Wujudkan Impian Travelling Dengan Cara Ini



Saat ini, travelling sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. Mungkin ini karena pengaruh media sosial dengan banyaknya influencer yang memperlihatkan kegiatan travelling mereka, sehingga membuat banyak orang yang tertarik untuk melakukan hal yang sama. Yup, sebenarnya dari dulu juga manusia sudah melakukan perjalanan. Hanya saja, sekarang ini karena pengaruh media sosial kegiatan travelling jadi lebih ramai. Banyak tempat wisata yang kembali dikenal karena pengaruh media sosial dan membuat orang tertarik untuk mengunjunginya. 

Travelling sendiri sebenarnya tidak harus ke tempat yang jauh dan mahal, misalnya ke museum yang dekat dengan tempat tinggal. Yang penting manfaatnya didapat. Travelling dilakukan orang selain untuk refreshing, menambah pengetahuan, juga ternyata dianjurkan dalam Alquran agar kita bisa memetik sebuah pelajaran dari kehidupan.

“Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.” (QS. Lukman: 31)


Menurut artikel di blog qorisme.com, Traveling dalam bahasa Indonesia adalah aktivitas melancong; berpindah dalam satu tempat ketempat lainnya dengan berbagai alasan, seperti bisnis, liburan, dan sebagainya. Mengacu pada pengertian tersebut, ternyata saya termasuk orang yang jarang sekali melakukan travelling. Huhu, kuaciannn.

wujudkan impian travelling dengan cara ini
dokumen pribadi

Tapi, nggak sedih lah, kan memang situasi dan kondisi tidak mendukung untuk sering bepergian. Beginilah kalau sudah berkeluarga, kalau pergi travelling harus memperhitungkan kebutuhan suami dan anak-anak di rumah, ijin suami, biaya travelling kalau pergi sekeluarga, dan sebagainya.

Tapi walau begitu, saya sendiri selalu merencanakan travelling ke kampung halaman minimal sekali dalam setahun, terutama pada momen lebaran Idul Fitri. Hehe, ini sih pulang kampung ya. Yup, sekalian travelling dong mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di kampung halaman pastinya biar kenal kampung sendiri. Impian saya, bisa travelling sekeluarga sekalian ibadah Haji dan mengenal sejarah Rasulullah Muhammad SAW ke Baitullah di Kota Mekkah, amiiiiin.


 “Bukan gaji besar yang menentukan kita bisa travelling atau tidak, tapi gaya hidup, prioritas dan cara menabung” (Claudia Kenang, penulis dan traveler)


Ya, kata mba Claudia, kita bisa travelling ke tempat impian kita dengan melakukan tiga hal di atas yaitu gaya hidup, prioritas dan cara menabung. Gaya hidup kita sebaiknya hemat dan mengeluarkan dana untuk hal yang dibutuhkan saja. Tentukan prioritas dalam hidup sehingga kita bisa fokus pada tujuan, dan sisihkan dana untuk menabung.

Apakah tiga hal di atas terlalu teoritis? Kalau begitu, mulailah dengan mengelola keuangan kita dengan cara membagi pendapatan ke dalam persentase. Menurut artikel di zahiraccounting.com, Elizabeth Warren dalam bukunya All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, mengenalkan sistem 50:30:20. Ini adalah sebuah cara efektif yang bisa kita terapkan untuk mengelola keuangan kita. Pendapatan yang digunakan dalam pembagian ini adalah pendapatan bersih yang sudah dikurangi oleh pajak dan lain-lain. 

  1. 50% untuk pengeluaran wajib
Pengeluaran wajib berupa kebutuhan untuk makan, transportasi ke tempat kerja baik menggunakan kendaraan sendiri atau umum, akomodasi berupa uang sewa rumah atau kos atau cicilan rumah, biaya sekolah anak, dan berbagai tagihan seperti tagihan listrik dan PDAM. 

Ketika saya mengontrak beberapa tahun lalu, membayar listrik atau PDAM harus mendatangi tempat pembayaran khusus sehingga harus belajar sabar mengantre dengan yang lain. Namun sekarang, sudah banyak tempat bayar tagihan PDAM online sehingga kita bisa membayar tagihan dari rumah menggunakan smartphone yang terkoneksi internet. Begitu juga dengan pengeluaran untuk listrik, cek tagihan listrik mudah lewat Tokopedia saja, yang merupakan salah satu e-commerce yang cukup dikenal di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan konsumen termasuk kemudahan pembayaran berbagai tagihan kebutuhan rumah.

bayar tagihan di tokopedia


  1. 30% untuk pengeluaran tambahan
Pengeluaran tambahan berupa pengeluaran yang sifatnya tidak rutin seperti untuk menjenguk yang sakit atau pergi kondangan ke teman yang mengadakan pesta pernikahan. Jika suatu saat terjadi kekurangan dana pada pengeluaran wajib, kita bisa mengambil dari pos 30% ini.

  1. 20% untuk tabungan
Sekecil apapun yang kita sisihkan untuk menabung, jika dilakukan secara tertib dan rutin maka kita akan merasakan manfaatnya jika suatu saat kita membutuhkannya. Jika kita menabung dengan tujuan travelling ke tempat yang diinginkan, kita bisa mengambil dana ini ketika sudah terkumpul sesuai dengan kebutuhan travelling. 

Bagaimana dengan anda, ada tempat yang ingin dikunjungi sebagai tujuan travelling? Ayo dong wujudkan impian travellingnya. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha mewujudkannya. Jangan lupa berdoa juga agar Tangan Tak Terlihat-Nya bekerja membantu impianmu!

Comments

  1. saya travelling sih bisa aja mbak. tapi porsi terbesar saya ke investasi berbagai instrumen, saya ingin travelling bareng istri saya di kemudian hari, teeurus bikin romantictravel.com, hahaha

    ReplyDelete
  2. Saya juga jarang banget traveling, mbak. Nggak tahu nih masih susah banget ngumpulin uangnya. Masih harus belajar mengelola keuangan

    ReplyDelete
  3. Akupun nabung kalo mo traveling mbak. Suami skr udah ga ngantor dan jd pengusaha jd ga busa ngandelin uang bonus tahunan lagi hahhaha

    ReplyDelete
  4. wah benar juga ya, nabung untuk traveling itu gak rugi ya apalagi sama pasangan

    ReplyDelete
  5. ide bagus juga ya buat menabung. Mau coba ah! Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  6. saya memang selalu punya post tabungan khusus buat traveling, meski cuma bisa 10rb perbulan tetap saja ditabung, kan dikit-dikit lama2 jadi bukit. hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.