Manfaat Menghadiri Reuni




Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, reuni adalah pertemuan kembali setelah perpisahan cukup lama. Tentu kita sudah sering mendengarnya ya kan, atau malah anda sudah pernah menghadirinya? Saya sendiri jujur seingat saya belum sekalipun menghadiri reuni sekolah, kantor, atau organisasi. Karena seringkali reuni sekolah diadakan di luar kota yang tidak memungkinkan saya hadir karena alasan tertentu, salah satunya alasan efisiensi biaya. Tapi kalau reuni teman-teman seperjuangan saat dulu bekerja sih pernah. 

Senengnya ketika reuni adalah kita bisa mengenang kembali saat-saat lalu, tentunya ada saat yang menyenangkan dan menyedihkan. Saat yang menyenangkan bisa jadi kenangan yang manis yang nanti bisa diceritakan ke anak cucu, dan saat yang menyedihkan bisa jadi bahan tertawaan yang membuat kita termotivasi untuk lebih baik. Bukankah ada kata bijak yang menyebutkan bahwa kita bisa belajar dari kesalahan atau dari sejarah?

manfaat reuni
pixabay.com
 
Dengan menghadiri reuni, tali silaturahmi juga tetap terjalin. Bukankah silaturahmi itu banyak sekali manfaatnya? Ia bisa memanjangkan usia dan memudahkan rejeki. Siapa tahu, teman yang kita temui saat reuni adalah perpanjangan tangan Allah SWT yang memudahkan kita mendapat rejeki. Bahkan katanya bisa membuat awet muda karena interaksi sosial bisa membuat hidup lebih berwarna dan kaya pengalaman.

Namun kita harus menjaga hati tetap bersih saat menghadiri reuni. Siapa tahu kondisi kita sedang kurang baik. Begitu melihat teman sukses, maka timbul rasa minder atau iri. Atau sebaliknya, kondisi kita sedang di atas sehingga kita tidak sengaja menyombongkan diri. Kita sebaiknya bersyukur dengan pencapaian kita dan juga teman kita. Bukankah ketika kita bersyukur, Allah SWT akan menambah nikmat-Nya pada kita? Juga, jangan terlalu berharap teman kita yang dulu akan sama, pasti ada yang berubah karena waktu yang cukup lama berlalu. Salah satunya adalah perubahan fisik. Bagaimanapun, ingatlah tujuan awal kita yang baik saat menghadiri reuni. Saat kita menghadiri reuni dengan niat menjalin silaturahim, hal itulah yang kita tonjolkan.


Comments

  1. Iya bener banget, buatku juga intinya mah silaturahmi, hal-hal di luar itu yang terjadi balik lagi ke individu masing2.

    ReplyDelete
  2. Nah itu yg ditakutkan ya teh, saat kondisi hati enggak baik, timbul iri duh jangan sampai ya.

    ReplyDelete
  3. Emang nih, tebel-tebelin mental deh kalo dateng. Kita ngga tau gimana temen kita, apalagi kalau baru ketemu lagi ya, Mbak May

    ReplyDelete
  4. Iya, betul, Mbak. Bahkan saya memilah dan memilih suasana dan tema reuni. Kalau kurang sesuai, saya memilih tidak hadir.

    ReplyDelete
  5. setuju, kalau mau hadir di reuni, harus siap mental

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

3 Blog Masak Favorit

Benzyl Alcohol Dalam Dove White Beauty Bar, Halal Atau Haram?

Kursus Menyetir Mobil di Bintaro