6 Cara Mudah Mencuci Tas Backpack Travelling Anda Agar Bersih Maksimal




Pada dasarnya tas memang dirancang sebagai item fashion yang khusus digunakan untuk membawa beragam jenis barang, sehingga tidak heran jika kebutuhan masyarakat akan produk yang satu ini juga sangat tinggi, hampir semua orang pasti memilikinya, hanya saja mungkin dalam bentuk atau model yang berbeda-beda. Contohnya adalah tas selempangan dan juga tas ransel. Kebanyakan yang senang travelling pastinya punya koleksi tas backpack, model yang satu ini agaknya memang sangat nyaman digunakan untuk menunjang perjalanan Anda kemanapun dengan membawa berbagai jenis barang.


Di pasaran baik itu offline maupun toko online umumnya model tas yang satu ini juga ditawarkan dengan harga terbilang murah, kecuali untuk beberapa merk tertentu yang memang dibandrol dengan harga mahal. Bagi para traveler maka model ransel sudah menjadi teman sejati, hampir semua koleksi tas Anda pastinya berhubungan dengan tas yang satu ini bukan, karena memang nyaman untuk dipakai, modelnya yang ergonomis memungkinkan punggung Anda juga tak akan mudah sakit ketika mengenakannya.

tas backpack


Namun karena terlalu sering digunakan untuk melakukan perjalanan, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya tas backpack Anda ini juga sangat mudah kotor hingga rusak. Apalagi untuk beberapa jenis bahan tertentu. Untuk itulah diperlukan perawatan dengan tepat. Diantaranya adalah dengan mencucinya secara rutin. Namun juga jangan sampai salah dalam mencuci, karena akan mempengaruhi daya tahannya. Berikut ini ada beberapa tips dalam mencuci tas ransel travelling Anda, diantaranya adalah:

  1. Keluarkan terlebih dahulu semua barang yang ada di dalamnya, hal ini dilakukan agar isi yang ada di dalam tas nantinya tidak ikut basah, termasuk diantaranya yang paling penting adalah isi yang terbuat dari bahan kertas.
  2. Ketahui terlebih dahulu bahan dari tas tersebut, periksa label kemasan, biasanya ada aturan pencucian dari tas tersebut, karena beberapa bahan memang tidak tahan terhadap air sehingga akan mudah rusak jika terkena air. Jadi hanya bisa dilap saja menggunakan kain yang basah.
  3. Rendam dengan air dan detergen, sebaiknya gunakan detergen liquid atau cair, hal ini dikarenakan jenis detergen bubuk mengeluarkan residu ketika digunakan, residu ini nantinya akan memberikan efek putih ke bagian serat kain dari tas tersebut. Bukannya tampak bersih, justru akan terlihat semakin kotor. Untuk itu lebih aman mencucinya dengan detergen cair.
  4. Gosok menggunakan sikat yang lembut, untuk beberapa jenis kotoran membandel memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya menggosok menggunakan tangan biasa tak akan cukup untuk menghilangkan noda tersebut. Untuk itulah gunakan sikat yang dibuat dari bahan halus, gosok secara perlahan sampai kotoran yang membandel tersebut hilang.
  5. Segera bilas menggunakan air bersih, setelah semua bagian disikat hingga bersih, maka langkah selanjutnya adalah dengan membilas menggunakan air bersih, lakukan hingga semua busa tersebut hilang, jangan terlalu lama merendam tas di dalam air, karena justru hanya membuatnya semakin rusak.
  6. Jemur di tempat yang teduh, untuk proses pengeringannya sendiri sebenarnya cukup dengan mengeringkan di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena hanya akan merusak warna tas tersebut.
Penyimpanan tas backpack ini hendaknya dibekali dengan silica gel yang berguna untuk menjaga kondisi suhu tetap kering atau bebas dari uap air yang lembab, karena bisa memicu munculnya jamur. Saat tidak digunakan sebaiknya tetap simpan dalam lemari tertutup.

Comments

  1. Wah salah dong saya, kemarin nyuci ransel anak, saya jemur di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Makasih sharing-nya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. aku biasanya kurendem dan kusikat wkwkwk

    ReplyDelete
  3. iya nih banyak tas backpack suami yg lembab oas disimpan, hrsnya pakai silica gel ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.