Kenali Kebutuhan Kulit Kita

Sejak remaja, masalah kulit saya selalu seputar jerawat. Mau haid atau tidak, jerawat selalu saja nangkring manis di wajah saya. Saya sudah berobat ke sebuah klinik dokter kulit di Cirebon, yang setiap kali berobat menghabiskan dana ratusan ribu. Namun, jerawat saya tak kunjung sembuh.

Ditambah lagi dengan alergi kulit terhadap logam atau makanan tertentu, menambah parah masalah kulit saya. Kulit wajah saya di dekat telinga sering lecet karena terkena logam dari kacamata. Saya pernah makan udang lumayan banyak karena baru pertamakali mencicipi udang goreng tepung. Lalu, esok harinya wajah saya kemerahan di selutuh permukaan. Malu banget deh jalan ke sekolah.


kenali kebutuhan kulit kita
pixabay.com

Penyebab masalah kulit saya selain hormon kewanitaan adalah, saya suka mencoba produk ini itu tanpa tahu kebutuhan kulit saya. Maklum, namanya juga remaja yang suka coba-coba. Lihat iklan ini, pengen. Lihat iklan itu, pengen juga. Jadi deh, saya mencoba berbagai produk tanpa sepengetahuan orangtua dan tanpa tahu apakah produk itu sesuai tidak dengan kulit remaja saya.

Sampai sudah menikah dan punya anak, masalah saya masih tetap sama tetapi mulai berkurang karena saya belajar untuk mengenali kebutuhan kulit saya. Dengan rajin membersihkan muka dan menggunakan produk anti acne, akan membantu kesehatan kulit wajah dan mencegah jerawat datang. Untuk sehari-hari, saya tidak memakai banyak produk perawatan. Hanya facial wash saja dan pelembab. Kalau mau pergi, baru deh sedikit banyak polesan dengan ditambah BB cream, bedak, pensil alis, dan lipstick.

Saya cocok nih dengan salah satu produk facial wash anti acne dari salah satu brand kosmetik Indonesia. Saya terus memakai produk tersebut. Kalau saya konsisten, jerawat bisa jarang-jarang datangnya. Saya juga sekarang memakai kacamata bergagang plastik sehingga relatif aman untuk kulit saya yang sensitif.

Untuk makanan, sebenarnya tak terlalu banyak pantangannya. Saya pernah mengikuti cooking class dimana salah satu menunya itu udang goreng tepung. Kata chefnya, yang bikin udang menyebabkan alergi pada orang yang memakannya adalah karena udang tersebut tidak dimasak dengan betul atau tidak bersih. Makanya, saya tidak berpantang makan apapun. Asal seimbang asupan nutrisinya, insyaallah semoga sehat-sehat saja dan kulit tidak bermasalah. Jangan lupa juga minum air putih yang banyak biar kulit kencang.

Di usia saya yang terus beranjak naik, jerawat mulai berkurang dan hanya datang sesekali ketika mau haid. Namun masalah kulit wajah yang lain muncul yaitu keriput dan kantung mata yang melebar. Sepertinya, perawatan kulit wajah yang saya butuhkan sekarang adalah perawatan anti aging. Banyak sekali brand yang mengeluarkan produk perawatan anti aging, salah satunya adalah Zalfa.

Kebetulan nih, di blognya mbak Winda Trisuci, sedang ada Giveaway yang salah satu hadiahnya adalah produk Zalfa anti aging yang saya inginkan. Terdiri dari facial wash, anti aging serum, day cream dan night cream, produk tersebut bisa membantu masalah kulit saya. Apalagi produk Zalfa sudah bersertifikat BPOM dan halal MUI, jadi aman dan tenang menggunakannya.

Bagaimana dengan teman-teman? Sudahkah mengenali kebutuhan kulit sendiri?

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti giveaway yang diadakan The Journey di http://www.dajourneys.com/2017/03/skin-care-giveaway.html



Comments

  1. Kulitku agak kering, mba. Jadi butuh skincare yang melembabkan :)

    ReplyDelete
  2. aku jadi penasaran deh sama produk Zalfa ini, karena emang lagi nyari nih biar mukaku ga kusem.

    ReplyDelete
  3. Aku jerawatan biasanya sebelum mens juga mbak. Dulu pernah pas kuliah bruntusan juga..gara2 sering kemakan iklan

    ReplyDelete
  4. Kalau jerawat syukurnya gak betah di wajahku tapi kalau flek hitam tuh yang bandel banget dimana-mana kalau udah hinggap aja gak mau hilang

    ReplyDelete
  5. templatenya gresss ya kak nia :D
    btw iya nih suka males rawat kulit saya

    ReplyDelete
  6. Kita harus kenal tipe kulit wajah dulu sebelum menentukan produk skincare yang sesuai.

    ReplyDelete
  7. Hi mba Maya :), thank you ya udah ikutan giveaway aku ^_~ to bad yang ikutan kurang dari 10 orang, kalau mbak Maya bersedia mengganti ongkos kirim hadiahnya, kontak aku di wind.atree@yahoo.com dengan subjek GIVEWAY WINNER ya :) thanks

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro