Belajar Konsisten Ngeblog Dari Asri Rahayu


Di blog ini saya pernah menuliskan bahwa membuat blog itu mudah. Ya, karena pengalaman saya membuat blog di blogger.com cukup mudah sih. Dengan mengikuti petunjuk, saya bisa membuat blog dengan berbagai desain yang sudah disediakan. Yang membuat ngeblog tidak mudah itu adalah membuat kualitas tulisan yang bagus, unik, berbeda serta konsisten dalam menulis. 

Saya lagi mampir ke sebuah blog milik Blogger Jogja bernama Asri Rahayu. Blognya diberi Judul My Scrap Book. My Scrap Book adalah blog yang berisikan tentang lifestyle atau bisa juga disebut sebagai diary online, daily life penulis dan pemiliknya sejak tahun 2011. Saya salut dengan kekonsistenan Asri dalam menulis. Dalam pandangan saya, salah satu cara Asri agar konsisten adalah dengan membuat rubrik di dalam blog. Sehingga ketika rubrik tidak diisi, pembaca blog Asri tentu akan merasa kehilangan. Otomatis Asri pun harus konsisten dengan rubrik yang dibuatnya, apalagi rubrik di blognya itu melibatkan blogger lain.


asri rahayu


Tiga rubrik yang sangat khas di blognya Asri adalah:

1. Ngobrol Bareng

Rubrik ini tayang setiap hari Selasa dan Sabtu. Di rubrik ini Asri mewawancara  -mm, ini istilahnya terlalu formal ya- atau ngajak ngobrol figur-figur inspiratif dari berbagai kalangan. Misalnya blogger, penulis, guru, dan sebagainya. Sosok-sosok yang mungkin sangat biasa di mata orang umumnya, akan menjadi istimewa dan menginspirasi ketika diangkat di rubrik Nrobrol Bareng di blog My Scrap Book.

Postingan terbaru di rubrik ini adalah ngobrol bareng dengan blogger sekaligus ibu, bernama Dwi Puspita. Dwi membagi pengalamannya sebagai blogger yang harus berbagi waktu sambil mengurus keluarga terutama sambil mengurus si kecil yang berusia 4 bulan. Pesan Dwi yang sangat bagus untuk orang-orang yang senang menulis di blog, “Terus menulis, jadikan blog sebagai media having fun. Jangan dibuat ruwet, kalo pengen cerita itu dibaca orang dan mungkin cerita itu sangat bermanfaat ke orang banyak banyak mending tulis di blog saja.”

my scrap book asri rahayu


2. Rabu Merindu

Ketemu lagi di Rabu Merindu, project curcolan antara si cutie Inokari dan si princess yang sama-sama suka ngegalau.”

Begitu tulis Asri pada awal sebuah postingan di Rubrik Rabu Merindu. Jadi, rubrik ini kolaborasi Asri dengan blogger bernama Intan Novriza Kamalasari yang berprofesi sebagai penyiar radio. Isinya tentang obrolan dan opini Asri dan Intan tentang berbagai hal.

Postingan terbaru di rubric Rabu Merindu adalah tentang Instagram Hijabers Pavorit. Asri suka dengan gaya hijab beberapa public figure seperti Zaskya Adya Mecca, Dian Pelangi, Ria Miranda, Alyssa Soebandono, Lulu Elhasbu, Diana DNC, dan Ghaida Tsurayya. Kehidupan mereka kadang-kadang mengisnpirasi Asri untuk menjadi lebih baik. Misalnya saat melihat mereka berpakaian, menginspirasi Asri untuk tak lupa bagaimana berhijab yang baik dan benar, bagaimana cara berpakaian, dan sebagainya.

my scrap book asri rahayu


3. Tastylicious

Rubrik ini juga kolaborasi dengan blogger Intan dan Afifah yang tayang di hari Minggu setiap 2 minggu sekali. Sepertinya Asri sudah lama tidak mengisi rubrik ini karena postingan terakhirnya pada Juli 2016 yang bercerita tentang camilan saat lebaran.  Ayo dong Asri, ditunggu postingan terbaru di rubrik Tastylicious.  

Oh ya, selain sebagai seorang lifestyle blogger, saat ini kegiatan sehari-hari Asri adalah sebagai Outsourcing di sebuah perusahaan di kota Jogja. Dan juga berprofesi sebagai blogger buku di blog Peek A Book. Asri sudah mereview puluhan buku di blog buku tersebut, juga mengadakan berbagai giveaway berhadiah buku. Asri juga sudah menerbitkan buku berjudul “Dermaga Masa Lalu”. Buku ini merupakan buku duet dengan Ainun Nufus  yang diterbitkan secara Self Publish oleh Diandra Creative.

Teman-teman yang ingin kenalan lebih dekat dengan Asri Rahayu, yuk follow blog dan media sosialnya Asri.

www.asrirahayu.com
Twitter & instagram : @princessashr
Facebook & Google+ : Asri Rahayu M S


Comments

  1. Aku selalu mencoba untuk konsisten, tapi kok belum belum yaaa? Salut sama Mbak Asri

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya mba Astin jg postingannya sering tayang kok

      Delete
  2. wuih... blognya sudah memiliki jadwal tayang ya... keren deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya jg terpikir untuk bikin jadwal/rubrik jadinya

      Delete
  3. Saya masih belum bisa komitmen punya jadwal tayang. Maybe someday bisa. Dari ketiga rubrik di atas, yang suka lucu itu jadwal Rabu Merindu, ini kadang suka bikin ketawa aja tulisan2 dari mba Asri dan kedua temannya yang ikutan menulis tema yang sama.

    ReplyDelete
  4. Wah. Keren udah rapi postingannya ya.

    ReplyDelete
  5. Lulu Elhasbu? Diana DNC? Ya ampun, saya kemanaja aja ya.. *lari ke IG*
    Eh, lupa. Titip salam buat Asri, jangan galau-galau terus mentang2 bawain rabu merindu.. udah ya. *lari lagi*

    ReplyDelete
  6. asik juga kalau blog ada jadwal tayangnya, ya. Saya pengen begitu, tapi belum bisa :D

    ReplyDelete
  7. aku masih belum bisa konsisten.. masih suka suka suka dan sesempetnya aja. mesti belajar juga dari sri rahayu kayaknya

    ReplyDelete
  8. Sepertinya paling sulit dalam dunia blog adalah konsisten ya mbak karena tidak banyak blogger pemula yang tidak konsisten malah gagal.

    ReplyDelete
  9. Aaih...keren amat itu bisa konsisten dengan tema yang udah dipatok. Idenya kreatif dengan melibatkan blogger lain yak. Saluut!!

    ReplyDelete
  10. Ada jadwal yang ajeg ya. Mantaps... saya juga perlu banyak belajar soal ini

    ReplyDelete
  11. Pernah sih bikin rubrik terjadwal gitu,tapi realitanya susyaaah. Salut dah buat Asri.

    ReplyDelete
  12. Pingin punya ide rubrik buat isi blog rutin.

    *curhat ke Asri aah..minta ide.

    ReplyDelete
  13. Iyaaa, mbak asri kekonsistensiannya dalam ngeblog mesti dicontoh banget. Nggak kaya aku suka males-malesan. Uhuhuhuhuhuuuu

    ReplyDelete
  14. Konsistensinya oke bangeet.. Contoh blogger yang baikniih :)

    ReplyDelete
  15. Keren ya Asri masih muda sudah kreatif begitu :)

    ReplyDelete
  16. waaaa seru ya ada jadwal gitu, aku kapan punya jadwal begonoan hahahah
    Mba Kania thanks ya review soal Asri, jadi tahu deh sama si imut ini.

    ReplyDelete
  17. Temanya keren sekali mbak, terlebih rubrik Rabu Merindu tuh.. Terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  18. Kayaknya... konsisten ini selalu jadi issue para blogger yah. Aku pun demikian ... >.<

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro