Memilih Produk Asli Indonesia di Toko Online Blibli.com



Suatu hari nan lampau (duuh, kesannya saya udah berumur banget..padahal iya juga :D), saya mencuri dengar percakapan beberapa orang di belakang saya. Mereka tengah mengobrol tentang seorang wanita di kota kelahiran saya yang menikah dengan orang Jepang. Orang Jepang tersebut sangat kagum dan heran dengan orang Indonesia yang membuat macam-macam kreasi dari singkong. Ia takjub, dari satu penganan saja yaitu singkong bisa dijadikan macam-macam makanan seperti tape singkong, keripik singkong, getuk, gemblong, dan yang lainnya. Gemblong sendiri adalah semacam keripik dari singkong yang diberi bumbu dan tepung. Di kota kelahiran saya, Kuningan, banyak industry kecil yang menjual cemilan ini dan dijual sebagai oleh-oleh khas Kota Kuningan.

Ya, negeri kita Indonesia adalah negara yang menyimpan berbagai macam potensi, baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Banyak orang yang memiliki inovasi dan ide kreatif dalam menciptakan sebuah produk baru. Namun, kurangnya permintaan pasar terhadap produk tersebut, kadang membuat berbagai inovasi itu melemah. Kecenderungan masyarakat kita pun senang menggunakan produk dari luar negeri karena lebih bergengsi, padahal kualitasnya kadang-kadang tidak jauh beda dengan kualitas dalam negeri.



produk asli indonesia
produk makanan produksi anak Indonesia




Padahal sebenarnya ada banyak sekali keuntungannya jika kita menggunakan 100% produk kreatif asli Indonesia, bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk seluruh masyarakat Indonesia.

1.       Meningkatkan pendapatan Negara. 

Pendapatan negara kita pastinya akan meningkat apabila kita melakukan ekspor atau penjualan produk kita ke luar negr. uang yang kita dapat dalam bentuk dollar otomatis akan kita tukarkan ke bank dan secara tidak langsung menambah cadangan devisa bagi negara ini.

2.       Memperluas lapangan pekerjaan

Jika penjualan produk asli Indonesia meningkat akan memperbanyak jumlah produksi, sehingga akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak lagi. Untuk itu jika kita mau membantu para pengangguran di negara kita ini maka cintai dan pakailah produk Indonesia.

3.       Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Kesejahteraan masyarakat  akan meningkat apabila semakin banyak masyarakat yang memiliki pekerjaan. Angka kemiskinan di negara ini juga akan menurun apabila kita selalu menggunakan produk asli indonesia.

4.       Meningkatkan kualitas produksi

Apabila suatu industri lokal berkembang tentunya mereka akan meningkatkan kualitas produk mereka. Biasanya para produsen akan berfikir ulang, apabila penjualan mereka sudah baik maka tahap selanjutnya yaitu peningkatan kualitas produk mereka. Hal ini mereka lakukan untuk bersaing dengan produk luar negeri yang katanya jauh lebih baik dari produk lokal. 

Produk Indonesia sebenarnya banyak juga yang berkualitas bagus, bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Misalnya makanan khas Padang, rendang, merupakan makanan yang diakui kelezatanya oleh masyarakat internasional. Saya sendiri banyak menggunakan furnitute karya anak Indonesia di rumah, yaitu berupa furniture kayu hasil karya perajin di sekitar rumah. 

Produk asli Indonesia yang unik-unik bisa menjadi suvenir yang menarik buat teman-teman kita dari luar negeri. Kita bisa memperoleh produk asli Indonesia dari usaha kecil dan menengah di  sekitar tempat tinggal kita. Jika ingin lebih leluasa memilih, bisa membeli produk hasil karya anak Indonesia di toko online blibli.com. Disana pilihannya beragam sesuai dengan keinginan dan dana yang tersedia. Diantara produk anak bangsa yang bisa kita pilih di toko online ini adalah:

1.       Produk fashion

Produk fashion karya anak bangsa di toko online Blibli.com diantaranya adalah baju dan tas. Ada t-shirt Arez co yang diperagakan model penyanyi Afgan. Kaus ini merupakan T-shirt berbahan serat bambu cotton yang didesain comfy dalam image digital printing dengan round neckline yang nyaman digunakan sehari-hari. Selain itu, ada brand Anakara yang mempersembahkan produk fashion dari kain etnik.

produk asli indonesia
Anakara Fringe Handwoven Outer

Salah satu produk dari Anakara yang menarik perhatian saya adalah Anakara Fringe Handwoven Outer. Outer berbahan tenun ini didesain unik dengan bukaan depan dan detail tassel. Untuk saya yang berhujab, saya membayangkan outer ini begitu pas untuk dipadukan dengan gamis polos saya yang berwarna hitam.

Selain pakaian, ada produk tas berbahan kain etnik karya anak bangsa dengan brand Lawe di toko online ini. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Lawe Indonesia Lona Wallet Dompet Wanita berwarna Purple. Dompet ini merupakan dompet wanita berbahan tenun lurik kombinasi kanvas yang didesain trendy dengan detachable wristlet strap, 6 slot untuk kartu, satu slot foto, 2 full light bagian kas, dan satu bagian untuk koin.

produk asli indonesia

Ada juga tote bag XOXO Bali dari kain kanvas dengan motif yang lucu-lucu. Tote bag ini didesain dengan digital printing dan memiliki kompartemen utama luas, snap on buton openinf dan nylon handle strap. Ukurannya sekitar 34cm (lebar) x 45cm (tinggi). Jam tangan Wish dengan hiasan pola batik juga sangat menarik dan bisa didapatkan di Blibli.com.

2.  Makanan dan minuman

Makanan dan minuman produk anak bangsa Indonesia juga tak kalah inovatid dan lezat dibanding produk luar negeri. Contohnya di Blibli.com kita bisa mendapatkan minuman beraneka rasa (coklat, green tea, dan sebagainya) dengan merek JPS. Makanan pun ada di toko online ini, misalnya berbagai cemilan, cake, maupun lauk teman nasi.

produk asli indonesia



3. Produk kecantikan

Salah satu produk kecantikan hasil karya anak bangsa yang dijual di toko online Bliblbi.com adalah berbagai sisir dari kayu dengan desain yang unik dan bermerek Wooden. Sisir Wooden selain untuk menyisir rambut, ada juga yang dikhususkan untuk menyisir jenggot, sisir lipat, dan sebagainya. Selain itu, disediakan juga minyak khusus untuk rambut dengan brand yang sama.

4.      Furniture

Aneka aksesoris untuk melengkapi furniture di rumah bisa didapatkan juga di toko online ini. Salah satunya brand Tan Living yang menyediakan bantal kursi, berbagai patung, dan kotak aksesoris. Desainnya yang unik juga menonjolkan kekasan Indonesia, misalnya sarung bantal yang bermotif batik.



Banyak sekali pilihan produk karya anak Indonesia yang ada di toko online Bliblbi.com. Kita bisa memilihnya sebagai hadiah atau konsumsi sendiri. Yang pasti, dengan membeli produk dalam negeri kita akan merasakan manfaatnya seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya. Kita juga berharap, produk-produk Indonesia akan menjadi Produk Kreatif 100% Indonesia yang Mendunia.   


Comments

  1. sore mbak, enak tu kayak keripiknya, pedas pasti. hehehhe
    produk indonesia sebenarnya tidak kalah dengan produk luar, cuma gengsi konsumennya mbak yang ngalahin produk dalam negeri sama pemasaran kedalamnya kurang

    ReplyDelete
  2. proses penyadaran harus dilakukan semua fihak ya Mbak, semoga kita para blogger bisa berkontribusi dengan semangat . . . mau tuh produknya kece - kece.

    ReplyDelete
  3. Damn I Love indonesian product.
    Tp ngomong ny sok kebule-bulean teh, maaf ya
    Aku suka produk Indonesia, apalagi makanan khas Jawa barat, udah gk bisa ke lain rasa deh. Basreng di Ciamis juga banyak.

    ReplyDelete
  4. Iya juga ya. Kadang mindset kita tuh bilangnya produk luar lebih keren padahal produk karya anak bangsa juga nggak kalah kerennya.

    ReplyDelete
  5. Mantap nih emang blibli. Bisa kali saya bookmark dulu teh, siapa tau mau borong buat furniture dan dekorasi rumah / kantor

    ReplyDelete
  6. Setuju banget Mbak, produk kita jug anggak kalah sama produk luar. Leih etnik juga

    ReplyDelete
  7. Banyak sekali ya mba produk dalam negeri yang ada di BLibli :)

    ReplyDelete
  8. Amat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia ya, Mbak, Blibli ini

    ReplyDelete
  9. Produk2 lokal juga skrng bagus2 baik kualitas maupun pemasarannya ya mbak, moga maju terus usaha2 lokal ini :)

    ReplyDelete
  10. Waa disana lengkap ya
    Mba Kania sering belanja online?

    ReplyDelete
  11. Baguss baguss produknyaa mbak yaa, indonesia banget. Semakin sring beli dan memilih produk lokal berarti turut serta meningkatkan perekonomian masy. Indonesiaa. . Kualitasnya juga ndak kalah sama produk luar kok. Bahkan lebih bagus dan unik menurut saya 😁 tfs mbaak. . Salam kenal 😊😁

    ReplyDelete
  12. aku sendiri utk barang2 kayak tas, sepatu, itu lbh suka pake produk negri sendiri mba :).. ada langgananku yg bisa homemade... kualitas bgs, harga jauuuh lbh miring.. mending pake merk loal drpd ketahuan pake merk KW ;p.. ya ga sih.. aku malah malu klo beli produk palsu

    ReplyDelete
  13. Wow itu basreng :D Dompetnya dan baju yang paling atas itu cakep banget. Iya produk lokal juga sekarang sama bagusnya kok. Saya mah ga fanatikan harus pakai produk luar, apalagi cuma karena gengsi :D

    ReplyDelete
  14. Blibli ini jadinya semacam menggandeng UKM gtu ya mbk?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro