Tips Memilih Smartphone


 “Mi, kakak kalau udah SMP, beliin Iphone ya…”

Begitu celutuk si sulung suatu hari. Waduuuh, Iphone ya. Saya sendiri tidak punya Iphone. Saya memang menjanjikan anak saya untuk memiliki smarphone saat SMP dimana saya pikir di usia segitu dia sudah lebih bertanggung jawab dan boleh punya media sosial. Tapi, saya tidak tahu juga nanti pelaksanaannya. Apakah ada rejekinya atau tidak. 

Anak jaman sekarang sudah update aja informasi tentang Iphone. Pasti anak saya tahu tentang hal ini dari teman-teman di sekolahnya. Saya sendiri malah tak terlalu tahu tentang Iphone. Misalnya, berapa harganya, apa spesifikasinya, dan sebagainya. Bagi saya, ketika memilih smartphone untuk diri sendiri atau untuk anak harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Harga

Memang benar kata kebanyakan orang, ada harga ada barang, Artinya harga smartphone semakin tinggi, semakin menunjukkan kualitas yang bagus. Seperti Iphone yang disinggung anak saya. Iphone 6 harga dan spesifikasi menunjukkan kualitasnya yang memang bagus.

Iphone 6 merupakan salah satu produk keluaran Apple untuk menarik pelanggan kelas premium. Saya sepertinya bukan kelas premium sih, kelas biasa-biasa saja atau menengah. Karena begitu melihat harga Iphone 6 di sebuah website, saya pun melongo. Lumayan mahal sih menurut saya, sekitar 8 sampai 10 juta.

iphone 6
macworld.co.uk

Tapi memang harga segitu tentu dibarengi kualitas yang sesuai. Kemampuan untuk merekam video dari iPhone 6 sungguh luar biasa, karena mampu merekam video dengan resolusi maksimal 1080p60 frame per slot. Sedangkan untuk yang suka berfoto, Apple telah menyiapkan lensa kamera 1.2 MP pada sisi depan iPhone 6 ini dan sudah di dukung fitur f/2.2, 31mm, 720p@30fps, face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular. 

Ini sungguh smarphone yang keren buat menemani saya membuat video masak atau merekam aktivitas seru anak-anak. Kualitas foto yang bagus tentu akan mempercantik blog ini. Ini baru bicara kamera Iphone 6 saja, belum lagi spesifikasi lainnya yang akan membuat kita kagum.

Buat teman-teman di kelas premium, Iphone 6 bisa menjadi salah satu smartphone pilihan anda nih. Tapi, kalau budget smartphone terbatas, masih banyak pilihan smartphone lain yang sesuai budget.

2. Kebutuhan

Untuk anak usia belasan tahun, rasanya kebutuhan smarphone yang paling penting adalah untuk komunikasi dengan orangtua. Sebisa mungkin media sosial dan game dibatasi. Di smartphone saya, tidak ada game karena saya memang tidak terlalu suka main game. Kalau ada, pasti deh udah dimainkan sama anak saya. 

Media sosial pun saya memilih yang saya butuhkan saja untuk pekerjaan dan hobi. Misalnya facebook dan instagram. Beberapa aplikasi yang saya butuhkan seperti aplikasi ojek online dan edit video, saya pasang di smartphone. Aplikasi edit video sangat disukai anak saya, dia jadi bisa berkreasi membuat video yang menarik menurutnya. Sebaliknya aplikasi yang tidak atau belum dibutuhkan, saya uninstall misalnya Line dan BBM. 

3. Keamanan

Ini penting juga karena anak-anak suka mengakses smartphone saya. Walau mereka tetap minta ijin, saya harus membuat smartphone saya aman untuk anak-anak dari segi konten dan fisiknya. Dari segi fisik, kita bisa melindungi smartphone dengan casing anti gore sehingga smartphone menjadi awet tampilannya. Berdasarkan pengalaman saya, kalau anak pinjam smartphone pasti beberapa kali smartphone terjatuh.Dari segi konten, kita bisa memilihkan smartphone khusus buat anak. Atau, kita bisa membatasi waktu anak bermain smartphone, memilihkan konten yang baik dan menarik untuk anak, serta mengaktifkan restrictide mode pada aplikasi youtube sehingga meminimalisir konten yang kurang sesuai untuk anak.

Bagaimana dengan teman-teman, apa yang teman-teman pertimbangkan ketika memutuskan untuk memiliki smartphone?



Comments

  1. Iya sama pertimbangannya seperti diatas, terutama sesuai kebutuhan aja, yang bisa dipake kerja dan selpih hahah

    ReplyDelete
  2. Iphone tuh...masih sebatas mimpi kayaknya.

    ReplyDelete
  3. Belum lagi terkadang aplikasi-aplikasi yang keren suka duluan hadir buat iphone. huhuhu, kaya foto apa itu yang bisa digerakkin ke kanan dan ke kiri, itu aplikasinya baru ada untuk iphone. Tapih harganya ituhhhh

    ReplyDelete
  4. wah , aku mah lihat harga dulu deh sesuai dengan kemampuan dan spesifikasinya yg cukup mumpuni

    ReplyDelete
  5. Kebutuhan dan harga mbak..
    Kadang walau butuh, tp harga nggak kejangkau...mending cari barang lain yang fungsinya serupa, tp lebih ramah fo harga

    ReplyDelete
  6. Dulu aku pakai Iphone, tapi sekarang beralih android karena Iphone nya rusak. Aku sih pertimbangan yang utama itu... budget, hihihi :p

    ReplyDelete
  7. Nggak kepikiran juga beli Iphone karena harganya yang bikin uhuk uhuk , tapio setuju mbak bahwa memilih smartphone harus berdasarkan kebutuhan dulu

    ReplyDelete
  8. Wah, ibu yang bijak hehe. Andai aku punya ibu :'(

    Btw, terima kasih tips nya. Bisa jadi referensi sebelum beli hp baru nih.
    Ditunggu kunjunganya hehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro