berbeda dengan objek wisata lain, pembayarannya menggunakan sistem top up. Maksudnya adalah pengunjung hanya perlu mengisi saldo yang kemudian bisa dipakai untuk memasuki berbagai wahana di kompleks taman.
Sistem perhitungan saldonya menggunakan gelang khusus. Dari gelang tersebut pengunjung juga dapat menambah saldo. Jika mau pulang, gelang ini dapat ditukar lagi dengan uang tunai ditambah saldo yang masih tersisa. Tetapi jika mau menjadikannya sebagai kenang-kenangan juga boleh dibawa pulang.
Taman Buah Mekarsari merupakan paket wisata Indonesia yang dapat dikunjungi oleh semua golongan dari anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila memilihnya sebagai tempat mengisi liburan bersama keluarga atau para sahabat.

12 comments :

  1. Jalan-jalan paling enak itu emang bermain sambil belajar.
    Kayaknya boleh nih paket wisatanya. Kebetulan aku belum pernah ke mekarsari juga, HUhuhu

    ReplyDelete
  2. tempat wisata di Bogor juga skrg ini memang banyak dan bervariasi ya...

    ReplyDelete
  3. Pernah ke sini saat gathering kantor, sekarang makin bagus yaa.

    ReplyDelete
  4. Kalau dari rumah saya termasuk dekat, tapi pernah ke sana cuma yang ga kuat itu panasnya huhuhuhuhu. Sama parkiran motornya, waktu itu masih belum nyaman pokoknya. Gak tau kalau sekarang.

    ReplyDelete
  5. Ke Mekarsari saat blm sebagus sekarang. Panassss...

    Mikir lagi dan lagi kalau mau ke sini. Kebiasaan tinggal di kebun teh Cianjur, pas ke Jonggol ya ampun, dari adem ke puanasss jadi gak betah hehe...

    ReplyDelete
  6. Bertahun2 tinggal di jakarta tapi aku blm ke mekarsari

    ReplyDelete
  7. Aku belum kesana. Dulu sempat nyari belokannya kebablasan males mbalik. Jauh nggak sih dari Taman Safari?

    ReplyDelete
  8. Waaaaah Mekarsari sekarang udah berubah yaaa. Jadi lebih keren. Ntar ajak anak-anak kesini aaaahhh. Makasi infonya ya Maaaak

    ReplyDelete
  9. Wah mantap mbak,, wisata edukasi gini mantep dah buat buah hati :D

    ReplyDelete
  10. Saya pernah ke Mekarsari ini pas anak-anak masih balita. Euh, sekarang udah semakin berkembang kali ya Mbak..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...