Macam-macam Jaket dan Cara Merawatnya



“Pakeeet…!”

Begitu biasanya suara kurir yang mengantarkan paket ke rumah. Tertulis nama suami di paket tersebut. Hmm, apa isinya ya? Saya bertanya-tanya dalam hati. Biasanya sih suami beli suplemen herbal yang biasa dikonsumsi secara online. Walau penasaran, saya simpan rasa itu sampai suami datang. Tak pantas juga sih saya buka-buka barang orang lain tanpa ijin, walaupun barang itu milik suami sendiri. 

Rasa penasaran saya hilang saat suami pulang ngantor dan membuka paket tersebut. Isinya…sebuah jaket baru! Jaket? Bukankah jaket di rumah sudah ada beberapa, kenapa harus membeli jaket baru? Pemikiran seperti ini tiba-tiba saja muncul dalam benak saya, maklum emak irit. Segala hal tentang pengeluaran keuangan rumah tangga diperhitungkan. Padahal, suami belanjanya juga pakai uang sendiri, bukan uang belanja hehe.

  
cara merawat jaket
blibli.com

Namun sebelum saya konfirmasi sama suami, saya jadi teringat pembicaraan dengan seorang teman tentang kebiasaan suaminya. Jadi ceritanya teman saya itu menyuruh orang lain untuk menyeterika baju sekeluarga. Tapi sang suami tidak puas dengan hasil kerjanya karena dinilai hasil seterikaan orang tersebut tidak licin. Dari situ, mengalirlah pembicaraan saya dan sang teman, kalau ternyata laki-laki juga suka dengan penampilan yang baik, rapi, dan nyaman untuk dirinya. Apalagi seseorang yang ada di lingkungan kerja, yang dituntut untuk bertemu banyak orang, pasti ingin terlihat sebaik mungkin agar nyaman bekerja.

Dari situ saya berusaha mengerti, ya memang bagi sebagian orang seperti suami saya, jaket adalah sebuah kebutuhan. Hampir setiap keluar rumah, suami memakai jaket. Apalagi ia naik motor setiap akan berangkat kerja, butuh pelindung dari angin di luar rumah yang kadang tidak bersahabat. 

Mungkin, suami juga kalau lihat paket perawatan kulit dan makeup istrinya akan geleng-geleng kepala. “Banyak banget, buat apa aja sih..” Mungkin begitu pikirnya melihat berbagai cream, bedak , lisptik, dan lainnya di meja rias kamar. Tapi, ya itulah yang disebut kebutuhan untuk seorang wanita. Peralatan itulah yang dibutuhkan wanita agar nyaman dengan dirinya plus terlihat cantik di depan suami. Ssst, tapi tenang pak, sebagian peralatan perawatan kulit saya tak memakai uang belanja kok, jadi..masih aman :D.

Laki-laki dan perempuan memang berbeda, tetapi tetap satu tujuan. Eh, ngomong apa saya sih. Maksudnya, ya memang laki-laki dan perempuan itu bisa berbeda cara pandangnya tentang suatu hal. Tidak ada yang selalu cocok dalam suatu hubungan, kata para pakar. Yang ada itu adalah saling memahami satu sama lain.

Kembali lagi bicara jaket, sedia beberapa jaket di rumah bisa sebagai jaga-jaga, barangkali jaket yang satunya basah atau kotor jadi bisa memakai jaket yang lain. Persediaan beberapa jaket juga bisa disesuaikan dengan acara dan keperluan seseorang. Misalnya, memakai jaket parasut jika akan pergi ke gunung dan jaket kulit jika acaranya sedikit formal.

Setidaknya, di rumah ada 3 jenis jaket berdasarkan bahannya yaitu jaket kulit, jeans dan parasut. Jaket pun memerlukan perawatan tertentu agar tidak mudah rusak. Berikut ini adalah perawatan jaket dari beberapa sumber, sebagiannya pernah saya terapkan dalam merawat jaket suami di rumah.

1. Jaket kulit

cara merawat jaket kulit
jaket kulit (blibli.com)


Jaket kulit tidak perlu dicuci, apalagi menggunakan deterjen yang mengakibatkan panas karena akan merusak jaket dan membuat jaket kulit mengkerut. Cukup ditaruh atau digantung di tempat yang berangin atau bersuhu udara baik sehingga tidak mudah berjamur. 

Saya suka mengoleskan lotion pelembab ke permukaan jaket kulit agar bahan kulitnya jadi halus dan mengurarngi kerut akibat lipatan. Semir sepatu juga bisa digunakan agar warna jaket kulit tetap kuat. Jika ada kotoran di jaket, bisa menggunakan minyak goreng. Bila basah karena kehujanan, usapkan kain lembut ke jaket dan keringkan di tempat yang teduh serta tidak terkena matahari langsung.

2. Jaket berbahan jeans

Ada beberapa jaket jeans di rumah, salah satunya jaket militer yang berbentuk loreng. Sekarang sepertinya yang sedang trend jaket militer seperti yang dipakai tokoh utama dalam drama korea Descendant of The Sun. Di timeline facebook pun saya pernah melihat berita kalau Presiden Jokowi pun memakai jaket seperti tokoh drama korea tersebut. Dan sepertinya banyak toko online yang jual jaket militer seperti ini.

Saya biasanya langsung mencuci jaket jeans di mesin cuci. Ternyata, seharusnya direndam dulu selama 15 menit jika ada kotoran supaya kotorannya terangkat. Setelah itu, baru dikucek pelan dan tak terlalu lama. Heuheu, saya biasanya kurang sabar sih karena jaket jenas itu berat. Sementara cucian yang lain pun menanti.

Menyikat dan memeras jaket jeans juga seharusnya tidak terlalu keras. Dijemurnya pun harus di bawah sinar matahari dan tidak lupa untuk membaliknya agar semua bagian bisa kering sempurna. Pada saat menyetrika jaket jeans, hindari panas yang terlalu tinggi dan jangan terlalu ditekan. Jaket jenas juga sebaiknya digantung di tempat yang suhu udaranya baik sehingga tidak mudah berjamur.

3. Jaket parasut

Jaket parasut itu praktis karena tahan air, ringan dan cepat kering. Mencuci jaket parasut sebaiknya menggunakan sabun khusus yang kedap air. Saya biasanya menggunakan deterjen biasa yang lembut dan mencucinya di mesin cuci sampai bersih serta tidak meninggalkan residu. Jaket parasut bisa dikeringkan di mesin pengering untuk mengaktifkan fungsinya yang tahan air, lalu dijemur di udara terbuka. 

Bagaimana dengan teman-teman? Share yuk cara merawat jaket kesayanganmu di sini.


Comments

  1. Jaket memang banyak macamnya ya... suami saya juga pengendara motor, jadi jaket harus selalu tersedia :)

    ReplyDelete
  2. Saya pernah dapat kiriman jaket kulit dari Pakde. Jaket biasa kalau kotor kan tinggal cuci sendiri, beres. Tapi, ini ga boleh main-main. Saya tanya beberapa laundry, ga ada yang berani nerima setelah melihat jaket yang saya tunjukkan. Berbulan-bulan tidak dicuci, untungnya saya pakai juga jarang, dieman-eman, alhamdulillah jaketnya juga tidak bau. Setelah sekian lama, alhamdulillaah... menemukan tempat yang berani mencuci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaket kulit emmang perawatannya harus hati-hati ya

      Delete
  3. udah lama nih jaket kulit suami ga dioles lotion

    ReplyDelete
  4. belun pernah punya jaket kulit. jadi tahu cara perawatannya :)

    ReplyDelete
  5. Klo pas nyetrika jaket kulit itu yang riskan teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaket kulit kalo saya ga disterika mba ><

      Delete
  6. Jaketku kebanyakan sih bahan parasut jadi gak usah disetrika hehehe *modus*

    Tapi memang buat naik motor antar jemput anak sekolah, yang paling asyik jaket model gini sih :)

    ReplyDelete
  7. Jaket kulit dipadankan sama baju apa pun tetap kelihatan style :)

    ReplyDelete
  8. Saya juga mempunyai beberapa jaket termasuk jaket dinas militer.
    Ada jaket yang saya beli di Post Exchange Marinir di washington DC
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren di washington belinya pakde :)

      Delete
  9. saya yang ada jaket biasa ... nyucinya pun kayak biasa aja tampa sabun khusus ... :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro