Nyi Penengah Dewanti, Penulis produktif Dari Kendal

Nyi Penengah Dewanti. Entah kenapa nama itu tak asing di telinga saya. Mungkin saya pernah mendengarnya di media sosial, atau mungkin grup kepenulisan yang saya ikuti, atau dari deretan nama penulis buku di toko-toko buku. Saya lupa kapan tepatnya mendengar nama ini. Sampai kemudian saya dipertemukan secara maya di sebuah grup whatsap arisan link yang diadakan Blogger Perempuan.

Ternyata benar, Nyi memang seorang lifestyle blogger, karena itu saya pernah menemukan namanya di media sosial. Nyi juga ternyata tergabung di sebuah grup kepenulisan yang sama dengan saya. Dan Nyi juga seorang penulis buku yang bukunya sudah banyak terpajang di toko buku. 

blogger kendal
Nyi Penengah Dewanti

Suatu hari saat saya sedang jalan-jalan sama keluarga di Giant Bintaro, ada tumpukan buku diskon di depan supermarket itu. Saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapat buku murah dan berkualitas. Saya menemukan salah satu buku Nyi di sana berjudul “Promise, Love & Life” dan langsung saya ambil buku itu ke daftar belanjaan saya. Selain ingin mengenal lebih dalam penulisnya yang notebene satu grup blogger, juga karena saya menyukai cerita inspiratif yang bisa membangkitkan semangat hidup.

Buku Nyi berjudul “Promise, Love & Life” bercerita tentang kisah hidup Nyi saat ia masih menjadi TKW di Hongkong. Usianya belum genap 17 tahun saat menjadi TKW, karena itu datanya dirombak habis-habisan oleh PT yang memberangkatkannya. Perjuangan Nyi mencari rejeki di Hongkong penuh dengan drama. Mulai dari dimarahi, dipukul, dan dipotong gajinya oleh majikan. Nyi selalu berharap kekuatan dari Allah SWT dengan tetap berusaha melakukan ibadah seperti shalat dan puasa, walau kadang sembunyi-sembunyi dari hadapan majikan.  Dan kini Nyi tidak lagi bekerja sebagai TKW dan Kini Nyi menekuni passionnya sebagai penulis.

nyi penengah dewanti
salah satu karya Nyi Penengah Dewanti

Nyi sudah menerbitkan banyak buku, baik solo maupun antologi. Daftar buku-buku yang pernah Nyi terbitkan bisa dilihat di blog Nyi di www.nyipenengah.com di label “My Book”, atau di album “Perjuangan Jari-jariku” di akun facebook Nyi Penengah Dewanti yang memuat 123 foto. Means, buku yang sudah diterbitkan Nyi jumlahnya ratusan! Subhanallah, top banget deh, iriiii pengen bisa menulis banyak buku yang menginspirasi seperti Nyi.

Oh ya, Nyi juga seorang Blogger Kendal an banyak menuangkan cerita tentang daerah asalnya di blognya yang lain yaitu www.bloggerkendal.com. Baru-baru ini, di timeline faceooknya, saya melihat Nyi punya blog baru lagi yaitu www.nyipede.com. Waw, produktif banget, Nyi! Selagi muda dan sehat memang harus produktif dan terus berkarya sesuai bidang yang diminati, ya Nyi.

Semoga makin banyak karyanya dan tetap menginspirasi ya, Nyi. Buat teman-teman yang ingin mengenal lebih dalam Nyi penengah Dewanti, bisa membaca postingan blognya atau follow media sosialnya berikut ini.

Facebook: Nyi Penengah Dewanti
Instagram/twitter: @nyipenengah



Comments

  1. Ini yang bisa dibilang, pengalaman tak mengenakkan bahkan bisa dijadikan pembelajaran bagi banyak orang ya Mba. Melalui tulisan, orang tau bagaimana suka duka jadi tkw.

    ReplyDelete
  2. Nyi memang membmumi sekali. Di anggak pelit ilmu juga :)
    Salam kenal, ku follow, folbek ya :)

    ReplyDelete
  3. Namanya unik, jadi gampang di notice. Nyi Penengah Dewanti, berarti anak yang di tengah kali ya Mbak..atau itu nama pena?

    ReplyDelete
  4. teman2 yang TKW juga banyak yang suak nulis mak, ada yang malah difasilitasi oleh majikannya, malah temanku ini bikin komunitas menulis di sana untuk mewadahi TKW yang suka nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bersyukur bagt dapat majikan yg baik hati

      Delete
  5. Perjuangannya sangat menginspirasi :)

    ReplyDelete
  6. Mantaff mbaa artikelnyaa....gk naik mobil nyaa mbaa sekaliannn...hheheheh

    salam blogger

    ReplyDelete
  7. Wah iya mbk nyi emang produktif sekali dan baru ngerti kl dia mantan tkw mbak. Salut

    ReplyDelete
  8. Udah sering denger nama Nyi PD ini. Sejak dari aku belom ngeblog dan baru kenalan sama dunia nulis buku. Baru sekarang tahu lebih banyak. Salam kenal, Mbak Nyi Penengah Dewanti. :)

    ReplyDelete
  9. Beruntung banget Nyi bsa foto depan mobil RI-1 ya. DIbolehin ya sama paspamres-nya

    ReplyDelete
  10. Aku kadang suka cari buku yang ditulis sama teman yg ada di group. Tapi belum nemu. Ternyata jadi TKW itu gak enak ya, masa sampai digituin. Tapi karena pengalamannya, bisa jadi pelajaran buat Nyi dan orang lain yang membaca. Semangat terus Nyi dan selalu membuat karya yang terbaik!

    Btw, mba Kania rumahnya di sekitar bintaro ya? aku juga kadang suka ke giant dan lottenya kalau main :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa, lah emangnya mba Faycha tinggal dimanaaaa?

      Delete
    2. Aku ada dimana-mana mba hehe. Kadang di Bintaro kadang di Jakarta Barat. Btw kok buka blog mba Nia tanpa www gak bisa ya? error gitu. Tapi kalau pakai www bisa sih.

      Delete
  11. Nyi belajar ternak blog dari siapa yooo ? :D
    Saya sebenarnya jatuh cinta sama Nyi ini, dia punya kekuatan nulis yang 'wah'
    Mestii dicontek ilmunya

    ReplyDelete
  12. Belum kenal. Kenalan duh ah. Salam kenal mbak :))

    ReplyDelete
  13. aku kenal nyi dari tahun 2011. semangat itu luar biasa buat dicontoh. :D

    ReplyDelete
  14. Nyi...
    Bener-bener berangkat dari nol yaa...

    Sukses selalu untuk Nyi..^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro