Buper Trijaya, Satu Lagi Tempat Berkemah di Kuningan




Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis di blog saya yang lain tentang salah satu tempat wisata di kota kelahiran saya di Kuningan yaitu Bumi Perkemahan palutungan. Tempat ini cukup dikenal di kota Kuningan dan sering jadi tempat berkemah banyak warga Kuningan. Selain karena udaranya yang adem, tempat yang dipenuhi pohon pinus ini juga dilengkapi dengan area outbound dan wisata air terjun yang terletak tak jauh dari area perkemahan. Jadi selain berkemah, pengunjung juga bisa menikmati permainan outbound dan segarnya air pegunungan. Belum lagi pemandangan indah bisa dinikmati di sepanjang perjalanan menuju Bumi Perkemahan Palutungan, kota Kuningan bisa terlihat dari ketinggian daerah ini yang menambah perjalanan menuju dan dari Bumi permahan palutungan menjadi menarik.


Ternyata, selain Bumi Perkemahan Palutungan, ada lagi tempat lain yang bisa dijadikan tempat berkemah di Kuningan, Jawa Barat yaitu Bumi Perkemahan (Buper) Trijaya. Saya sendiri sebagai orang Kuningan baru tahu tentang tempat ini saat lebaran tahun ini berkunjung ke Kuningan dan tak sengaja menemukan tempat ini saat sedang jalan-jalan. 

bumi perkemahan trijaya


Dinamakan dengan Bumi Perkemahan Trijaya, karena tempat ini berada di Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan, Kuningan. Lumayan juga jaraknya dari Jalan Raya dengan jalan beraspal yang tidak begitu mulus dan sedikit sempit. Tempat ini sepertinya belum banyak diketahui orang karena memang baru dibuka sekitar bulan Mei 2014. Pengelolaannya pun sepertinya belum terlalu rapi. Saat saya kesana di akhir bulan Ramadan 2018, hanya ada beberapa pengunjung anak muda yang datang untuk berfoto-foto. Petugas di tempat pembelian tiket adalah anak remaja. Entah itu pengunjung yang duduk di tempat penjualan tiket atau petugas karena saya tidak dimintai tiket masuk. Beneran loh, tidak dimintai tiket masuk.

Suasana di Buper Trijaya sejuk banget meski saat itu siang hari dengan panas matahari yang terik. Hal ini disebabkan disini banyak pohon pinus yang melindungi pengunjung dari sengatan matahari. Tempat ini sebelumnya memang kawasan hutan yang tidak terurus. Tidak jauh dari Buper Trijaya ada situ bernama Situ Embung Cimanggu yang dipakai penduduk sekitar untuk irigasi.

bumi perkemahan trijaya


Fasilitas di Buper Trijaya sudah cukup memadai dengan tersedianya area parkir, mushola, dan warung makan. Tersedia juga saung-saung bamboo dan rumah kayu yang bisa dijadikan spot menarik untuk berfoto. Tetapi memang kapasitas perkemahannya lebih sedikit dari Buper Palutungan yaitu memuat sekitar 150 orang. Cukup lah kalau untuk kopdar komunitas, kumpul keluarga besar, foto pre wedding dan event lainnya. Tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu sekitar 2000 rupiah per orang, dan tariff berkemah sekitar 8000 sampai 10 ribu per orang. Kedepannya akan banyak penambahan fasilitas seperti penyewaan tenda, penambahan warung, pembesaran area lapangan, dibangunnya sirkuit motor cross, penambahan rumah pohon serta wahana flying fox. 

Di musim libur lebaran ini, Buper Trijaya bisa dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menikmati waktu berkumpul bersama keluarga dengan biaya hemat. Namun karena tempatnya yang relative baru, jangan lupa untuk mengecek lokasi melalui internet atau banyak bertanya pada penduduk setempat. 

bumi perkemahan trijaya

Comments

  1. Tempatnya bisa jadi spot foto yang keren ya mba Maya. Kliatan nyaman dan rindang juga :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.