Urang Aring, Sahabat Rambut Sejak Dulu



Urang Aring, sebagian dari kita tentu sudah tak asing mendengarknya kan. Kalau saya, pertamakali mendengar kata Urang Aring adalah saat masih kecil. Ibu atau nenek saya sering memakaikan saya minyak urang aring ke rambut, katanya agar rambutnya subur dan hitam. Entah kenapa, saya manut aja dipakaikan minyak urang aring. Walau teksturnya yang berminyak itu membuat tidak nyaman, tapi wanginya itu cukup saya suka. 

Urang aring itu adalah tanaman liar yang dengan nama latin Eclipta Alba dan berfungsi sebagai obat. Bahkan sejak dulu urang aring dikenal sebagai penyubur dan penghitam rambut. Urang aring mengeluarkan zat pewarna hitam sehingga tidak heran jika ia bisa menghitamkan rambut dan membuat rambut hitam semakin berkilau. Sari daun urang aring juga bisa membasmi ketombe, merilekskan kepala, dan menyuburkan rambut sehingga rambut rontok berkurang. 

Tanaman urang-aring (id.wikipedia.org)

Orangtua jaman dulu melakukan perawatan rambut alami untuk keluarga mereka dengan cara meremas-remas daun urang aring untuk diambil sarinya, kemudian mengoleskannya pada kepala anak-anak mereka. Pada masa saya, sudah ada urang aring dalam bentuk minyak yang dikemas dengan botol. Selain diambil sarinya untuk dioleskan ke kepala, kita juga bisa mencoba membuat masker urang aring dengan menghaluskan urang aring dengan air dingin. Urang aring yang sudah dihaluskan lalu diaplikasikan ke rambut dan didiamkan untuk beberapa saat, kemudian bilas dengan air.

Tapi sekarang, kok rasanya sulit ya menemukan tanaman urang aring ataupun minyak urang aring. Sekarang saya lebih banyak menemukan urang aring dalam bentuk shampoo. Tapi tidak apa, justru inilah manfaatnya teknologi. Tanaman alami bisa diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat buat manusia.

Salah satu produk yang mengandung urang aring adalah produk dari Emeron, yaitu Emeron Black and Shine yang mengandung Formula yang telah disempurnakan dengan teknologi Jepang Active Provit Amino, dan urang aring yang memperbaiki dan menutrisi rambut kusam sehingga diharapkan rambut akan hitam alami dan sehat. Selain dalam bentuk shampoo, Emeron Black Shine juga tersedia dalam shampoo conditioner dan hair vitamin. Ketiganya merupakan salah satu paket Complete Hair Care dari Emeron.

emeron black and shine complete hair care


Sst, untuk saya yang usianya sudah banyak dan rambut mulai beruban, sangat tepat kalau menggunakan Emeron yang mengandung urang aring. Karena saya bisa mendapatkan manfaat dari urang aring untuk menutupi uban dengan alami. Saya cukup kaget juga saat bercermin dan mendapati uban saya semakin banyak. Tapi tentu saja menggunakan Emeron Black and Shine tidak langsung bisa hitam ya, ada proses yang harus dilalui dengan rutin. 

Selain itu, pekerjaan saya yang monoton mengurus rumah tangga cepat menimbulkan stress sehingga rambut saya rontok. Setiap hari, saya akan mendapatkan helaian rambut rontok saya di lantai rumah dan lantai kamar mandi. Saya berharap manfaat urang aring untuk merilekskan kepala dan mengurangi kerontokkan akan bisa saya dapatkan. Jadi saat ini saya lagi coba Emeron Black and Shine nih untuk perawatan rambut saya.

Tapi ternyata Emeron Black and Shine ini belum ada di minimarket yang paling dekat dari rumah. Sayang sekali, karena produk Emeron biasanya cukup ekonomis atau cukup terjangkau. Saya harus membelinya dari salah satu supermarket. Untungnya, kalau sedang tak bisa keluar rumah sekarang bisa memesan produk apapun dengan ojek online kan? Satu paket Emeron Complete Hair Care yang terdiri shampoo dan Conditioner kemasan 170 ml, serta 6 kapsul Emeron Hair Vitamin seharga 34 ribu di supermarket. Cukup murah sih menurut saya, dan itu bisa lah untuk kurang lebih sebulan jika kita pandai mengatur pemakaiannya.

emeron black and shine shampoo

Satu kesan saya saat pertamakali mendapatkan paket Emeron Complete Hair Care Black and Shine adalah wanginya yang harum sekali. Emeron Shampoo Black and Shine berwarna hitam pekat dan memiliki tekstur cair yang kental. Memakai Emeron Shampoo Black and Shine seperti menggunakan shampoo pada umumnya, yaitu dengan terlebih dulu membasahi rambut lalu menuangkan shampoo ke tangan untuk diaplikasikan ke kepala. 

emeron black and shine conditioner

Setelah shampoo dibersihkan dengan air, selanjutnya gunakan Emeron Conditioner Black and Shine yang berwarna abu dan memiliki teskstur seperti krim. Wanginya lebih kuat dibandingkan Emeron Shampoo Black and Shine. Conditioner diaplikasikan dari tengah rambut sampai ke ujung rambut, setelah itu dibersihkan dengan air. Setelah pakai Emeron Conditioner Black and Shine, rambut yang kasar jadi lembut dan wangi.

emeron black and shine hair vitamin

Yang terakhir, barulah memakai Emeron Black and Shine Hair Vitamin yang selain menutrisi rambut juga melindungi rambut dari pengaruh buruk sinar matahari. Kemasan Emeron Black and Shine Hair Vitamin yang seperti kapsul memudahkan saya dalam penggunaannya karena takarannya sudah pas. Tinggal ambil satu butir, buka ujungnya dengan gunting, tuangkan ke tangan lalu usapkan ke rambut. Setelah menggunakan Emeron Black and Shine Hair Vitamin, rambut jadi makin lembut dan wangi sehingga mudah disisir.

Karena saya memakai hijab, saya biasanya membiarkan rambut kering dulu sebelum menggunakan hijab kembali. Karena rambut basah yang ditutupi hijab akan membuat rambut malah bau, lepek, dan gampang rontok sehingga usaha kita menutrisi rambut tentu akan sia-sia. Kalau ingin cepat kering, biasanya saya angina-anginkan dengan kipas saja.

Nah, bagaimana dengan teman-teman, sudah pernah coba Emeron juga? Apakah di daerah tempat tinggal teman-teman mudah mendapatkan tanaman urang aring? Perawatan seperti apa sih yang teman-teman lakukan agar rambut sehat dan hitam? Share dong pengetahuan teman-teman di kolom komentar! Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat saya dan teman-teman lain dalam merawat rambut.

Comments

  1. Mbaca tulisan tentang urang-aring..aku ingat minyak jaman aku kecil dulu..

    Legendaris banget, warnanya ijo..dikemas dalam botol kaca.

    Klo emeron yang produk ini..blm pernah nyobain aku mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba waktu kecil saya jg suka dipakaikan minyak urang aring sekarang shampoo ya yg banyak mengandung urang aring

      Delete
  2. aku inget jaman kecil sering dikasih minyak urang aring sampai rambut kelihatan klimis, tp setelah smp gak mau lagi malu sama temen kalau klimis

    ReplyDelete
  3. Ya ampunnn jadi inget masa kecil banget tiap lihat emeron urang aring, my all time fav shampoo banget. Aku masih pakai ini loh mbak, kadang yang hijau. Wanginya tahan lama banget dan harganya terjangkau.

    ReplyDelete
  4. Wahh aku juga pakai ini loh, suka banget sama aromanya

    ReplyDelete
  5. aku pake yg kuning mba krn rambutku rusak huhuhu

    ReplyDelete
  6. Dulu kecil mama juga sedia botol urang aring, sekarang aja yang udah ngga.. khas jaman old banget ya x) aq ga ada perawatan rambut kusus, yang penting cocok sama shampoonya aja

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.