Cara Memelihara Sepatu Agar Awet dan Tetap Bermanfaat


“Ini masih dipake nggak, yah? Kalau nggak, mau dikasih aja ke orang lain” Tanya saya beberapa waktu yang lalu sama suami, sambil memperlihatkan sepatu-sepatunya yang sudah jarang dipakai. Saat itu, saya menyadari bahwa rak sepatu kami di rumah sudah penuh sesak oleh sepatu semua anggota keluarga. Padahal, saat pertamakali pindah ke rumah yang sekarang, sepatu kami Cuma beberapa buah.
Menurut saya, sepatu merupakan salah satu kebutuhan. Suami saya bekerja di kantor yang mau tak mau mengharuskan ia berpenampilan rapi. Sepatu yang layak adalah salah satu penunjangnya. Anak-anak juga di sekolah wajib untuk bersepatu. Sehingga mereka setidaknya harus memiliki sepasang sepatu. Eh, lama-lama ternyata tak hanya sepasang sepatu yang dimiliki. Karena sepatu yang lama rusak atau kekecilan, akhirnya beli sepatu baru yang otomatis membuat rak sepatu kami di rumah tak bisa lagi menampung sepatu semua anggota keluarga.

cara memelihara sepatu
pixabay.com

Saya akhirnya perlu melakukan beberapa hal untuk memelihara sepatu di rumah. Agar sepatu awet dan tetap bermanfaat, beberapa hal berikut ini bisa kita lakukan.
  1. Memberikan sepatu yang sudah tidak dipakai pada yang membutuhkan
Saya pilah-pilah sepatu yang sudah tidak dipakai karena kekecilan atau sudah punya sepatu yang baru. Saya bungkus dengan plastik untuk diberikan pada pemulung yang biasa lewat di depan rumah. Kalaupun tidak dipakai oleh pemulung dan keluarganya, dia bisa menjual murah pada orang lain sehingga dia mendapat rejeki untuk menyambung hidup.
  1. Memperbaiki sepatu rusak
Sepatu yang sudah rusak dan tidak mungkin diperbaiki, biasanya saya buang. Kalau masih bisa diperbaiki, saya tunggu tukang sol yang lewat di depan rumah untuk memintanya memperbaiki sepatu yang rusak. Biasanya, diantara sepatu yang kita miliki, ada sepatu yang disayangi dan tidak mau diganti walau rusak.
cara meemlihara sepatu
finance.detik.com
  1. Mencuci sepatu secara rutin
Cucilah sepatu secara rutin dengan sabun yang lembut. Saya biasanya melakukannya seminggu sekali, sehingga ada waktu libur Sabtu dan Minggu untuk mengeringkan sepatu. Oh ya, mencuci sepatu tidak perlu direndam karena akan membuat warnanya menjadi pudar. Tali sepatu juga sebaiknya dilepas dulu agar tidak ada yang terlewat ketika dicuci. Jangan lupa untuk mencuci bagian dalam juga ya, terutama kalau kita punya bau kaki, ups! Mencuci bagian dalam sepatu bisa menggunakan alkohol, tea tree oil, atau bedak anti jamur. Perhatikan juga jenis sepatunya. Jika sepatu kulit, biasanya hanya cukup mengelap sepatu dengan sabun khusus kulit serta memberinya krim perawatan khusus.
  1. Mengeringkan sepatu setelah dicuci
Setelah dicuci, sepatu dikeringkan sampai benar-benar kering saat dipakai. Kalau musim hujan, biasanya saya menggunakan kipas angina untuk membantu agar sepatu cepat kering. Sepatu yang dibiarkan basah akan cepat rusak dan bau.
rak sepatu
(Rak sepatu di rumah yang sudah harus diganti)

  1. Menyimpan Sepatu di Rak Sepatu
Rak sepatu bermanfaat untuk menyimpan rapi sepatu-sepatu yang dimiliki di rumah. Menyimpan sepatu di rak sepatu juga bisa menghindari sepatu dari kerusakan dan binatang. Misalnya nih, beberapa kali rumah saya kebanjiran, namun Alhamdulillah sepatu semua keluarga aman karena rak sepatu cukup tinggi. Rumah juga jadi nyaman jika sepatu disimpan di tempatnya dan tidak berserakan di lantai, sehingga memungkinkan penghuninya beraktifitas dengan nyaman pula.
Memiliki rak sepatu yang memadai di rumah juga bisa melatih anak untuk disiplin menyimpan barang pada tempatnya. Rak sepatu sekarang juga banyak macamnya. Dari rak sepatu plastik biasa yang sering dijumpai di berbagai toko, sampai rak sepatu istimewa dengan berbagai desain yang bisa digunakan sekaligus untuk dekorasi ruangan. Kita tinggal pilih yang sesuai selera dan dana keuangan kita.

rak sepatu super.mataharimall.com
rak sepatu cantik di toko online langganan super.mataharimall.com
Kalau rak sepatu sudah penuh seperti kasus saya, memiliki rak sepatu baru bisa menjadi satu solusi. Sementara ini, saya menyulap rak bumbu di dapur menjadi rak sepatu tambahan agar sepatu-sepatu bisa tetap tersimpan rapi. Selain itu, saya mulai mencari rak sepatu baru yang berkualitas dan terjangkau di toko online langganan saya.
Bagaimana dengan teman-teman, apa yang anda lakukan untuk memelihara sepatu yang anda miliki?

Comments

  1. Kebetulan nih, kantor lagi butuh rak sepatu..
    Heehee..maksih tipsnya.

    ReplyDelete
  2. wah itu rak sepatunya bagus bener, ayahblogger jadi pengen punya deh

    ReplyDelete
  3. Kalo saya maslah di sepatu adalah : jarang sekali pakai high heels.. Sekalinya mau dipakai malah sol nya sering lepas. Ada tips ga moms supaya sepatu yang jarang dipakai tidak cepat rusak

    ReplyDelete
  4. Pernah bikin rak sepatu sendiri dari kayu, tapi ya gitu ...sekarang udah rusak gegara kurang kuat hehehhe

    ReplyDelete
  5. Jadi keingetan sepatu-sepatu di rumah yang berantakan karena rak sepatunya udah overload. Aku juga kalau sepatu udah banyak yang nggak muat biasanya aku hibahkan ke orang lain yang mau atau membutuhkan mbak Kania.

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?