Trik Mudah Menata Buku di Rak Buku Minimalis

Salah satu hobi yang sangat bermanfaat diantaranya adalah membaca buku. Buku memang menjadi jendela bagi semua pembacanya yang ingin melihat dunia secara lebih luas. Bagi Anda penyuka buku, maka menjaga buku koleksi tentu sudah jadi kewajiban Anda. Meski rak buku mampu menjadikan buku terlihat rapi dan cantik, namun karena kadang ruangannya tak mencukupi maka menjadikannya masalah. Untuk itu memilih rak di Bukalapak akan jadi pilihan.


Konsep rumah saat ini memang cenderung lebih bersifat minimalis. Alasannya adalah karena rumah minimalis lebih hemat tanah dan harganya pun lebih terjangkau. Untuk itu pemilihan rak buku yang Anda pilih pun harus tepat sehingga tidak akan memberikan kesan memenuhi ruangan. Memastikan ukuran dari rak buku menjadi hal yang amat penting untuk dipertimbangkan sehingga menjadikan pilihan yang didapat sangat tepat dan bagus. Kini sudah ada banyak variasi pilihan untuk rak buku yang bisa jadi pilihan sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Selain bisa memberikan kesan yang rapi, penggunaan rak buku juga akan memudahkan Anda menemukan buku yang dicari. Meski demikian penataan juga harus bisa tepat dan disesuaikan sehingga menjadikan penampilan dari rak buku tak hanya sebagai tempat meletakkan buku melainkan juga bisa jadi penghias ruangan Anda.

Lalu bagaimana cara menata rak buku minimalis yang tepat? Berikut ini tipsnya:

rak buku di bukalapak
pixabay.com

  1. Posisi buku
Yang pertama adalah dari posisi buku. Posisi berdiri adalah posisi yang paling favorit untuk meletakkan buku. Namun Anda bisa menjadikan posisinya berbeda misalnya dengan kombinasi posisi vertikal dan juga horizontal. Tak usah khawatir buku akan terlihat tak rapi karena justru penyusunan ini memberikan sudut pandang berbeda ketika dilihat. Agar kesannya lebih dinamis, maka gabungkan posisinya di sisi rak semuanya. Jika sudah bosan dengan posisi ini, maka bisa juga menggunakan posisi miring sehingga terlihat lebih berbeda.

  1. Ukuran buku
Selanjutnya adalah penataan dari segi ukuran bukunya, Anda bisa menyesuaikan ukuran buku sesuai besaran buku. Namun bisa juga dengan cara lain yakni memposisikan seperti segitiga dengan buku terbesar ada di bagian tengah sehingga tampak lebih elegan.

  1. Warna buku
Untuk memudahkan mencari, maka menyesuaikan warna buku juga bisa dilakukan. Kelihatannya pasti akan lebih rapi. Namun kadang menyesuaikan dengan warna buku ini kurang tepat dilakukan jika bukunya sangat banyak. Anda tetap bisa mencampur warna dan sesuaikan dengan penulis buku tersebut.

  1. Penambahan aksesoris rak
Yang terakhir adalah dengan menambahkan aksesoris di rak buku tersebut. Anda bisa meletakkan ragam jenis aksesoris misalnya kerajinan karya sendiri, tempelan, tulisan dan masih banyak lagi sesuai dengan apa yang Anda suka. Jika ingin simpel namun tetap berkesan maka memberikan lampu kecil yang mengelilingi rak juga akan menjadi cara yang mudah.

Itulah beberapa tips dalam penataan buku di rak buku minimalis yang bisa Anda lakukan. Ternyata menata buku itu mudah bukan? tentunya dengan penataan buku yang rapi maka akan menjadikan Anda lebih mudah ketika ingin mencari buku. Selain itu dari segi estetika juga akan mendukung sehingga ruangan Anda terlihat ada hiasannya. Tak melulu ditempatkan di kamar atau ruang baca, rak buku ini pun bisa ditempatkan di ruang keluarga hingga ruang tamu sebagai penambah kecantikan di ruangan tersebut.


Comments

  1. betul ya, rak buku sdh penuh lagi dan ruangnya sdh sempit euy

    ReplyDelete
  2. Belakangan saya suka nyusun berdasarkan warna. Enak aja dilihatnya :-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.