Cara Mudah Mempromosikan Produk Secara Online


Assalaamualaikum teman,

Pernah mengalami pengalaman seperti ini tidak? Saat kita nonton tayangan pavorit di youtube, tiba-tiba yang muncul bukan tayangan yang ingin kita tonton. Melainkan tayangan iklan yang tak bisa di-skip. Atau, saat kita mencari informasi di internet, tiba-tiba ada iklan pop-up yang muncul berkali-kali di tengah kegiatan kita browsing. 

Mengganggu nggak sih menurutmu, teman, iklan seperti itu yang tiba-tiba muncul tanpa kita klik? Kalau saya sih, iyes! Kegiatan saya jadi terganggu dan tertunda. Waktu saya pun jadi terbuang untuk menutup iklan tersebut, bahkan harus menunggu iklan sampai habis tayang. Kuota internet jelas jadi boros karena waktu memakai internet jadi lama.

cara mudah promosi produk online
id.techinasia.com

Tidak heran, sekarang banyak orang yang melakukan ad block atau pemblokiran iklan pada perangkat mobile mereka. Sebuah startup asal Irlandia, PageFair, pada tanggal 30 Mei lalu membuat laporan yang menyatakan bahwa saat ini telah terdapat 419 juta pengguna smartphone di seluruh dunia yang memblokir iklan online pada perangkat mereka. Angka tersebut merupakan 22 persen dari jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia.

Pemblokiran iklan tersebut dilakukan dengan berbagai metode, yaitu dengan web browser atau menggunakan aplikasi khusus seperti WeBlock dan CyberGhost. 38 juta orang di antara pengguna ad block berasal dari Indonesia. Hal ini membuat Indonesia berada di peringkat ketiga pengguna ad block browser terbanyak di perangkat mobile, setelah Cina (159 juta) dan India (122 juta).

Menurut Johnny Ryan, Head of Ecosystem dari PageFair, penggunaan ad block browser bisa menghemat data internet dan mempercepat koneksi. Karena itulah, ad block menjadi populer. Hal ini jelas merupakan kabar buruk bagi perusahaan yang menyediakan layanan iklan online. Perusahaan media (termasuk blogger seperti saya) dan para pembuat aplikasi yang mengandalkan pemasukan dari iklan banner juga patut khawatir dengan fenomena ini.

cara mudah promosi produk online
Contoh promosi online dengan social media endorsement


Namun, di balik fenomena ad block yang membuat sebagian pihak khawatir, ada satu fenomena baru yang menarik dunia marketing dan promosi bisnis. Saat ini promosi yang sedang marak digunakan pelaku bisnis adalah social media endorsement (influencer marketing), yaitu dengan menggunakan jasa selebgram, blogger, youtuber, yang memiliki followers banyak dan pengaruh besar, untuk mempromosikan sebuah produk/bisnis. 

Orang-orang menghabiskan banyak waktu mereka di social media (Instagram, YouTube, Blog, dan yang lainnya) untuk  mencari dan mendapatkan informasi tentang sebuah produk/bisnis dari orang lain di social media. Orang-orang tidak terlalu percaya iklan lagi karena mereka paham bahwa setiap bisnis pasti menyatakan bahwa produk mereka yang terbaik. Namun mereka percaya dengan rekomendasi dari orang-orang seperti mereka, termasuk orang-orang yang mereka sukai dan idolakan di social media seperti selebgram, youtuber, blogger, dan semacamnya (yang disebut sebagai influencers). Hal ini diperkuat juga dengan data dari wearesocial.com pada Januari 2016 yang menyebutkan bahwa: pengguna media sosial bertambah 10% dari tahun lalu, dan pengguna media sosial di perangkat mobile naik 6% dari tahun sebelumnya.

Untuk seorang pelaku bisnis, menjalankan social media endorsement (influencer marketing) tidak mudah dan cukup membuang banyak waktu. Butuh berhari-hari untuk mencari dan menemukan influencer yang tepat dan sesuai budget. Dan prosesnya tidak berhenti sampai menemukan yang tepat, namun banyak proses lainnya yang harus dilakukan seperti pembayaran, memonitor pekerjaan influencer, dan mengetahui hasil/statistik dari promosi yang telah selesai dilakukan.

cara mudah promosi produk online


Namun sekarang ada platform Sociabuzz yang memudahkan pelaku bisnis melakukan social media endorsement. Berikut ini adalah tahapan mempromosikan produk/bisnis secara online melalui Sociabuzz:

  1. Sign up di Sociabuzz.com
  2. Pemilik bisnis menulis dan upload kebutuhan promosi mereka ke SociaBuzz.
  3. Jika ada influencer yang tertarik, dari sekitar 10.000 influencer yang sudah tergabung di platform SociaBuzz, mereka akan mengajukan proposal ke pihak bisnis, dan pemilik bisnis bisa memilih yang paling tepat dengan kebutuhan dan budget mereka.
  4. Setelah mendapatkan influencer yang tepat, pemilik bisnis bisa langsung koordinasi dengan pihak influencer melalui fitur chat di SociaBuzz untuk mempersiapkan dan menjalankan promosinya.
Melakukan promosi produk atau bisnis dengan menggunakan SociaBuzz, prosesnya cukup mudah, cepat, aman dan nyaman. Konten promosi selamanya ada di internet dan social media, sehingga bisa ditemukan terus oleh calon konsumen dari pihak bisnis sampai kapanpun. Promosi lebih dipercaya konsumen karena disampaikan oleh orang-orang atau media yang mereka sukai dan percaya. 



Di Sociabuzz juga mudah menemukan dan mendapatkan influencer yang sesuai budget promosi pihak bisnis, mulai dari Rp 50.000 per posting per influencer. Pembayaran influencer lebih aman dan nyaman. Pemilik bisnis tidak perlu repot lagi membayar semua influencers satu per satu, karena SociaBuzz yang akan melakukannya. Jika kerjasama dengan influencer batal, uang juga di-refund 100% ke pihak bisnis.

Platform Sociabuzz  sesuai untuk teman-teman yang punya bisnis dan ingin melakukan promosi dengan mudah, baik bisnis skala kecil sampai menengah di berbagai bidang (fashion, makanan, beauty, restoran/cafe) maupun Startup (website, mobile apps, games, produk digital, jasa online). Jika ada yang mudah seperti Sociabuzz, kenapa harus mencari yang lain? Segera promosikan bisnis teman-teman di Sociabuzz dengan mengunjungi link berikut ini https://goo.gl/WE6pFJ .




Comments

  1. waa ada aplikasi nya untuk mempromosikan produk , baru tahu

    ReplyDelete
  2. Jualan online memang booming banget sekarang ya Mbak. Kita bisa mendapat konsumen dari berbagai belahan bumi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba tapi harus tetap gesit ya walau online

      Delete
  3. wah baru tau neh sociabuzz.. selama ini msih pke iklan PPC adwords buat promosi produk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba tuh di Sociabuzz, saya juga udah gabung tapi sebagai influencer :)

      Delete
  4. Ad block yg tampak seperti ancaman malah membuka peluang baru ya mbak.... Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  5. Lagi enak nonton sesuatu di youtube tetiba saja iklan nongol, itu bikin kesel. dengan adanya addblock ini sangat membantu. Trims sudah berbagi.
    salam

    ReplyDelete
  6. aku belum punya akun di sociabuzz teh, mau coba bikin, ach

    ReplyDelete
  7. iya, via social media sekarang engagementnya jauh lebih bagus dibanding kalau promosi offline. soundingnya lebih kerasa. kayak waktu ada launching brownies di cabang baru ada teman yang woro2 di fb dan akhirnya penjualan ludes dalam waktu 3 jam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw, hebat. saya dulu juga jualan di IG lumayan rame, tp kurang bisa manaje waktunya

      Delete
  8. lebih gaong skrg ya mbk nia klok pgn promosiin produk, dan tarifnya jg nyaman bgd di kantong,

    ReplyDelete
  9. Harus coba nih cara promosi produk online :)

    ReplyDelete
  10. Ngeselin sih mbak, kadang-kadang ads-nya lari-lari ngikutin kita scrolling page :D
    Kalau ada wadahnya gini kan enak, nanti saya juga mau sign-up di Sosiabuzz ah.

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada sociabuzz. Mau dong melamar jadi modelnya, minta ditoyor. Hahaha...
    Etapi kita bisa melamar jadi influencer dong ya.

    ReplyDelete
  12. Wah bagus infonya mbak.
    saya sudah gabung di sociobuzz tapi belum pernah ngejob dari situ.hihihi

    ReplyDelete
  13. iya., orang sekrang lebih senang dgn pemain medsos, lebih dapat fill a gitu ketika dipromosikan..,! Salam kenal mba, saya Yelli dri Aceh, senang banget baca blognya mbak!

    ReplyDelete
  14. Saya mau akh... Terimakasih ya mbak infonya..

    ReplyDelete
  15. Terima kasih info dan sarannya, kebetulan saya juga lagi mencoba untuk bisnis online,,

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro