3 Pilihan Bisnis Kecil yang Menguntungkan untuk Anda Coba

Saat ini, masyarakat Indonesia lebih memilih untuk melakukan bisnis ketimbang bekerja dengan orang. Mereka beranggapan, dengan melakukan bisnis mereka bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan dari produk atau jasa yang mereka jual.

Ada banyak sekali bisnis yang dilakukan, bisnis online, offline, kecil, sampai besar. Semua disesuaikan dengan modal yang mereka miliki. Bisnisnya pun dilakukan di tempat yang sudah mereka sewa ataupun dilakukan dirumah / sampingan.

Tapi kebanyakan masyrakat Indonesia cenderung memilih bisnis kecil untuk mereka jalankan sebagai awalan menuju bisnis yang lebih besar. Berikut ini adalah 3 pilihan bisnis kecil yang menguntungkan untuk bisa kita coba. Apa saja? yuk, simak satu persatu.

Bisnis Online

Masyarakat kita saat ini sudah sangat bergantung pada internet untuk mencari informasi-informasi penting ataupun menjadi alat bisnis mereka. Memang, saat ini bisnis yang dijalankan lewat internet memiliki banyak sekali kelebihan, seperti modal yang diperlukan sedikit, tidak membutuhkan banyak tenaga, sampai beragam pilihan produk yang Anda tawarkan. Hanya dengan menggunakan bantuan laptop atau komputer, kita sudah dapat menjalankan bisnis online dengan memasarkan produk-produk kita di social media ataupun di website jual beli. 

bisnis online shop
pixabay.com

Maka dari itu, tak heran jika bisnis online merupakan salah satu bisnis kecil yang menguntungkan dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, saat ini sudah banyak muncul jasa pembuatan online shop untuk membantu kita dalam melakukan bisnis online. Usahakan kita bisa memilih jasa yang tepat supaya online shop yang dimiliki bisa menarik banyak konsumen.

Ada salah satu anggota keluarga saya yang menjalani bisnis online seperti ini. Awalnya, ia membangun bisnis ini dengan jatuh bangun sambil mengurus dua balita. Dari penuturannya tentang perjalanan bisnisnya, saya bisa mengetahui kalau bisnisnya ini cukup menguntungkan. "Kira-kira, bisa lah untuk menunaikan umrah keuntungannya!" Begitu kira-kira katanya. Ah, kapan-kapan deh saya ingin cerita lebih banyak tentang beliau.

Bisnis Franchise

Franchise atau yang dikenal sebagai waralaba merupakan salah satu bisnis yang cukup menjamur di Indonesia. Bisnis franchise atau waralaba ada banyak jenisnya, mulai dari waralaba makanan, minuman, sampai membuka minimarket. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini cukup beragam, semua tergantung dari pilihan franchise atau waralaba yang dipilih. 

Jika kita memiliki modal yang kecil, cukup membuka franchise makanan / minuman siap saji, seperti tahu, ayam tepung, atau ice blend. Jika kita memiliki modal lebih, kita bisa mencoba membuka minimarket kecil-kecilan. Tentunya sebelum membuka atau melakukannya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu.

bisnis franchise
pixabay.com

Bimbel

Salah satu bisnis kecil yang menguntungkan yang bisa kita coba selanjutnya adalah bisnis bimbel atau bimbingan belajar baik itu privat maupun umum. Untuk memulai bisnis ini, kita harus mengetahui potensi diri terlebih dahulu dan pastikan kita bisa memiliki kemampuan mengajar yang baik. 

Kita bisa memulai bisnis ini dengan melakukan promosi terlebih dahulu di media social ataupun dengan membuat flyer dan menyebarkannya ke lingkungan rumah kita. Modalnya? Cukup kemampuan otak kita dan sebuah ruangan yang spacey di rumah kita.

Kira-kira itulah 3 pilihan bisnis kecil yang menguntungkan untuk bisa kita geluti. Apakah Anda berminat untuk melakukan salah satu dari 3 bisnis kecil diatas?

Comments

  1. Yang menggiurkan di masa sekarang memang benar seperti mbak maya kania yakni bisnis online. Tempat dan waktunya fleksibel dengan jangkauan tidak terbatas. Hanya berbekal laptop, komputer dan jaringan internet. Nah kalau waralaba dan bimbel saya belum pernah coba

    ReplyDelete
  2. wuahh makasih banyak tips nya mbak syg,, sepertinya memang ketiga ini yang bikin sukses kalau mmg ditekuni yaa

    ReplyDelete
  3. hemm, tapi takut mbak. lagi naik daun. eh di pajak :(

    ReplyDelete
  4. Bisnis online dar tahun 2012 hingga sekarang Aljmadulillah lebih dari 200 klien

    Sukses selalu mbak
    Salam dsrj Rembanh

    ReplyDelete
  5. Mau coba bisnis online tapi nanggung saat ini masih kuliah, jadi baru berjalan secara offline :(

    ReplyDelete
  6. wah mau bisnis online tapi masih bingung apa yg mau dibsiniskan

    ReplyDelete
  7. Aku pernah bisnis bimbel, mb. Laris banget sampai nangani 20 an anak. Tapi jadinya keteteran karena ngerjain sendiri bareng ortu. Hehe. Klo francise di sini juga banyak yang buka francise minuman dan hanya beda nama aja di plank gerobaknya. Bahannya sebenernya sama aja. Hehe

    ReplyDelete
  8. betul, bimbel itu bisnis yang menguntungkan banget. tiap ortu pengin anaknya pintar jadi diberi tambahan les^^

    ReplyDelete
  9. Bisnis online sambil ngurus balita itu banyak tantangannya.. #pengalamanpribadi

    ReplyDelete
  10. Berminat sekali. Cuma waktu dan tenaganya nih ada ngga :p

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro