Merawat Area Intim Wanita Agar Tetap Sehat

Menjadi wanita itu sangat berharga. Lahir dan batinnya seharusnya senantiasa dirawat agar menjadi wanita yang sempurna. Sempurna dalam arti upaya yang maksimal menjalankan peran sebagai wanita. Sempurna bagi setiap wanita bisa berbeda. Bagi seorang istri, ia mungkin akan merasa sempurna jika ia bisa membahagiakan suami. Bagi seorang ibu, ia mungkin akan merasa sempurna jika bisa mendampingi sang anak dalam tumbuh kembangnya. Bagi wanita karir, ia mungkin merasa sempurna ketika ilmunya bisa diaktualisasikan ke dunia kerja.

Bagaimanakah ketika seorang wanita sedang menjalani perannya, namun mengalami hal kurang nyaman pada area intimnya? Misalnya saja gatal-gatal, keputihan, berbau, berlendir, dan sebagainya. Tentu saja aktivitasnya akan terganggu, ia tak akan menjalani perannya secara maksimal.

Saya pun pernah mengalami hal yang sama. Saat awal pernikahan, area intim malah mengalami keputihan yang berbau dan berlendir. Terang saja, hal tersebut sempat mengganggu keharmonisan hubungan suami istri. Saat ini, saya sudah jarang mengalami keputihan, tetapi masalah lain pada area intim muncul. Yaitu, gatal-gatal dan berbau pada area intim di akhir masa menstruasi. Duh, rasanya tentu tak nyaman. Pergi kemana-mana rasanya tidak percaya diri karena khawatir orang akan mencium bau yang kurang sedap dari area intim.

merawat area intim agar tetap sehat
pixabay.com

Bagaimana dengan teman-teman? Pernah mengalami hal yang serupa pada area intim? Kenali dulu yuk orang tubuh pentingmu ini dan ketahui penyebab masalahnya.

Mengenal Area Intim Wanita

Seperti wajah yang sehat, area intim wanita atau vagina yang sehat akan terlindungi dari bakteri jahat melalui mekanisme pelindung alami. Vagina yang sehat dapat diwujudkan dengan memperhatikan kondisi lingkungan alami vagina.

Vagina memiliki lapisan pelindung alami yang bersifat basa untuk membantu mencegah infeksi. Lapisan ini dipertahankan ketika ketika bakteri baik yang disebut lactobacillus memecah glikogen yang terdapat dalam lendir yang dikeluarkan oleh vagina. Asam laktat kemudian diproduksi dan lingkungan asam pun terbentuk. Hal ini mendorong pertumbuhan lactobacillus yang menghambat kehadiran bakteri berbahaya dan mencegah infeksi.

Vagina dapat mengurus dirinya sendiri dengan cara mekanisme alami dindingnya yang terus menghasilkan sekresi untuk memberikan pelumasan, membersihkan diri dan mempertahankan keasaman yang tepat untuk mencegah infeksi. Namun, banyak wanita yang belum tahu kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu keseimbangan alami area intimnya.

merawat area intim agar tetap sehat
lactacyd.co.id

Menurut sebuah artikel di www.lactacyd.co.id, beberapa hal yang dapat mempengaruhi keseimbangan alami area intim wanita diantaranya adalah:

  • Pembersih kewanitaan yang kurang memadai
  • Pakaian dalam sintesis
  • Penggunaan harian pantyliners
  • Aktivitas seksual yang intens (air mani bersifat basa dan mempengaruhi keasaman area intim wanita)
  • Pembersih kewanitaan model spray
  • Aroma yang berlebihan dari sabun wangi atau pembersih
  • Kertas toilet berwarna dan beraroma
  • Pil kontrasepsi
  • Terapi antibiotik
  • Stress atau kelelahan
  • Pola makan yang buruk
Oleh karena itu, setiap wanita hendaknya berusaha merawat area intimnya dengan rajin membersihkannya setiap hari menggunakan pembersih kewanitaan yang tepat, supaya area intim wanita tetap sehat dan mencegahnya dari infeksi vagina. Infeksi vagina merupakan peradangan yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, panas, nyeri, bau, gatal-gatal, dan keputihan abnormal. Hal ini bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, dan protozoa tertentu yang menimbun sejumlah kotoran sehingga mengiritasi vagina dan vulva (area luar vagina).

Ada juga jenis infeksi yang harus menjadi perhatian wanita, yaitu Toxic Shock Syndrome (TSS). TSS disebabkan oleh bakteri penghasil racun yang disebut staphylococcus aureus yang tumbuh sempurna di lingkungan kotor seperti vagina, karena penggunaan tampon yang berlebihan. Tampon adalah potongan kain untuk menyumbat lubang vagina agar darah menstruasi terserap. Penderitanya bisa tiba-tiba mengalami demam, muntah, diare, nyeri otot, dan ruam. Tapi TSS langka terjadi dan tampon bukan satu-satunya penyebab utama. Agar tidak terjadi infeksi vagina, pastikan mengganti tampon setiap 4 sampai 8 jam dan lebih baik lagi jika menggunakan pembalut.  

Air saja tidak cukup untuk membersihkan area intim wanita karena air hanya menghilangkan 65% dari minyak dan kotoran pada kulit. Air juga dapat meningkatkan PH kulit sampai batas tertentu. Sabun biasa juga tidak tepat tidak tepat untuk area intim wanita. Sabun adalah garam alkali dari asam lemak sehingga PH-nya adalah basa (PH 9,5-10). Sabun akan meningkatkan PH kulit dan menyebabkan perkembangbiakan bakteri yang merugikan. Sabun juga dapat mengganggu kelembaban kulit sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Memilih Pembersih Kewanitaan Yang Tepat Untuk Area Intim

Jangan pernah ambil resiko untuk kesehatan vagina. Pilihlah pembersih kewanitaan yang lembut, tidak memiliki aroma yang kuat, disarankan oleh dokter, dan mengandung bahan alami seperti lactoserum dan asam laktat. Kita bisa mencoba menggunakan pembersih kewanitaan merek Lactacyd untuk merawat area intim, yang sudah berpengalaman selama 25 tahun dalam produk pembersih area intim wanita. 

lactacyd herbal
sumber: FP Lactacyd

Lactacyd dapat melindungi dari gatal, iritasi dan bau, serta menjaga agar tetap bersih dan segar. Lactacyd telah mengalami rangkaian uji klinis dari kemungkinan terjadinya iritasi dan direkomendasikan oleh dokter sebagai pembersih kewanitaan. Berbahan alami lactoserum dan asam laktat, produk ini merupakan salah satu merek terpercaya dalam perawatan pribadi di negara-negara Asia Pasifik.

Ada beberapa varian Lactacyd yang bisa kita gunakan sesuai kondisi area intim wanita, antara lain:

  1. Lactacyd feminine Hygiene yang dapat melindungi dari gatal-atal, bau, dan iritasi.
  2. Lactacyd All Day Fresh yang dapat menyegarkan sepanjang hari.
  3. Lactacyd White Intimate yang dapat mencerahkan kulit di area V dalam waktu 4 minggu.
  4. Lactacyd Feminine Wipes yang merupakan pembersih kewanitaan berbentuk tisu basah dan mengandung ekstrak lactoserum dan asam laktat.
  5. Lactacyd Teens yaitu pembersih kewanitaan yang khusus siformulasikan untuk remaja.
  6. Lactacyd Herbal yang membersihkan dan merawat area intim wanita dengan memberikan kesan kesat, lembut, dan harum.
Varian terakhir Lactacyd yaitu Lactacyd Herbal merupakan varian pembersih kewanitaan yang baru saja dilaunching pada 18 Mei 2017 lalu. Lactacyd Herbal tersedia dalam kemasan 60 ml dan 120 ml, serta telah teruji secara dermatologi dapat dipakai setiap hari pada area intim. Kandungan herbal di dalamnya merupakan kombinasi unik dari sirih, susu, dan ekstrak mawar. Sirih telah dipercaya secara turun tmurun sebagai herbal yang dapat membersihkan dan memberi kesan kesat pada area intim wanita. Susu dapat melembutkan area intim wanita dan merawatnya agar tetap sehat. Ekstrak mawar dapat merawat dan memberikan keharuman pada area intim wanita.

Untuk kulit sensitif seperti saya, tepat rasanya jika memilih Lactacyd Herbal untuk merawat area intim setiap hari. Cara menggunakannya pun mudah seperti kita menggunakan sabun pada umumnya. Ambil Lactacyd secukupnya dan usapkan ke area intim, lalu bilas dan bersihkan dengan air. Kemudian keringkan dengan menggunakan lap. Lactacyd bisa digunakan setiap kali kita mandi atau sebanyak dua kali sehari.

lactacyd herbal
sumber: FP Lactacyd

Oh ya, Lactacyd tidak dapat menyembuhkan infeksi. Hasil tes menunjukkan bahwa Lactacyd hanya memperkuat efek obat rutin yang direkomendasikan oleh petugas ksehatan, seperti krim tropical atau pil. Menggunakan Lactacyd bersama dengan obat yang diresepkan dapat membantu dan mencegah kambuhnya infeksi.

Jadi, mari kita rawat area intim dengan pembersih kewanitaan yang tepat agar ia tetap sehat. Area intim atau vagina adalah harta berharga setiap wanita. Disitulah letak kehormatannya berada sehingga ia menjaganya hanya untuk pasangannya. Lewat area intim jugalah lah sebagian wanita memilih anak-anaknya lahir. Jika area intim atau vagina sehat, setiap wanita dapat menjalani perannya dalam kehidupan dengan nyaman dan percaya diri.


Comments

  1. aku belum cobain lactaycd herbal mba jadi penisirin ni pengen coba juga..gudluck y mba

    ReplyDelete
  2. baru tau ternyata lactacyd macem-macem. kirain satu jenis aja. btw range harganya berapaan ya mba?? hihihi

    ReplyDelete
  3. Ah aku jadi pengen nyobain Lactacyd herbanya. Selama ini pake yang original aja. Tapi memang rada susah ya nyari di indom*rt atau alfam*rt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang belum merata distribusinya, semoga hal ini diperhatikan oleh lactacyd :)

      Delete
  4. belum coba pake ini, pakenya merk sebelah hihi tapi penasaran juga sama yang ini

    ReplyDelete
  5. Aku belum coba lactacyd Herbal teh, baru ini ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?