Tips Padu Padan Gamis

Baju gamis bagi wanita muslimah tentu tidak asing didengar dan sudah menjadi bagian dari model busana yang umum ditemui. Gamis merupakan pakaian dimana atasan dan bawahan menyatu, menutupi bagian tubuh dari atas sampai ke bawah. Di timur tengah, gamis disebut dengan abaya, dan di barat disebut dengan long dress.

Apakah semua musllimah senang memakai gamis? Itu sih tergantung selera fashion masing-masing. Saya dulu termasuk yang tidak terlalu menyukai menggunakan gamis, alasannya karena terlihat seperti ibu-ibu. Saya lebih menyukai atasan dan bawahan yang terpisah. Namun setelah menjadi ibu, justru gamis adalah salah satu model busana yang saya sukai Karena praktis dipakai. Gamis juga sangat nyaman dipakai untuk beraktivitas, tertama karena bagian perut tidak tertekan oleh bawahan yang biasanya memakai karet. Juga, biasanya bagian bawah gamis berbentuk lebar yang memudahkan dalam melangkah.

tips padu padan gamis
Gamis tanpa lengan ini dipadukan dengan outer dan kerudung bermotif

Ada beberapa tips padu padan gamis yang bisa kita praktekkan agar memakai gamis bisa tetap tampil menarik dan tidak membosankan, sehingga gamis akan terlihat lebih fashionable dan bisa dipakai oleh semua muslimah baik yang sudah menjadi ibu ataupun belum. Tips tersebut diantaranya adalah:

1.       Polos dan motif

Jika kita memakai gamis polos, kita bisa memakai kerudung yang bermotif agar tetap bisa tampil menarik. Berbagai motif kerudung sekarang menarik dan cantik. Begitu juga sebaliknya, jika kita memakai gamis yang bermotif, kita bisa memakai kerudung polos untuk padanannya.

2.       Padu padan warna

Jika kita tidak menyukai pakaian bermotif, kita bisa memainkan warna agar memakai gamis tetap menarik dengan memakai warna yang berbeda antara gamis dan kerudung. Misalnya, gamis yang kita pakai memiliki warna yang lebih tua dari kerudungnya. Banyak juga muslimah menyukai gamis warna hitam karena bisa menutupi bagian tubuh yang berlemak. Gamis warna hitam juga biasanya cocok dipasangkan dengan kerudung warna apapun.

tips padu padan gamis
Gamis dan outer yang sama bisa dipakai untuk acara berbeda, tinggal ganti kerudung :)

3.       Memakai outer

Outer adalah pakaian yang dipakai sebagai luaran pakaian  lain. Outer ada yang berlengan dan tidak. Gamis berlengan sebaiknya dipasangkan dengan outer yang tipis supaya tidak gerah. Atau, memakai outer tanpa lengan sehingga gamis yang biasa saja bisa tampil lain dari biasanya. Lain halnya jika gamis yang kita pakai tidak berlengan, justru sebaiknya memakai outer yang berlengan dan tidak menerawang agar bayangan tangan tidak terlihat.

4.       Bermain dengan kerudung

Jangan khawatir jika gamis yang kita punya di rumah Cuma satu atau dua. Kita bisa bermain dengan aneka kerudung untuk padanannya. Seperti kerudung segi empat aneka warna dan motif, kerudung phasmina, kerudung instan aneka model, dan sebagainya. Sehingga walaupun memakai gamis yang itu-itu saja, tetap tidak akan membosankan karena kerudungnya berbeda setiap saat.

Itulah empat tips padu padan gamis yang pernah saya lakukan. Bagaimana dengan temant-teman? Padu padan gamis seperti apa yang pernah anda lakukan? Share yuk disini, siapa tahu bisa jadi inspirasi buat teman-teman muslimah yang lain yang ingin tampil percaya diri dengan memakai gamis. Selain tampil menarik dengan gamis, semoga kita tidak melupakan juga tampil menarik dengan hati yang bersih ya teman-teman. 

Comments

  1. Aku juga suka ganti2 outer dan kerudung untuk 1 gamis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mba, saya juga jadi pengen beli outer lagi :)

      Delete
  2. Saya pakai gamis kalau sedang ada acara doa bersamaa mbak, belum pernah pakai untuk kegiatan sehari". . Ternyata gamis bisa dipadupadankan dengan outer jd keliatan cantik dan serasi gtu. Makasiih sharingnyaa mbak kania๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  3. Saya belum punya outer nih. Jadi pengin punya outer. Saya senang banget pakai gamis :D

    ReplyDelete
  4. Dulu jaman kuliah suka ragu kalo mau pake gamis,,, takut akhlak gak sesuai sama pakaian. Tetapi sekarang pasca kuliah dan udah msk dunia kerja, jd suka banget pake gamis pas hang out. kesannya lebih anggun dan dewasa (*menurut penglihatan sy sndiri pas liat cermin). Tp blm prnh cb pake gamis dgn outer yg lengan panjang.. ternyata nampak manis juga.. makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba saya juga takut begitu, gamis ga sesuai dengan akhlak orangnya..

      Delete
  5. Oke banget tip nya. Gapapa punya dikit gamis asal pinter padu padannya yaa

    ReplyDelete
  6. Pakai gamis tapi tetap tampil modis ya Mbak.. Asik nih tipsnya.. :D

    ReplyDelete
  7. kayaknya harus sering mampir ke sini, aku masih harus belajar padu padan gamis soalnya mbak. Beberapa kali make gamis kelihatan lebih tua, karena belum pandai padu padan gamis

    ReplyDelete
  8. makasih mbak tipsnya... berguna banget, klo pas saya lagi pengen tampil lebih 'cewek'...... ;-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih pake gamis feminim ya kesannya :)

      Delete
  9. Makasih banyak tipsnya Mbak. Gamisku banyak yang bermotif, jadi lebih pas dipadu dengan kerudung yang polos atau memainkan warna ya, lebih mudaan dari warna motif. Aku sekarang lagi suka pakai gamis, makanya pilih yang model ke bawah agak longgar, supaya kalau naik motor enggak ribet.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro