Resep Masakan Sayur Lodeh Tenggarong dengan Kuah Santan Kental




santan sasa


Sayur lodeh merupakan makanan khas Indonesia yang didalamnya terdapat banyak jenis sayuran seperti labu siam, jagung, nangka muda, dan kacang panjang. Jadi jika kalian asli Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan menu satu ini. Sedangkan sayur lodeh tenggarong disini pada dasarnya dibuat dengan cara yang sama dengan sayur lodeh pada umunya, dan juga menggunakan bumbu yang tak jauh berbeda pula seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan sebagainya. 


Yang membedakan adalah sayur lodeh tenggarong mmepunyai kuah yang lebih kental. Keberhasilan dalam memasak sayur lodeh tenggarong dilihat pada perpaduan rasa santan yang sedikit asin dengan rasa pedas pada cabe merah sehingga tercipta rasa kuah yang lezatt dan kental. Nah sayur lodeh tenggarong ini cocok banget untuk di jadikan menu sehari-hari apalagi untuk kalian yang suka dengan masakan berbahan dasar sayur. 

Soal rasa jangan kuatir, kamu bisa bayangkan sendiri perpaduan antara labu siam, jagung, nangka muda, dan kacang panjang yang dimasak dalam satu tempat, kemudian diguyur dengan kuah santan yang penuh dengan rempah-rempah pilihan. Tentu akan menghasilkan rasa yang begitu ciamik dan lezat.

Bahan dan Cara Membuat Sayur Lodeh Tenggarong

Apalagi pada kesempatan ini saya akan berbagi rahasia kelezatanya sayur lodeh tenggarong. Yaitu terletak pada perpaduan nikmatnya rempah dan santan berkualitas yang jadi pilihan. Nah santan yang bisa jadi pilihan kamu adalah Sasa Santan Kelapa. Mengapa? Sebab santan yang satu ini punya kualitas sama dengan santan yang baru diperas dari parutan kelapa. Memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas, cocok untuk segala jenis makanan, minuman atau masakan lain. dan juga hadir tanpa pengawet. 

Untuk membuat masakan sayur lodeh tenggarong ini cukup mudah kok. Mula-mula kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu seperti

1.      250 gram nangka muda
2.      250 gram labu kuning di potong kotak
3.      250 gram labu siam di potong kotak
4.      1 buah jagung yang telah di potong-potong
5.      200 gram kacang panjang potong kira-kira 3 cm
6.      100 gram tetelan daging sapi
7.      1 bungkus Sasa Santan kelapa

Kemudian untuk bumbu halusnya kita perlu menyiapkan

1.      5 siung bawang merah
2.      4 butir kemiri
3.      3 siung bawang putih
4.      2 buah cabe merah
5.      1 sendok teh garam
6.      Garam secukupnya

sayur lodeh tenggarong santan sasa
perutgendut.com

Nah setelah semua bahan dan bumbu telah siap. Maka tiba waktunya kita membuat masakan sayur lodeh tenggarong dengan kuah santan kental. Check this out.

1.      Pertama rebus tetelan daging sapi dalam air mendidih hingga lunak. Angkat dan potong dadu.
2.      Kemudian rebus jagung dan nangka muda ke dalam santan encer hingga lunak
3.      Tumis bumbu halus bersama lengkuas hingga tercium aroma harum. Kemudian angkat dan masukkan ke dalam rebusan nangka dan jagung tadi.
4.      Setelah itu masukkan daging, labu kuning, labu siam, dan kacang panjang. Masak hingga semua bahan lunak.
5.      Terakhir tuangkan Sasa Santan Kelapa, sesekali aduk agar santan tak pecah. Setelah matang matikan api dan sayur lodeng tenggarong siap di hidangkan.

Bagaimana tidak sulit kan membuat masakan satu ini. Itulah resep masakan sayur lodeh tenggarong dengan kuah santan kental yang bisa saya bagikan kali ini. Sasa Santan, aslinya santan. Yuk, masak dengan Santan Sasa juga. Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Tidak sulit kelihatanya, kalau baca gini sih nampak pengen banget langsung masak. Mudah-mudahan segera bisa mempraktekkan. Enak dan tentunya sehat, karena diri sendiri yang masak ya, Mbak?

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.