Budae Jigae, Menu Baru Mujigae Yang Terjangkau dan Memuaskan


Saya sebenarnya tidak pintar masak, tapi saya suka nonton acara masak atau membaca-baca resep masakan. Yaa, setidaknya saya jadi punya inspirasi untuk memasak apa hari itu. Dulu, senengnya nonton Bu Sisca Suwitomo masak di televisi, tapi sekarang Bu Sisca tak banyak tampil lagi ya. Jadi, kalau cari resep masakan saya browsing deh dan ada beberapa blog masak pavorit yang sering saya kunjungi.

Setelah langganan TV kabel, makin banyak acara masak atau kuliner yang bisa ditonton. Mulai dari dalam negeri  sampai luar negeri termasuk Korea. Ada satu acara masak yang dipandu chef wanita asal Korea yang punya restoran di luar Negara asalnya (Inggris, kalau tak salah). Saya lupa nama chefnya siapa. Duuh, emang salah satu masalah saya itu susah menghafal nama dan arah. Resep yang dibuat chef tersebut sangat simple dan kelihatannya lezat serta sehat. Kuliner Korea memang dikenal enak dan sehat. Di setiap dapur orang Korea pasti tersedia kimchi, salah satu  kuliner khas Korea berupa sayuran yang sudah melalui proses fermentasi.

Mujigae cabang summarecon mall serpong
Mujigae cabang Summarecon Mall Serpong

Ada juga acara masak kuliner Korea lainnya di channel ONE (salah satu stasiun TV Korea), nama acaranya Home Food Rescue. Chefnya laki-laki, namanya Chef Baek (kalau tak salah ya). Konsep acaranya, chef akan memasak beberapa makanan khas Korea lalu ada 4 orang public figure Korea yang akan mencicipi masakan si chef. Kemudian, keempat public figur itu akan ditantang untuk memasak menu yang sama dengan yang dibuat si chef. Resep yang dibuat sang chef kelihatannya mudah, banyak direbus dan dipanggang sehingga lebih sehat.

Tanpa mengesampingkan kuliner nusantara yang juga kaya rasa, kuliner Korea juga mulai banyak diperhatikan di Indonesia seiring masuknya budaya Korea yang lain seperti musik dan dramanya. Beberapa restoran khas Korea pun bermunculan. Salah satunya adalah Mujigae.

Hari Sabtu lalu tanggal 29 Oktober 2016, saya janjian dengan salah satu mama blogger Rina Susanti untuk mencoba menu baru di salah satu cabang Mujigae di Summarecon Mall Serpong. Terletak di ground floor, Mujigae Resto menempati gedung 2 lantai dengan desain yang menarik dan beberapa bagian dinding dihiasi gravity berwarna-warni. Di pintu masuk restoran, saya dan Mbak Rina disambut oleh pramusaji berpakaian tradisional Korea yang akan memberikan kita informasi tentang menu apa saja yang bisa dinikmati di sini.

Mujigae cabang summarecon mall serpong
pramusaji yangberpakaian tradisional Korea menyambut di depan restoran Mujigae

Saya dan Mbak Rina memilih duduk di lantai atas. Siang itu, sekitar jam 11 lebih, di lantai atas Mujigae Resto sudah hampir penuh dengan pengunjung. Sementara di bawah tidak terlalu banyak. Menurut Pak Danang Widi Pangestu, Communication Executive Mujigae, semakin sore akan semakin banyak pengunjung yang datang. Bahkan sampai jam 3 pagi seringkali Mujigae masih ramai didatangi pengunjung, terutama saat weekend. Terlebih, di Summarecon Mall Serpong sering ada live event saat weekend.

Budae Jigae, Menu Baru Mujigae Resto Yang Terjangkau dan Memuaskan

Mujigae didirikan tahun 2013 dan telah memenangkan Top Brand Award 2016. Mujigae adalah bagian dari Champ group, kelompok usaha nasional di bidang restoran yang juga menaungi berbagai merek lain seperti BMK (Baso Malang Karapitan), Gokkana Teppan, Platinum, Raa Cha, 499 Restoran, Raja Rasa, Raja Sunda, dan Golden Chopstick. Mujigae sudah melayani 140.000 pelanggan sestiap bulannya. Semua bahan makanan di Mujiae menggunakan produk halal dan saat ini Mujigae sedang berupaya mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Mujigae menawarkan kuliner khas Korea dan suasana yang memadukan unsur tradisional dan modern. Melalui Ipad yang tersedia di setiap meja, pengunjung bisa memesan makanan tanpa harus menunggu pelayan, meemilih video musik K-pop untuk dimainkan di restoran, dan mengikuti permainan digital untuk memenangkan berbagai hadiah. Tak perlu khawatir kalau tidak bisa menggunakan Ipad yang disediakan, kita bisa menggunakan buku menu untuk melihat-lihat menu yang tersedia.

Mujigae cabang summarecon mall serpong
memesan Budae Jigae lewat Ipad

Mujigae cabang summarecon mall serpong
Melihat-lihat menu lewat buku menu juga bisa

Budae Jigae merupakan sajian baru di Mujigae Resto. Sajian ini termasuk kategori Jigae (rebusan/stew) yang terbuat dari kombinasi ramyun (mi kuah ala Korea), beef luncheon, sosis sapi, tahu sutra, dan aneka sayuran di dalam sup berbumbu gochujang dan kimchi. Satu porsi Budae Jigae ditawarkan dengan harga terjangkau yaitu Rp 46.364 dan sudah mencakup seporsi nasi putih. Oh ya, Kimchi juga selalu diberikan gratis pada setiap menu di Mujigae Resto. Rasanya yang asam, manis, pedas, menambah kesegaran sajian Budae Jigae. 

Menurut Adhi Putra Tawakkal, marketing manager Mujigae, Budae Jigae masuk ke jajaran kuliner Korea pada tahun 1950-an setelah Perang Korea berakhir. Saat itu, terjadi kelangkaan makanan akibat perang, terutama di Kota Seoul dan area Uijeongbu. Hal ini membuat masyarakat mencari dan memanfaatkan bahan makanan yang tersisa di pagkalan militer Amerika. Disana mereka menemukan beef luncheon, sosis sapi, macaroni serta bahan lainnya yang biasa dikonsumsi tentara Amerika, dan kemudian menggunakannya sebagai isi rebusan atau sup dengan saus gochujang dan kimchi.

Budae Jigae memberikan pengalaman makan yang seru karena disajikan panas di dalam wajan di atas api yang menyala. Dengan penyajian tersebut, ditambah kombinasi rasa segar, asam dan pedas, Budae Jigae merupakan pilihan yang tepat untuk makan siang dan makan malam, terutama di musim hujan seperti ini. Porsinya dan bonus nasi putih juga memuaskan untuk harga Rp 46.364 per porsi. Bagi saya sendiri, sporsi budae Jigae cukup banyak tapi nyatanya saya bisa menghabiskannya juga tanpa nasi putih. Soalnya, di dalam menunya sendiri sudah ada karbohidrat pengganti nasi yaitu ramyun.

Mujigae cabang summarecon mall serpong
Budae Jigae, terjangkau dan memuaskan
Mujigae cabang summarecon mall serpong
Umeseu Tea, minuman jeruk yang diberi potongan buah pala

Oh ya, tak ada cara khusus memakan Budae Jigae. Kimchi dan nasi yang disediakan dalam menu Budae Jigae bisa dimakan terpisah atau dicampur ke dalam Budae Jigae. Terserah selera masing-masing. Di sebuah drama korea berjudul Lets Eat 2, saya sering melihat pemerannya memasukkan nasi ke dalam rebusan, kadang-kadang nasi dimakan terpisah juga dan tidak dimasukkan ke dalam rebusan.

Untuk minumnya, saya memesan Umeseu Tea seharga Rp 18.182 yaitu minuman jeruk yang diberi potongan buah pala. Cukup terjangkau dan rasanya menyegarkan, tidak terasa pahit sama sekali dari buah palanya.

Buat teman-teman yang sudah mencoba menu baru Budae Jigae, bisa mengikuti kompetisi instagram #MujiageMukbang loh. Ketentuannya sebagai berikut:

  1. Unggah video pendek yang sedang makan Budae Jigae di Mujigae
  2. Mention @mujigaeresto
  3. Gunakan hashtag #MujigaeMukbang di caption foto
Kalau sudah memenuhi ketentuan di atas, teman-teman tunjukkan hasil upload instagram ke petugas Mujigae. Nanti teman-teman akan dapat voucher makan tunai senilai Rp 25.000, lumayan banget deh untuk seporsi makanan atau minuman di Mujigae. Penawaran ini berlaku setiap hari di semua cabang Mujigae selama voucher masih tersedia. Menurut Pak Danang, dari jumlah 1000 lebih baru sekitar 300-an voucher yang digunakan. Jadi, kesempatan teman-teman untuk mendapatkan voucher makan gratis terbuka lebar.

Mujigae cabang summarecon mall serpong
antri untuk mencetak foto

Mujigae cabang summarecon mall serpong
Hasil cetakan fotonya bisa dibawa pulang :)

Tidak hanya itu, buat teman-teman yang suka berfoto di instagram bisa dapat kesempatan cetak foto gratis di Mujigae. Caranya, upload foto teman-teman di instagram dengan mention @mujigaeresto dan beri hashtag #mujigaeresto. Lalu cetak foto di mesin cetak foto yang tersedia di setiap cabang Mujigae dengan memasukkan akun instagram kita. Jangan lupa sign out ya jika selesai dan fotonya bisa kita bawa pulang.

Teman-teman bisa mendapatkan menu baru Budae Jigae dan menikmati semua fasilitas Mujigae di 13 cabang Mujigae berikut ini:

  • Jakarta: Lippo Mall Kemang, Mal Ciputra, Mal Kelapa Gading, Pluit Village
  • Bogor: Botani Square, Lippo Plaza Bogor.
  • Depok: Margo City
  • Tangerang: Summarecon Mall Serpong, Supermal Karawaci.
  • Bekasi: Grand Metropolitan, Summarecon Mal Bekasi.
  • Bandung: Cihampelas Walk, Festival Citylink.
Informasi lebih lanjut tentang Budae Jigae, program #MujigaeMukbang, menu Mujigae lainnya,  dan hal-hal menarik lainnya di Mujigae, bisa teman-teman dapatkan di website dan media sosial Mujigae berikut ini.

Instagram & twitter: @mujigaeresto

GIVEAWAY MUJIGAE

Teman-teman, saya kebetulan ada rejeki nih. Saya mau memberikan sedikit oleh-oleh dari Mujigae buat teman-teman pembaca Rumah Maya Kania. Tidak banyak sih, Cuma untuk 2 orang pemenang.

  1. Pemenang 1 mendapat 1 tote bag lucu dari Mujigae dan voucher makan senilai 100 ribu (lumayan banget untuk makan berdua sepuasnya di Mujigae)
  2. Pemenang 2 mendapat 1 buah t-shirt Mujigae warna hitam (Bahannya adem, nyaman dipakai)
Mujigae cabang summarecon mall serpong
Pemenang 1 mendapat totebag & voucher makan Mujigae 100 ribu

Pemenang 2 mendapat 1 buah t-shirt
Tapi ada syaratnya ya:

  1. Follow salah satu media sosial saya. Boleh blog, facebook, instagram atau twitter. Boleh pilih salah satu saja.
  2. Sebutkan di cabang Mujigae mana teman-teman bisa menikmati menu-menu Mujigae, jika mendapat voucher makan gratis
Udah, itu aja, mudah kan. Kalau sudah memenuhi 2 syarat itu, teman-teman isi kolom komentar yang menerangkan bahwa syarat sudah terpenuhi dan sertakan pula email agar saya mudah menghubungi jika teman memang beruntung. Misalnya, “Follow blog done, Mujigae Kemang, kania_ningsih@yahoo.com”. 

Oh ya, karena hadiahnya Cuma 2, nanti pemenangnya saya undi menggunakan random.org ya. Semoga beruntung ya teman, saya tunggu partisipasinya sampai hari Jumat tanggal 4 Oktober 2016 jam 12.00 WIB. Pengumuman pemenang (insyaallah) hari Sabtu tanggal 5 Oktober 2016.

Comments

  1. Keren bgt pake ipad... menu barunya jg menggoda bgt...
    Cobain yg di bdg ah biar bs ikut lombanya...

    ReplyDelete
  2. Hallo Mbak, aku ikutan yaaa.
    1. Follow IG done, Twitter Done
    2. Tangerang di Sumarecon Mall Serpong dan Karawaci Mall dong

    And then, aku juga suka nonton chef Bark. Lucu, dan aku suka niru cara memasaknya.


    ReplyDelete
  3. Yaaaahhh, Mujigae Restorannya belum ada di Surabaya ya mbak ? sedih :(

    ReplyDelete
  4. Waaaah... enak nih kayaknya. Masih jarang saya makan makanan Korea. Padahal lumayan suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut GA ku mba biar siapa tau dapt vocer

      Delete
  5. Wah asiknya janjian sama Mba Rina. Aku ga ada teman jalan, gak jadi deh ke sana 😭

    ReplyDelete
  6. Mbak, aku ikutan ya..
    1. Follow FB done, Twitter Done
    2. Aku bisa make vouchernya di Bogor, Botani Square..

    Enak di mujigae, tapi waktu itu gk foto2.. ha

    Emailku falesthein@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Ikutan ya mbak �� seniga rejeki hehehee

    1. Follow twitter dan IG done di @wind1403
    2. Biasanya aku makan di mujigae Ciwalk kalau weekend, karena kalau main sama keluarga enaknya sambil jalan-jalan. Kalau hari kerja aku suka ke felink karena lokasinya dekat dengan kantorku.

    Email: wind.atree@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. Waaaaaahhh, telaat ni ikut GAnya... hihihihi... Foto ramyunnya menggoda banget mbaak... saya jadi pengen makan sekarang juga T.T

    ReplyDelete
  9. Follow done.
    Kalau saya beruntung vouchernya buat adek makan di Tangerang: Summarecon Mall Serpong, Supermal Karawaci.
    Email : tarryholic@gmail.com

    Boleh khan Mbak? Buat adek yang mau anniversary pernikahan. Soalnya Di madiun belum ada. #kayak yang menang aja. Hihihi

    ReplyDelete
  10. * Follow done.


    Kebetulan rumah kami dekat dengan mall Cihampelas Walk, Bandung. Kami suka menikmati kebersamaan keluarga kecil kami di Mujigae Ciwalk sembari berbelanja bulanan.

    Semoga rejeki keluarga Arief's.
    Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih partisipasinya mba, smoga beruntung

      Delete
  11. Replies
    1. kalo tau mba Echa mau kesana kita barengan ya naik Grabcar :)

      Delete
  12. Rasanya pengen coba tuh mbk, mau coba juga deh, makasih mbk tips hangatnya,,

    ReplyDelete
  13. 1. done
    2. di cabang Depok, Margo City karena Depok menjadi salah satu destinasi untuk weekend bareng kalau sedang tidak menggunung

    ReplyDelete
  14. Budae Jigae enak ya kayaknya, seger2 asem gitu ya mba. Aaakk... aku ga bisa ikut undian nih hehehe... di Semarang nggak ada Mujigae.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro