Turunkan Resiko Jantung Koroner Bersama Gerakan jantung Sehat

Assalaamualaikum,

Apa kabar kesehatan anda, teman? Semoga anda sehat-sehat saja ya. Karena sehat itu berharga. Jika sehat, kita bisa ibadah dan bekerja dengan optimal. Menjaga kesehatan juga merupakan bentuk syukur pada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat pada manusia.

Salah satu penyakit yang perlu kita waspadai adalah serangan jantung. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit penyebab tertinggi di dunia. Di Indonesia, setiap 12 detik penderita penyakit jantung bertambah 1 orang dan orang yang memiliki kolesterol tinggi 2 kali beresiko terkena serangan jantung. Oleh karena itu, Nutrive Benecol dan Kalcare melalui aksi Indonesia Tangkal Kolesterol mengajak masyarakat untuk mengenal, menurunkan dan mengontrol kolesterol dalam sebuah acara bertajuk Gerakan jantung Sehat.

indonesia tangkal kolesterol kalcare
Ibu Eni Dwi Sulistiorini AMG (ahli gizi RS Premier Bintaro) sedang mempersiapkan demo masak rendah kolesterol

Gerakan Jantung Sehat diadakan pada hari Sabtu, 4 November 2017 lalu di Kalcare Bxchange Mall. Dalam acara tersebut, peserta Gerakan Jantung Sehat bisa mendapatkan cek kolesterol gratis dari nutritionist Kalcare, mendapat pemaparan mengenai jantung koroner dalam Healthy Heart Talk dengan Dr. Tiroy Sari B Simanjuntak SpPD, melihat demo masak dari ibu Eni Dwi Sulistiorini AMG (ahli gizi RS Premier Bintaro), dan demo senam B-Fit 2.0 dari trainer Herul.

Menurut Dr. Tiroy, salah satu penyebab sakit jantung adalah kolesterol. Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan komponen penting dalam sel tubuh agar dapat beregenerasi dan tubuh secara keseluruhan dapat berfungsi normal. Kolesterol terbagi menjadi dua, yaitu kolesterol jahat (low density lipoprotein) dan baik (high density lipoprotein). Kolesterol jahat (LDL) dapat menyumbat pembuluh darah. Jika kadar LDL terlalu banyak dalam darah, maka akan mengendap di dinding arteri dan membentuk plak. Kolesterol baik (HDL) berfungsi untuk menyapu LDL yang ada di arteri dengan membawa LDL berlebih ke hati untuk kemudian dibuang sehingga tidak menyumbat arteri.

indonesia tangkal kolesterol kalcare
Healthy Heart Talk dengan Dr. Tiroy Sari B Simanjuntak SpPD

Saya sempat dicek kolesterol-nya oleh nutritionist Kalcare dan betapa terkejutnya saya ternyata kadar LDL saya termasuk tinggi, di atas 200, padahal saya merasa baik-baik saja. Kadar LDL normal adalah kurang dari 100, LDL 100-189 termasuk LDL tinggi, dan LDL lebih dari 160 termasuk LDL tinggi sekali. Jadi jangan sepelekan apapun reaksi tubuh yang anda rasakan. Jika anda merasakan gejala berikut, maka bisa jadi kolesterol anda tinggi. Yaitu sakit kepala, pegal di pundak, cepat mengantuk, mudah lelah dan kesemutan,

Nah, kalau LDL dalam tubuh sudah tinggi resiko jantung coroner bisa muncul dengan ditandai seringnya nyeri dada, pusing, sesak nafas, keringat dingin, mual, nyeri menjalar ke lengan, bahu, leher, rahang, dan punggung. Resiko sakit jantung bisa kita cegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat, yaitu:

indonesia tangkal kolesterol kalcare
cek kolesterol dengan nutritionist Kalcare, gratis
 
  1. Teratur periksa kolesterol
Teratur periksa kolesterol dilakukan untuk mengetahui tingkat kolesterol kita. Cek kolesterol bisa dilakukan sebulan sekali dan konsultasikan hasilnya dengan dokter. Di Kalcare, cek kolesterol bisa dilakukan gratis oleh nutritionist Kalcare.

  1. Awasi asupan dan pola makan
Nutrive Benecol memberikan tips cara makan sehat rendah kolesterol dalam satu porsi sebagai berikut: Pilih karbohidrat kaya serat dengan porsi selebar tangan, 3 sdm penuh sayuran, konsumsi ikan laut 2 kali seminggu dengan porsi 1 telapak tangan untuk mendapat asupan omega 3 yang membantu kesehatan jantung, dan 1 genggam buah yang dapat menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

indonesia tangkal kolesterol kalcare
 
Dalam Gerakan Jantung Sehat, diperlihatkan demo masak oleh ahli Gizi RS premier Bintaro ibu Eni Dwi Sulistiorini AMG. Menruut beliau, cara memasak rendah kolesterol adalah dengan menghindari menggoreng makanan, sebaiknya mengukus atau merebus makanan, memasak menggunakan minyak zaitun, melakukan pola hidup sehat, serta banyak mengonsumsi gandum, buah, dan kacang-kacangan.

  1. Nikmati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol
Rokok dan minuman beralkohol dapat menyebabkan kolesterol tinggi, menyumbat pembuluh darah, menyebabkan jantung coroner dan stroke.

  1. Giat berolahraga dengan Gerakan B-Fit 2.0
Kelebihan senam B-Fit 2.0 bisa dilakukan di area kerja. Senam ini bisa meredakan stress, memperbaiki postur, dan meningkatkan metabolisme.

indonesia tangkal kolesterol kalcare


  1. Kendalikan berat badan dan hindari stress
Penyebab utama kolesterol adalah pola makan berlebihan yang mengandung lemak jenuh. Selain itu, stress juga dapat menyebabkan kolesterol. Mereka yang setiap hari mendapat tekanan pekerjaan beresiko memiliki kadar LDL tinggi dan HDL rendah. Jadi manajenen stress sangat penting untuk menjaga tubuh sehat.

  1. Awasi tekanan darah
Lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin karena tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan resiko penyumbatan di pembuluh darah. 

  1. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2 kali sehari
Mengonsusi Nutrive Benecol merupakan cara enak turunkan kolesterol. Plant Stanol Ester (PSE) yang terkandung dalam Nutrive Benecol memberikan hasil uji klinis yang dapat menurunkan kadar kolesterol total 7-10 % setelah konsumsi rutin dalam 2-3 minggu serta menghindari risiko penyakit jantung koroner. PSE mempunyai struktur seperti kolesterol, dalam saluran cerna akan berikatan dengan garam empedu dalam bentuk micelle sehingga menghambat penyerapan kolesterol dari makanan yang seharusnya diikat oleh garam empedu. Jadi kolesterol dalam darah dapat turun mencapai standar normal. 

indonesia tangkal kolesterol kalcare

Nutrive Benecol merupakan nutrisi yang baik untuk tubuh, cocok untuk orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi maupun normal tetapi ingin melakukan pencegahan. Nutrive Benecol tersedia dalam bentuk smoothies dan sereal. Nutrive Benecol smoothies banyak pilihan rasanya yang semuanya sangat menyegarkan, yaitu blackcurrant, strawberry, orange, dan leci. 

Nutrive Benecol smoothies juga bebas gula sehingga tidak meningkatkan berat badan secara berlebih dan aman untuk penderita diabetes. Nutrive Benecol smoothies sudah mendapat status GRAS (Generally Recognized as Safe) dari USFDA (United Stated FDA) dan menjadi bagian dari pola hidup sehat di beberapa negara maju seperti di Amerika Serikat dan Eropa, serta mendapatkan award sebagai "1 of 10 greatest discoveries in the world of nutrition".

indonesia tangkal kolesterol kalcare

Sedangkan Nutrive Benecol sereal merupakan perpaduan gandum, oat dan jelai sehingga mengenyangkan. Kandungan seratnya yang tinggi dari tanaman chicory dapat membantu mengurangi resiko jantung coroner. Nutrive Benecol sereal juga rendah lemak dan bebas lemak trans, serta mengandung 11 vitamin dan 5 mineral yang diperlukan untuk metabolisme tubuh.

Bagaimana, siap untuk jantung lebih sehat kan? Untuk informasi lebih detail tentang Indonesia Tangkal Kolesterol dan Gerakan jantung Sehat silahkan lihat website dan media sosial Nutrive Benecol.

instagram: @nutrivebenecol_id
Twitter: @nutrivebencol
Facebook: Nutrive Benecol Indonesia
Youtube: Nutrive benecol

Comments

  1. Belum pernah mencoba nutrive benecol tapi memang setaku juga bagus kandungannya untuk kurangi resiko jantung koroner. Pas nih mba aku juga nulis ttg jantung juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yg smootiesh seperti yogurt mba, segerr. sekarang ada serealnya juga

      Delete
  2. Kudu jaga makanan banget ya & banyak gerak badan buat seusiaku. Biar jantung sehat.

    ReplyDelete
  3. Makasih tips2nya kak
    Jantungku juga agak lemah akhir2 ini,
    Kalau istirahat, bisa lebih dr 90/menit
    Katanya itu agak bahaya ya..
    Bisa mulai lah, minum benecol sama pola hidup yg disarankan mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Berhijab Lebih Mudah Dengan Klip Jilbab Turkey

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro