Thank you, Brother!



Sebelum menikah, saya suka sekali melihat-lihat model busana muslimah di majalah atau Koran lalu mencontek sendiri model baju tersebut dengan sedikit modifikasi, sebelum akhirnya saya bawa hasil modifikasi rancangan baju itu ke tukang jahir langganan. Rasanya..ya seneng aja, lebih puas dengan baju hasil pilihan sendiri. Makanya, amih (panggilan saya buat ibu) pernah bilang sama saya, kira-kira begini katanya, “Susah nyari baju buat kamu, dibeliin juga nggak kepake.”

Duh, ternyata saya ada bakat keras kepala juga ya, maafkan ya mih. Tapi sekarang sih biasanya apa yang amih pilihkan buat saya cocok aja. Mungkin karena saya sudah jadi ibu-ibu ya jadi pilihan fashionnya tak jauh beda, walau tetap ada yang beda. Dulu waktu remaja, punya pilihan sendiri dengan gaya dan idealisme sendiri.


pekan raya indonesia 2016
Booth Brother Indonesia akan ada di Pekan Raya Indonesia di ICE BSD sampai 6 November 2016

Kalau dulu Cuma corat-coret membuat sketsa baju sendiri, nah sekarang sudah punya anak dua dapat kesempatan untuk menjahit baju pertamakalinya. Deg-degan juga sih saya, bisa tidak ya menggunakan mesin jahit. Jadi, ceritanya ada Pekan Raya Indonesia 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang selatan. Salah satu booth yang ada di sana yaitu booth Brother Indonesia, satu merek mesin jahit yang cukup punya nama di Indonesia. Saya mengikuti workshop menjahit di booth Brother pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2016 lalu.

Workshop dimulai pukul 11 siang dengan dipandu oleh Mbak Astri Damayanti. Alat dan bahan sudah disediakan jadi kita tinggal bawa badan saja. Pada workshop kali ini, saya mau membuat baju batik. Langkah-langkah membuat baju batik menggunakan mesin jahit Brother, kira-kira sebagai berikut:

1. Buat pola dulu menggunakan kertas Koran. Kebetulan polanya udah dibuatkan sama mbak Astri, enak kaaan.

workshop menjahit dengan mesin jahit brother
Maaf. lagi sibuk ><


2. Lipat dua kain batik yang disediakan lalu tempatkan pola di atas kain. Pola disematkan di kain menggunakan jarum pentul.

3. Gunting pola dengan menggunakan gunting khusus kain. Sisakan bagian lengan untuk jahitan.

3. Gunakan reader untuk menegaskan garis pinggir pola yang akan dijahit. Reader itu bentuknya seperti roda runcing, seperti alat untuk membelah pizza hanya saja bentuknya lebih mungil. Caranya, letakkan karbon merah diantara lipatan kain, lalu tekan reader mengikuti garis pola. Nanti garisnya akan kelihatan di kain bagian dalam sehingga memudahkan saat menjahit. Kita tinggal mengikuti garis yang sudah ada ketika menjahit. Jangan lupa tekan yang keras readernya agar garis tampak tebal.

workshop menjahit dengan mesin jahit brother
pisau bulat bergerigi ini namanya reader untuk mencetak garis di pinggir pola
 
4. Mulailah menjahit. Cocokkan dulu pola baju untuk lalu mulai jahit bagian pundak dulu. Menjahit menggunakan mesin jahit Brother awalnya terlihat susah, terutama ketika memasang benang. Kok seperti rumit sekali, harus kemana dulu benang dimasukkan, bagaimana cara memasang benang yang benar, dan sebagainya. Namun tentunya semua butuh proses. Apalagi saya baru pertamakali menjahit menggunakan mesin jahit Brother. 

Dalam satu mesin jahit, terdapat berbagai pola jahitan, mau lurus, zig zag, semuanya bisa, keren ya. Kira-kira ada lebih dari 10 pola jahitan yang bisa kita gunakan dengan cara memutar salah satu tombol mesin jahit. Tidak susah memilih pola jahitan karena tiap nomor pola disertai ilustrasi polanya. Ada juga tombol untuk mengatur kecepatan mesin sehingga untuk pemula seperti saya tak perlu khawatir mesin jahit berjalan terlalu cepat.



saya teringat dulu nenek atau ibu saya menggunakan mesin jahit manual berwarna hitam, tangan dan kaki harus bergerak seimbang agar mesin bisa berjalan. Kalau menggunakan mesin jahit Brother, kaki tidak terlalu cape karena tinggal menekan pedal dynamo saja. Tangan bisa fokus memegang kain agar mengikuti pola jahitan. Menjahit sepertinya bisa menjadi kegiatan mengasyikkan yang bisa melatih konsentrasi.

3. Untuk bagian pundak, baju dijahit dengan pola lurus kemudian diobral agar rapi dan kuat. Menggunakan mesin obras juga relative mudah. Yang kelihatan sulit itu bagi saya memasukkan dan mengatur benang obras karena kelihatannya memerlukan lebih dari satu benang obras. Mesin obras bisa memotong sendiri pinggiran bajunya sehingga hasil obrasan rapi.

4. Sekarang giliran pinggiran baju yang dijahit dengan pola zig-zag. Nanti kalau sudah selesai semua pinggirannya dijahit dengan pola zig-zag, kita bisa gunting pinggiran baju mengikuti garis zig-zag menggunakan gunting kecil.

mesin jahit brother

Tadaaa, baju batiknya sudah jadi. Ini baju batik model kalong gitu, jadi seperti ada sayapnya dan sebaiknya memakai inner di dalamnya. Kalau tidak, ketiak kita bakal mudah terlihat. Total 4 jam loh menyelesaikan satu baju sederhana ini, dipotong waktu makan, duuuh (lap keringet :D). Jam 15.00 workshop selesai dan saya buru-buru pamit karena belum shalat dan cuaca juga mendung dan hujan. Anak-anak di rumah pasti sudah menunggu ibunya pulang.

Setelah mengikuti workshop, saya terbayang-bayang mesin jahit Brother nih. Rasanya, senang ya kalau punya mesin jahit di rumah, tak usah pergi ke tukang permak kalau sedikit-sedikit ada baju yang bolong. Kalau mau hari raya, tinggal membuat baju sesuak kita untuk keluarga. Harapannya sih, suatu saat bisa punya satu mesin ini di rumah.

workshop menjahit menggunakan mesin jahit brother
Baju batiknya sudah jadi, yeaay!

Oh ya, untuk teman-teman yang ingin mengikuti workshop menjahit menggunakan mesin jahir Brother atau mendapatkan informasi promo mesin jahit Brother, coba hubungi Brother Indonesia untuk mendapatkan informasi detailnya. Untuk pekan Raya Indonesia 2016 di ICE BSD sendiri, masih berlangsung sampai tanggall 6 November 2016. Jadi, masih ada kesempatan buat teman-teman yang ingin melihat-lihat atau mencoba mesin jahit Brother di Booth Brother Indonesia. Kata Mbak Astri, setiap hari ada saja lelang di booth Brother Indonesia. Bahkan, pernah ada lelang mesin jahit Brother seharga 500 ribu! Aaah, mau banget deh kalau sedang ada rejekinya mah.

Oh ya, kalau teman-teman ingin mengunjungi Booth Brother di Pekan Raya Indonesia 2016, disediakan shuttle bus gratis loh menuju ICE BSD dari Bintaro Exchange Mall, AEON Mall & Sunburst, Summarecon Mall Serpong, BSD Junction, dan Stasiun Rawabuntu. Yuk, kunjungi media sosial Brother Indonesia untuk informasi detailnya.

Thank you Brother, sudah memberikan pengalaman menjahit yang pertama untuk saya.

Facebook: Brother Indonesia
Instagram: @brotherindonesia
Twitter: @broter_indo

 

Comments

  1. Waah keren, bisa jahit.
    Saya tidak pernah tertarik belajar jahit, Mbak tapi saya mengagumi orang2 yang bisa menjahit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum bisa banget lah mba, baru pertamakalinya saya juga

      Delete
  2. Aku dari duluuu pengen bangeeet biaa jahit sampe udah beli sgala macam peralatan loh ky buku pola, penggaris krtas, dll, tp ga jadi2 belajar. Mungkin hrs beli mesinnya dulu ya biar tekad makin bulat hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mulai 1 juta an mba mesin jahit :)

      Delete
  3. Aaaaakkkk mau banget ya mbaaa, kalo ada lelang mesin jahit 500 ribu *mata langsung bersinar sinar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ih muraaah, tapi harus pantengin terus booth nya :)

      Delete
  4. Aduuuh mupeng. Pengen banget ikut workshop ini. Bandung kapan, ya. Preman-preman begini juga aku dulu hobi jahit. Taplak, baju boneka, dan sapu tangan jadi produk andalanku. Zaman mesin jahit yang diijek itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo teh Nia ikut workshop brother pasti langsung bisa karena udah pernah megang mesin jahit

      Delete
  5. Hebat mbak bisa njahit baju. Aku blm pernah nyoba...tp kayaknya sih nggak bakalan tlaten. Biasanya cuma njahit kancing lepas doangπŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum bisa beneran sih mba kan baru pertamakali jadi banyak harus nyoba berkali-kali

      Delete
  6. Mau dong belajar menjahit. Btw, saya baru tahu ada mesin jahit brother, dulu mah mesin ketikku yang merk-nya brother

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba selain mesin jahit ada juga printer brother

      Delete
  7. salut deh sama orang-orang yang bisa jahit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih belajar mba, baru sekali ikut workshop

      Delete
  8. Aku belum pernah menjahit sama sekali, mba. Salut nih. Menjahit sehari udh dapat baju euy ;)

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. iya langsung jadi salnya sederhana banget mak

      Delete
  10. Mbak Astri kasih yang simple ya mbak, jadi kita sebagai pemula mudah memahami cara jahitnya πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, simpel banget tapi saya masih kesusahan aja karena emang baru pertama pisan pegang mesin :)

      Delete
  11. wah batiknya unyu, Mba. Fresh banget ya, warnanya ijo

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro