Kenyang Lebih Lama Dengan Yogurt

Assalaamualaikum teman-teman,

Tidak terasa ya, kita sudah memasuki hari ke seepuluh dari Bulan Suci Ramadhan. Alhamdulillah, saya masih kuat berpuasa sampai Maghrib. Maha Besar Allah SWT yang memberikan saya kekuatan menjalankan puasa sambal tetap menjalankan peran musltitasking saya sebagai istri, ibu, tukang masak, pengasuh anak, dan sebagainya. Hanya shalat Tarawih saja yang kadang-kadang di rumah dan tak bisa pergi ke masjid. Kadang-kadang ingin ke masjid, tapi anaknya sudah mengantuk, atau alasan lainnya. Jadi, akhirnya saya shalat di rumah. Toh, itu juga keringanan dari Allah SWT karena wanita tidak wajib shalat di masjid.

Apa saja sih tantangan terbesar selama puasa? Tentu saja menahan hawa nafsu yang salah satunya menahan diri dari rasa lapar. Yang saya lakukan kalau sudah lapar saat puasa adalah diam saja di rumah, tidak pergi kemana-mana untuk menghemat tenaga. Terus, saya ajak anak-anak tidur siang deh, hehe. Lumayan, nanti ketika bangun sudah agak segar dan bisa beraktivitas lagi seperti biasa.

Eh, tapi tahu tidak teman, ternyata ada makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama loh. Saya juga baru tahu ketika saya browsing di internet. Mau tahu makanan apa itu yang membuat Kenyang lebih lama? Yuk, kita telusuri satu demi satu. Siapa tahu bisa jadi inspirasi makan sahur nanti, agar puasanya bisa kenyang lebih lama.

kenyang lebih lama dengan yogurt
pixabay.com

  1. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat yang baik untuk tubuh. Satu buah alpukat berukuran sedang mempunyai 13,5 gram nutrisi yang mengenyangkan. Menurut Erin palinski, penulis Belly Fat Diet for Dummies, makanan tinggi serat dan kaya lemak membutuhkan waktu lebih untuk dicerna sehingga memungkinkan kita kenyang lebih lama. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat (jenis lemak tak jenuh tunggal) dari alpukat berfungsi memberitahu otak bahwa perut kita sudah kenyang.

  1. Oatmeal
Menurut sebuah studi dalam Journal of the American College of Nutrition, Oatmeal terbukti membuat kenyang lebih lama. Studi tersebut diujikan pada peserta yang diberi sajian sereal siap saji dengan 250 kalori atau oatmeal dengan 113 kalori dari susu. Pemakan oatmeal menunjukkan kenyang lebih lama dan penurunan rasa lapar dan ingin makan, dibanding pemakan sereal kemasan. Hal ini dikarenakan oatmel tinggi serat dan protein sehingga membuat kenyang lebih lama.

  1. Telur
Sebuah studi dari Biomedical Research Center di Baton Rouge, Los Angeles, Amerika, menemukan bahwa orang yang mempunyai berat badan berlebih dan makan telur saat sarapan, menghabiskan waktu lebih lama untuk kelaparan di kemudian hari. Pada para peserta studi, ditemukan tingkat ghrelin (hormon yang memerintahkan otak untuk makan) yang lebih rendah dan tingkat PPY (hormon perut kenyang) yang lebih tinggi.

  1. Sayuran non pati
Sayuran yang kaya dengan serat bisa menambah massa untuk makanan kita, sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama. Sayuran yang berserat tinggi dan kaya akan kandungan air seperti mentimun, bayam, brokoli, wortel, zucchini, seledri, kubis, kale, dan Brussel sprouts, sangat rendah kalori namun tinggi kandungan antioksidan. Jika kita tidak suka sayuran mentah, kita bisa memasukkan sayuran tersebut ke dalam roti, sup, atau omelet.

  1. Sup kaldu bening
Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi anatara cairan dan zat padat dari sup kaldu hangat dapat menekan nafsu makan. Sup kaldu bening mengandung serat dari sayuran dan protein non lemak dari kaldu daging. Cairan hangat juga memakan banyak ruang di perut sehingga membuat kenyang lebih lama.
  1. Air putih
Menurut Elizabeth DeRobertis, seorang ahli diet berlisensi di Harrison, New York, egelas air tidak hanya bermanfaat untuk menjaga fungsi organ, sendi, jaringan, dan sistem pencernaan tetap berfungsi optimal, tetapi juga menjaga kita dari rasa lapar berlebih. Bahkan, satu studi menunjukkan bahwa orang yang minum dua gelas air sebelum waktu makan, mengonsumsi 75-90 kalori lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sama sekali.
heavenly blush yogurt drink

  1. Yogurt
Menurut penelitian tentang rasa lapar, kenyang dan asupan kalori di Universitas Washington di Seattle Amerika, yogurt dapat dijadikan kudapan sehat yang mengenyangkan perut.  Sebanyak 32 orang yang diteliti, diberi yogurt dalam bentuk makanan dan minuman kental atau jus yang bernilai 200 kalori untuk kudapan. Mereka mengakui bahwa mereka merasa tidak terlalu lapar ketimbang jika mengonsumsi kudapan lain. 

Yogurt bisa dikonsumsi siapa saja karena dinilai aman terutama bagi orang dewasa yang memiliki kondisi kesehatan yang baik. Selain mengenyangkan, yogurt juga mengandung  protein hewani sebanyak 1,5 gram protein per ons yogurt dan juga beberapa mineral yang akrab dalam produk susu seperti kalsium, vitamin B2, B12, kalium, dan magnesium. Yogurt yang kaya akan bakteri baik juga dapat melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. Bakteri baiknya dapat melawan bakteri jahat penyebab penyakit. 

Kenyang Lebih Lama Dengan Yogurt

Sekarang banyak produk yogurt yang bisa dengan mudah ditemui di pasaran untuk menunjang kesehatan kita, dari yang harganya terjangkau sampai yang cukup mahal. Karena aktivitas saya cukup banyak, saya harus pintar memilih makanan yan menyehatkan sekaligus bisa menahan lapar lebih lama. Baru-baru ini saya mencoba produk yogurt dari Heavenly Blush untuk menunjang kesehatan di Bulan Ramadhan ini, yaitu Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt Drink.

heavenly blush yogurt bar dan heavenly blush yogurt drink


Heavenly Blush Tummyogurt Bar adalah alternatif snack sehat yang membuat kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan Heavenly Blush Tummyogurt Bar merupakan high fiber yogurt bar, mengandung banyak serat yang berasal dari biji-bijian seperti Chia Seed, Pumpkin Seed, Sunflower Seed, Black Sesame, dan White Sesame Serat. Serat selain bisa menahan lapar juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Heavenly Blush Tummyogurt Bar terdiri dari 2 varian rasa, yaitu:                      
  1. Heavenly Blush Tummyogurt Bar Berries, rasa buah berrynya yang manis dan asam cukup- menyegarkan. Rasa buah berry cukup unik di lidah saya karena saya jarang menonsumsinya. Kandungan biji-bijiannya juga membuat rasa kenyang lebih lama.
  2. Heavenly Blush Tummyogurt Bar Lime, rasa jeruk nipisnya yang manis dan asam cukup menyegarkan. Rasa jeruk nipis cukup familiar di lidah saya karena saya cukup sering mengonsumsi jeruk nipis di rumah. Jeruk nipis mudah ditemui di pasar atau tukang sayur langganan. Biasanya jeruk nipis saya konsumsi dengan cara menambahkannya pada air hangat atau the hangat. Kandungan biji-bijian pada Heavenly Blush Tummyogurt Bar Lime juga membuat rasa kenyang lebih lama.
Saya biasanya mengonsumsi Heavenly Blush Tummyogurt Bar saat sahur, saat malas makan nasi. Kalau sedang di perjalanan dan sudah waktunya berbuka puasa, Heavenly Blush Tummyogurt Bar bisa juga sebagai makanan ta’jil (membatalkan puasa). Kemasannya dengan berat 25 gram cukup praktis dibawa kemanapun.

Heavenly Blush Tummyogurt Bar saat ini bisa didapatkan di Starbucks, Foodhal, dan Farmer Market. Tapi, jika malas keluar rumah kita bisa juga memesan secara online ke toko-toko online, atau menggunakan aplikasi belanja online yang bisa mengantarkan belanjaan dala waktu satu jam.

heavenly blush yogurt bar

heavenly blush yogurt bar


Sedangkan Heavenly Blush Tummyogurt Drink adalah fresh yogurt yang kental dan tinggi serat dengan kandungan buah dan sayur yang bisa membuat lapar tertunda, sekaligus menyehatkan pencernaan dan membantu diet buat teman-teman yang ingin menurunkan berat badan. Heavenly Blush Tummyogurt Drink juga merupakan low fat yogurt, jadi kita tak usah khawatir akan menjadi gemuk karena mengonsumsinya. Heavenly Blush Tummyogurt Drink is good for your tummy!

Heavenly Blush Tummyogurt Drink tersedia dalam 3 varian rasa yang semuanya terdiri dari campuran buah dan sayuran yang menyehatkan dan menyegarkan, yaitu:
  1. Heavenly Blush Tummyogurt Drink Raspberry Brocolli, yaitu minuman yogurt dengan campuran buah dan sayur yang terdiri dari blackberry, raspberry, dan broccoli.
  2. Heavenly Blush Tummyogurt Drink Blueberry Redbeat, yaitu minuman yogurt dengan campuran buah dan sayur yang terdiri dari blueberry, blackcurrent, dan redbeat.
  3. Heavenly Blush Tummyogurt Drink Mango Carrot, yaitu minuman yogurt dengan campuran buah dan sayur yang terdiri dari cranberry, mangga, dan wortel.
Fruit & veggie yogurt ini mempunyai rasa yang menyegarkan. Saya menyukai semua varian rasanya, sulit jika harus memilih salah satu. Heavenly Blush Tummyogurt Drink saat ini bisa didapatkan di Indomart di seluruh Indonesia. Selain di Indomart, Heavenly Blush Tummyogurt Drink bisa didapatkan juga di Carrefour, Farmer market, Papaya, FoodHall, dan All Fresh.

Kelebihan Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt Drink dibanding makanan dan minuman lainnya yang membuat kenyang lebih lama adalah rasanya yang enak dan segar.  Yogurt biasanya rasanya asam, tapi berbeda dengan Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt. Rasa asamnya seimbang karena Heavenly Blush berkomitmen menghasilkan yogurt yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan. Di kemasan Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt Drink juga sudah berlogo halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga bagi umat Islam bisa tenang mengonsumsinya.

heavenly blush yogurt drink


Selain itu, Yogurt bisa dikonsumsi juga saat berbuka puasa. Jika dikonsumsi setelah kita berbuka puasa dengan air putih lalu diikuti dengan makan berat, Yogurt bisa menangkal bau mulut karena kandungan zat asam yang menjaga PH mulut tetap seimbang sehingga bakteri jahat di mulut tidak berkembang dan membantu mencegah konstipasi. Seperti hari Minggu kemarin saat saya keluar rumah bersama keluarga kecil saya, dalam rangka mengantar si sulung yang akan berangkat dari Mesjid At Tiin menuju pesantren Quran Ramadhan di Bogor. Tak lupa sebotol Heavenly Blush Tummyogurt Drink dibawa untuk antisipasi saat harus berbuka di jalan.

Bagaimana dengan anda, teman? Tertarik untuk mencoba Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt Drink? Selain kenyang lebih lama, mengonsumsi Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt Drink juga bermanfaat untuk kesehatan sehingga ibadah puasa kita tetap lancar. Oh ya, informasi lebih lengkap tentang Heavenly Blush Tummyogurt Bar dan Heavenly Blush Tummyogurt Drink, silahkan kunjungi media sosialnya ya!

Facebook & instagram: @HeavenlyBlushYogurt
Twitter: @heavenlyblush

Selamat berpuasa, semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT!


Sumber referensi: hellosehat.com


Comments

  1. ini yogurt favorit saya. Trus sekarang ada yang bar? Mauuuuu *cari, ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yogurt selalu favorit buat kita sekluarga juga meski belinya sesekali aja karena lumayan mahal

      Delete
  2. wah mesti coba ni aku biasa order ke temen yoghurt no merk dan asemnya bikin merem melek klo minum hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. no merek? buatan sendiri kali ya mba. kalo yg ini p-as sih asamnya menurut saya

      Delete
  3. yoghurt plus oatmeal enak ya dan emang ngenyangin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, pas deh konsumsi di bulan puasa

      Delete
  4. Wahh aku belum nyobain tuh yogurt bar 😍😍

    ReplyDelete
  5. Belum pernah sahur yoghurt. Bisa dicoba nih kalau ada stok yoghurt di rumah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, seger..soalnya kalau sahur kan biasanya eneg ya jd enaknya minum yg seger

      Delete
  6. Waah anakku hrs minum yoghurt kalo gt pas sahur biar ga ngeluh lapar2 muluk ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anak2 emang kadang lebih aktif dr emaknya ya jadi cepat lapar

      Delete
  7. Suka banget dengan yogurt. Udah enak, sehat lagi, ya. Daripada susu, saya lebih suka yogurt. Gak enek.

    ReplyDelete
  8. Pas buat diet kayaknya ini yak.. Jadi pengen, semoga aman buat perut aku.. :)

    ReplyDelete
  9. Wah, saya baru tahu kalau Heavenly Blush ada yogurt bar nya.

    ReplyDelete
  10. Waaah aku jadi tahu makanan yang membuat kenyang lebih lama. Yougurt yang ini aku belum pernah coba, di minimarket udah ada belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di careefour kalo saya belinya, di indomart harusnya udah ada :)

      Delete
  11. Belumm pernaah cobaa yogurt yg ini mbaak. . Harus dicobaa nih 😁😁😁

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mbak, info buah yang mengenyangkan, jadi bisa stock buahnya untuk berbuka dan sahur nanti, hehehe. Benar gx ya, yugort bisa mengenyangkan? Jadi pengen coba, tapi pengalamanku minum yogourt biasanya membuatku jadi sring BAB, hehehe.

    ReplyDelete
  13. Yogurt yang seperti ini aku belum pernah coba teh. Aku jadi kepikiran beli buat dimakan sahur, sepertinya enak ya. Nambah referensi buat dicoba nih :)

    ReplyDelete
  14. Puasa dan sahur cukup pakai Heavenly Blush ya, kenyang lebih lama

    ReplyDelete
  15. Suka sama yogurt rasa asem2 hihihi ternyata ada yogurt bar'y. Mo nyoba ahhhh

    ReplyDelete
  16. yogurt memang enak mbak, saya suka,, saya suka,,, hahahaaa

    ReplyDelete
  17. Yogurt yang ini emang pas banget mbak di lidah saya dan bisa menahan lapar.

    ReplyDelete
  18. Kayaknya aku blm pernah coba yogurt ini mbak, wajib coba nihh

    ReplyDelete
  19. Yummy, I love yogurt... pas banget dilidah...

    ReplyDelete
  20. alpukat kayanya lebih cocok buat yang lagi program diet ya, dibanding yang lagi program gemukin badan

    ReplyDelete
  21. Aku suka yoguuurt! Harus coba nih!

    ReplyDelete
  22. uwaaaaaw mau oat nyaaaaaaaa
    enak yaaaaa, nggak bikin lapar melulu, tinggal diganjel pake oat hevenliblus
    hehehee

    ReplyDelete
  23. Bener, ini memang kenyangin banget. Saya sering minum yogurt saat sahur.

    ReplyDelete
  24. oo pantas, suami saya pas di LN pernah disuguhi makanan plus yogurt, dia mah doyannya nasi dan merasa kenyang pake nasi. Tapi ternyata ampuh ya buat mengenyangkan. Kalau saya jangan ditanya, suka banget yogurt

    ReplyDelete
  25. Suka banget sama Heavenly Blush yoghurt. Aku sering lihat tuh si tummy yoghurt bar cuma belum kesampaian beli. Duh jadi pingin nyobain deh

    ReplyDelete
  26. loh mbak, aku minum yogurt pas puasa malah mencret hahaha,.. piye ki

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?