Menghias Rumah Dengan Bingkai Foto


Beberapa waktu yang lalu, saat saya sedang beres-beres isi lemari, saya menemukan beberapa foto lama saya maupun anak saya. Aih, senang banget saya. Harta karun seperti ini rasanya tak ternilai. Foto-foto lama selalu menjadi kenangan yang menyenangkan untuk diceritakan pada anak-anak dan bisa jadi bahan cerita yang tak kunjung habis.

Foto-foto yang saya temukan itu ada dalam berbagai ukuran. Ada yang berukuran besar, Kira-kira dua kali dari kertas berukuran A4, yaitu foto lama si sulung saat berusia kurang lebih 3 tahunan, sedang lucu-lucunya.  Foto itu hadiah dari kakak saya yang saat itu sedang merintis usaha fotografi. Sudah bertahun-tahun foto itu saya biarkan tergulung di lemari. Padahal, foto kenangan kalau tidak dirawat akan cepat rusak seperti foto si sulung yang sekarang penuh dengan lipatan. Foto itu tidak sengaja terlipat karena foto tidak disimpan dengan baik dan lemari sudah penuh berdesakan dengan berbagai barang. Ada juga foto-foto saya semasa kecil sampai dewasa, bersama teman-teman sekolah maupun teman kerja.

Menghias Rumah Dengan Bingkai Foto
Foto anak yang terlipat karena tidak disimpan dengan rapi :(

Lalu, saya googling deh bagaimana agar foto kenangan yang kita miliki bisa awet. Ternyata Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar foto tidak mudah rusak, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Simpan foto di tempat yang tidak terlalu lembab, karena tempat lembab bisa menyebabkan foto jamuran. Kalau sudah jamuran, foto pun tak bisa lagi digunakan dan akhirnya harus dibuang. Jadi, sebaiknya menyimpan foto di suhu yang stabil.
  2. Hindari sinar matahari langsung agar foto tidak mudah rusak. Sinar ultraviolet dari matahari bisa memudarkan warna dan merusak foto maupun bingkai foto.
  3. Pilih percetakan berkulitas bagus karena mesin cetak foto, kertas dan tinta sangat menentukan kualitas sebuah foto. Minta juga pada percetakan agar foto diberi pelapis yang bisa melindungi foto dari benda asing yang merusak.
  4. Tidak menyimpan foto dengan cara menggulung tanpa alat gulungan khusus foto, karena bisa berpotensi terlipat seperti yang terjadi pada foto kenangan anak sulung saya.
  5. Menempatkan foto pada album khusus sehingga foto tak mudah tercecer dan tidak tersentuh tangan secara langsung. Foto yang ditempatkan pada album juga jadi lebih rapi karena bisa dikelompokkan sesuai kategori foto.
  6. Tidak menumpuk foto yang berbingkai karena bisa merusak bingkai foto. Jika hendak dipindahkan, lapisi bingkai dengan kertas atau handuk sehingga terhindar dari pergesekan.
  7. Hati-hati saat menyemprotkan cairan pembersih pada foto yang memakai bingkai. Cairan pembersih bisa masuk melalui celah bingkai dan merusak foto. Jadi sebaiknya lepas dulu fotonya jika hendak membersihkan kaca pada bingkai foto.
  8. Tidak lupa untuk membackup atau menggandakan foto dengan menyimpannya di media penyimpanan digital seperti compact disc, hardisk, kartu memori, dan sebagainya.
  9. Memberi bingkai pada foto kenangan agar aman dari binatang, cairan, serta benda lainnya yang merusak. Selain itu, bingkai juga dapat memperindah foto sekaligus sebagai dekorasi ruangan.

Beberapa tips di atas ada yang sudah saya praktekkan, dan ada juga yang belum. Nah, untuk foto anak-anak yang sudah tercetak, saya sebenarnya sudah terpikir untuk membingkai foto mereka sejak lama karena sayang jika hanya tergulung saja di lemari, bahkan akhirnya terlipat. Saya baru tahu, ternyata membeli bingkai foto bisa dilakukan secara online di toko-toko online dimana kita biasa berbelanja. Bentuknya pun unik-unik, tidak hanya segi empat seperti bingkai foto pada umumnya. Sehingga selain bisa merawat foto, bingkai juga bisa menghias rumah sebagai dekorasi ruangan.
Menghias Rumah Dengan Bingkai Foto
Contohnya saja jika kita ingin beli bingkai di MatahariMall. Coba saja kita tuliskan kata “bingkai” di kolom pencarian produk di website Mataharimall.com, maka ratusan bingkai foto cantik dan unik pun akan segera hadir di layar komputer atau smartphone dan memuaskan mata kita serta menggoda kita untuk membelinya.

Salah satu bingkai ini sungguh menarik dekorasinya karena berbentuk bianglala berwarna putih. Bingkai bianglala ini bisa memuat beberapa foto kenangan kita, juga menghias kamar si kecil sehingga tambah semarak. Pemasangannya pun mudah dengan bahan bingkai yang berkualitas tinggi. Harga yang dibandrol sekitar 176 ribu rupiah, sesuai dengan kualitas yang didapat.

Menghias Rumah Dengan Bingkai Foto

Ada juga bingkai foto berbentuk jemuran yang sekaligus bisa memuat beberapa foto. Berbahan dari kayu, bingkai ini juga dapat menghias ruang tamu atau ruang keluarga kita dan menjadikannya semakin cantik. Bingkai berbentuk jemuran cantik ini merupakan produk impor. MatahariMall menjamin produk bingkai ala tali jemuran ini asli 100% dan bebas biaya pajak. Produk ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 298,400.

Bingkai foto lainnya yang tak kalah artisitik adalah bingkai foto berbentuk kapal yang bisa memuat beberapa foto. Bingkai foto ini terbuat dari plastik yang ringan dan aman buat si kecil. Bingkai foto bisa diputar sehingga menambah kesan unik. Si kecil pasti senang mendapati fotonya dalam bingkai foto yang unik ini. Harganya dibandrol sekitar Rp 113,000.
Menghias Rumah Dengan Bingkai Foto
Walaupun sekarang era digital dan foto dapat dengan mudah disimpan di komputer, kartu memori, compact disc, dan alat penyimpanan lainnya, namun orang-orang masih mencetak foto untuk keperluan dokumentasi, kenang-kenangan, atau menghias rumah. Apapun alasannya, jangan biarkan foto kenangan kita dengan keluarga tercinta rusak karena kita tidak merawatnya. Menggunakan bingkai foto bisa menjadi salah satu solusi agar foto kenangan indah kita bersama keluarga tidak mudah rusak, sekaligus dapat digunakan untuk menghias rumah sebagai dekorasi ruangan.

Comments

  1. lucu-lucu banget bingkai foto ya. Kalau saya biasanya diprint aja trus di kasih bingkai foto yang dibikin sendiri heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa berkreasi bareng anak ya mba, tapi kadang suka ga awet kalo buat sendiri mba :)

      Delete
  2. Waah cakepnya bingkai foto itu. Kalau foto2 di rumahku gak awet nih, gak bisa menghias rumah wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto berbingkai di rumahku pun cuma beberapa dan sering diturunin anak-anak

      Delete
  3. Indah sekali, aku lama nggak pasang2 foto kayak gitu mbak :)

    ReplyDelete
  4. lucu banget itu bingkainya, aku pun lagi nyari lagi buat nyimpan foto2 kemarin album fotonya rusak sama anakku ahhaha jadinya tercecer

    ReplyDelete
    Replies
    1. album foto saya ketinggalan di kampung...

      Delete
  5. Iiih lucu2 ya bingkai fotonya. Apalagi yg kincir angin. Cari aah di mataharimall.com.

    No 5 bener banget tuh. Almrh mama dulu rajin sekali menyimpan di album foto. Jadi skrg kami bisa menikmati foto2 kenangan masa kecil kami.

    ReplyDelete
  6. jadi keingetan foto-foto saya zaman baheula pada rusak gegara kurang apik nyimpennya, kan sayang. Coba punya bingkai foto kece-kece kayak di atas, pasti deh masih awet nyampe sekarang. Hehe

    ReplyDelete
  7. kalau skrg mau nyimpen enak ya, ditaruh di komputer , dulu sih ditaruh di album, nah itu dia albumnya gak dirawat jd ada embunnya dan fotonya jadi burem, jd foto anak2 lg kecil rusak semua

    ReplyDelete
  8. Unik ya bentuk bingkainya, bikin rumah makin indah. Dan yg pasti foto kita jd terawat

    ReplyDelete
  9. Baca tulisan tentang bingkai foto, trus jadi ingat banyak foto yang masih tersimpan di album digital :(
    Makasih sudah mengingatkan, mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?