Mengatasi Anyang-anyangan Dengan Ekstrak Cranberry

Apakah teman-teman seorang penyuka kopi seperti saya? Sepertinya, kita harus waspada nih karena kemarin-kemarin saat saya lagi googling, saya menemukan informasi bahwa orang yang sering minum minuman yang bersifat diuretic seperti kopi, bisa terkena anyang-anyangan.

Waduh, takut juga sih kalau sakit karena kesenangan sesaat yang diperoleh. Saya memang penggemar  berat kopi. Dalam sehari harus meminum minimal secangkir kopi. Kalau tidak, kepala saya suka pusing dan tidak bersemangat mengerjakan semua pekerjaan rumah. Tapi, pernah juga sih tidak minum kopi dalam sehari karena lupa dan sibuk dengan kegiatan tertentu. Jadi, sebenarnya bisa dialihkan kecanduan minum kopi ini. 

Mengenal Anyang-anyangan

Anyang-anyangan disebut juga infeksi saluran kemih. Saya lebih familiar dengan sebutan infeksi saluran kemih dibanding anyang-anyangan. Waktu anak sulung saya berusia tiga tahunan, ia pernah didiagnosa terkena sakit ini dan harus dirawat di rumah sakit selama kurang lebih seminggu. Sedih banget lihat anak harus berkali-kali disuntik untuk memasukkan selang infus. Syukurnya, semua biaya rumah sakit dicover oleh asuransi kesehatan dari kantor suami.
Penyakit anyang-anyangan dapat diderita oleh laki-laki atau perempuan. Namun ternyata penyakit anyang-anyangan ini lebih banyak diidap oleh wanita. Risiko seorang perempuan terkena sakit anyang-anyangan mencapai 50 persen, wow! Secara anatomi, memang pada perempuan jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar (BAB) lebih dekat. Oleh karena itu, perempuan rentan mengalami gangguan saluran kemih.

anyang-anyangan

Anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing. Kadang-kadang ada rasa perih dan panas saat buang air kecil. Penyebab sakit saat buang air kecil biasanya terjadi karena sering menahan kencing.
Penyebab anyang-anyangan lainnya seperti yang saya sebutkan di awal, yaitu terlalu banyak minum minuman yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Duuh, saya jadi ngeri dan waspada nih, karena kopi dan teh termasuk minuman yang sering tersedia di setiap rumah, termasuk di rumah saya. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.

Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

1.      Infeksi saluran kemih bawah, merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih dan sakit saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat.
2.     Infeksi saluran kemih atas, merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.
Cara Mengatasi Anyang-anyangan
Kabar baik untuk perempuan yang beresiko terkena anyang-anyangan, karena kita bisa mengatasi anyang-anyangan salah satunya dengan mengonsumsi Prive Uricran yang mengandung ekstrak Cranberry. Cranberry (vaccinium oxycoccos) adalah jenis berry yang termasuk tanaman semak dan biasanya tumbuh liar. Tanaman Cranberry yang buahnya berwarna merah tua ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Penggunaan cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan sudah lama dikenal di dunia. Konon, sejak jaman Indian Kuno cranberry digunakan untuk mengobati luka akibat kena panah. Sekarang, Cranberry digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah sariawan dan sebagai antioksidan.

mengatasi anyang-anyangan dengan ekstrak cranberry

Antioksidan dalam cranberry disebut Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Antioksidan ini dikenal memiliki sifat anti adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.
Pada Bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Perancis, AFSSA, mengijinkan penggunaan jus buah cranberry untuk kesehatan saluran kencing, termasuk diantaranya mengatasi susah buang air kecil yang merupakan gejala anyang-anyangan. Hal tersebut dibuktikan dengan 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.
Ekstrak Cranberry dalam Prive Uricran dikemas dalam bentuk kapsul dan powder sachet sehingga sangat mudah dikonsumsi, bahkan bisa dibawa bepergian karena kepraktisannya. Prive Uricran merupakan ekstrak cranberry pertama di Indonesia yang diproduksi oleh Combiphar. Prive Uricran bisa didapatkan di berbagai apotik dan toko obat seperti Guardian, Century, Watsons, Kimia Farma, Viva Generik, dan lain-lain. Informasi lebih lengkap tentang Prive Uricran dapat kita lihat di website resminya di www.uricran.co.id.

mengatasi anyang-anyangan dengan ekstrak cranberry

Yuk, sayangi tubuh kita dengan menjaga saluran kemih tetap sehat. Kalau sudah sakit, repot deh ladies, tidak bisa beraktivitas dengan maksimal. Multitasking mom seperti saya tentunya harus sehat agar keluarga dan pekerjaan rumah tetap aman terkendali. Agar saluran kemih tetap sehat, kita bisa melakukan pencegahan dengan dengan beberapa cara, diantaranya dengan hal berikut ini.
  1. Tidak menahan buang air kecil (BAK)
  2. Segera ganti pakaian dalam yang kotor
  3. Basuhlah dengan benar dengan air mengalir saat Buang Air Besar (BAB)
  4. Tidak menggunakan toilet yang kotor.
  5. Rutin mengonsumsi ekstrak cranberry.
Oh ya, jangan lupa asupan makanan sehat juga ya. Ah, ini sih mengingatkan diri sendiri untuk tak berlebihan minum kopinya. Semoga sharing ini bermanfaat ya dan semoga kita semua tetap semangat untuk sehat!

Comments

  1. Enam bulan yg lalu aku pernah kena anyang-anyangan lantaran menahan pipis.. Gegaranya aku kan suka beser (istilah sering pipis lantaran byk minum) ..Nah suatu hari aku nahan pipis kan pas berada di tempat ya susah nyari toilet.. Besok2nya aku merasa perih ketika pipis.. Aku diamkan aja kupilih sembuh sendiri.. Ehh malah tambah perih shg aku mesti ke dokter.. Kata dokternya untung cepat diobati.. Kalo gak segera diobati bisa ngaruh ke ginjal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tetap sehat ya mba Rita

      Delete
    2. Waduh seram ya Mbak Rita. Moga sehat terus Mbak.

      Delete
  2. hemm, pantes kena anyang-anyang, ni toh sebabnya, makasih ya mbak infonya :)

    ReplyDelete
  3. Wah terimakasih, saya juga pecinta kopi. Hmm ... mesti diantisipasi nih.

    ReplyDelete
  4. Aku dulu,waktu masih ngajar....langganan ISK,obatnya disuruh banyak minum air hangat...
    makasih mak infonya,tentang uri chan

    ReplyDelete
  5. Ternyata penyakit anyang-anyangan patut diwaspadai dan harus diobati ya dan baru tau ada obatnya uri cran

    ReplyDelete
  6. Saya kaalaau anyang"an masih pakai cara tradisional buat nyembuhinnya mbak, biasanya jempol dikasih karet. Hehehe

    ReplyDelete
  7. aku dulu suka anyang2an dan bolak balik ke dokter ternyata setelah diteliti aku kurang minum, setelah bany minum aku gak pernah lagi anyang2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya juga suka lupa minum, mksh remindernya mba

      Delete
  8. dulu juga sering ayang2an gara-gara naha pipis di sekolah. maunya pipis di rumah saja hihihi

    ReplyDelete
  9. Aku pernah anyang-anyangan, tapi udah lama banget. Dulu karena minum kopi juga, diganti teh tetep aja anyang-anyangen. Ternyata karena ada yang salah dengan konsumsi cairan, atau sesuatu ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba minuman diuretic seperti kopi dan teh ternyata bisa menyebabkan anyang-a-nyangan ya

      Delete
  10. Pertama anyang anyangen dulu waktu kecil rasanya awesome banget. wkwkwk..
    tapi sekarang Alhamdulillah bisa ngakalin :D

    ReplyDelete
  11. Anyang-anyangan memang menganggu ya mba

    ReplyDelete
  12. Aku sering menahan kecing mbak, apalagi jika di luar, dan saat menemukan kamar mandi yg kurang terawat, gx mau keluar BAK nya. Jadi ditahanlah sampai ke rumah. Duh.., bahaya banget ta mbak, bisa risiko Infeksi Saluran Kemih (ISK). Terima kasih infonya mbak. Jadi lebih tahu nie tentang ISK, dan produk urican ne,kayak cocok deh untuk di konsumsi oleh kita2.

    ReplyDelete
  13. dulu pernah dikasih tahu, teh. Kalau minum air hangat campur air dingin, bisa anyang anyangan.

    ReplyDelete
  14. Anyang-anyangan tuh ga enak bangggeeeett.

    ReplyDelete
  15. Dulu remaja sering kena karena malas minum air putih dan sering nahan pipis

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih suka lupa minum air putih tapi kalo udah sakit harus ingat sering minum air putih

      Delete
  16. Mesti cari tahu nih apakah aman buat anak-anak ... pernah dengar ada ponakan yang kena anyang-anyangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya saya jg belum tahu kalo buat anak aman ga

      Delete
    2. Kalau sudah dapat info, kabari saya ya Mbak Kania

      Delete
  17. Anyang-anyangan emang mengganggu ya Mbak. Apalagi kalau lagi jalan2 keserang anyang anyangan ... Menderita banget.

    ReplyDelete
  18. Paling gak enak nih kalau udah nayang-ayangan. Rasanya gak nyaman mau pergi-pergi. Dikit2 ke toilet trus perut juga serasa ada yang ganggu

    ReplyDelete
  19. Jadi ini ya, jadi tau aku. Makasih ya, Mba :)

    ReplyDelete
  20. Berarti kebiasaanku nahan bak harus diubah neh

    ReplyDelete
  21. Dulu klo anyang2an..aku malah malas minum..karena takutnya jd lebih sering ke toilet. Ternyata salah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg berfikir gitu pdhal air putih kan bagus

      Delete
  22. saya juga rutin konsumsi ini untuk mencegah anyang-anyangan Mbaa :)

    ReplyDelete
  23. aku pernah tuh nonton acara ttg orang yg kecanduan kopi..gejalanya mirip dg yg dialami kania..tapi berbeda dengan narkoba atau tembakau, kecanduan kopi bisa dialihkan dg kesibukan katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba Ade, sudah berapa hari ini saya ga minum kopi..kalo ngantuk ya saya tidur sebentar

      Delete
  24. Thanks infohnya mba sangat bermanfaat. saya juga penyuka kopi

    ReplyDelete
  25. Ada 2 variant juga ya, kapsul dan bubuk. Jadi bisa milih, enaknya mau konsumsi yang mana. Ayang2an memang nggak bisa dianggap sepele juga sih.

    ReplyDelete
  26. Thanks looot tipsnya ya mbaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  27. Cranberry emang bagus Mak, tinggi kandungan antioksidannya, jadi bukan cuma untuk anyang-anyangan aja sih, hehe.. Untuk jaga kesehatan juga bagus, asal jangan kebanyakan aja :p

    ReplyDelete
  28. Kalo liat Uri-Cran itu kok bawaannya pengen nyicip terus ya? mungkin karena gambar cranberrynya yang ranum banget itu, hihi. Tapi rasanya emang enak sih, ini obat yang paling enak juga. Heheh

    ReplyDelete
  29. aku juga paling sebel kalau anyang-anyangan mbaaa..untuk sudah banyak obatnya yaaa

    ReplyDelete
  30. Kalau rutin minum jusnya bisa terhindar dari Anyang anyang-anyangan ya mba,

    ReplyDelete
  31. Bebas anyang-anyangan, berkat Uricran..

    ReplyDelete
  32. Pernah terkena anyang-anyangan waktu hamil, nggak enak banget, untung sekarang ada uricran ya ^^

    ReplyDelete
  33. aq jg suka nahan pipis mak, iihh ternyt g boleh bgt ya

    ReplyDelete
  34. Aku pernah mengalami anyang anyangan Mbak, rasanya enggak enak banget. Salah satu penyebabnya karena sering menahan buang air kencing ya Mbak.

    ReplyDelete
  35. Anyang2an ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata ya mbak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro