Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Yang Harus Diperhatikan


Akhir-akhir ini banyak berita bencana alam di televisi. Misalnya, gempa yang terjadi di Banten pada 14 Januari 2022. Di satu sisi, hanya bisa pasrah karena bencana alam merupakan hal di luar kehendak manusia. Di sisi lain, kita bisa meminimalisir akibat yang disebabkan oleh gempa dan bencana alam lainnya.

 

Pernah denger nggak sih kalau ada rangka bangunan dan genteng yang roboh karena angin serta guncangan gempa? Ya, tentunya akan sangat merugikan banyak pihak dan pemilik bangunan. Dalam kasus seperti ini, bisa diatasi dengan menggunakan rangka baja ringan serta genteng metal yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Tidak hanya itu, pemasangan rangka atap dan genteng yang benar juga menjadi salah satu alasan bangunan dapat berdiri kokoh.

 

Hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan rangka atap baja ringan: 

 

  1. Menentukan Bentuk Atap Rumah

Menentukan bentuk atap adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Bentuk atap tidak hanya memberika estetika semata tetapi juga harus memiliki nilai fungsionalnya. Selain itu, bentuk atap juga memerlukan teknik pemasangan serta rangka atap yang berbeda-beda, maka wajib menggunakan tukang baja ringan yang berkompeten untuk mendapatkan hasil pemasangan yang maksimal.


pemasangan rangka atap baja ringan


 

  1. Menentukan Material Atap Rumah

 

Material atau jenis atap rumah juga bermacam-macam, mulai dari yang berat sampai yang ringan. Untuk material atau jenis genteng metal, ketebalan minimum yang  direkomendasikan oleh SNI yaitu 0,25 mm.         

  

Jika berat jenis genteng metal 5 kg/m2 dan berat jenis genteng keramik 45 kg/m2, maka maksimal jarak kuda-kuda yang dibutuhkan jenis genteng metal adalah 1200 mm dengan ketebalan genteng metal kanal C 0.75 mm. Sedangkan maksimal jarak kuda-kuda yang dibutuhkan untuk jenis genteng keramik adalah 600 mm dengan ketebalan baja ringan kanal C 0.75 mm. Dalam menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan dapat menggunakan kalkulator BlueScope Zacs® agar proses pembangunan atau renovasi rumah dapat berjalan dengan lancar.

 

  1. Menentukan Jenis Baja Ringan dan Ketebalan Baja Ringan

 

Jenis baja ringan dan ketebalan baja ringan untuk rangka atap rumah berdasarkan SNI menggunakan Kanal C dengan minimum ketebalan genteng metal di 0,75 mm dan Reng dengan minimum ketebalan genteng metal di 0,45 mm. Jika ketebalan genteng metal di bawah minimum ketentuan SNI maka jarak kuda kuda baja ringan harus dibuat lebih rapat di 60 cm agar dapat menahan beban. Dengan jarak yang semakin rapat tentunya genteng metal yang dibutuhkan akan semakin banyak.

 

  1. Sudut Kemiringan Atap

 

Sebelum memasang rangka atap baja ringan, kita harus mengetahui derajat kemiringan atap sesuai kebutuhan. Sebab semakin miring atap akan semakin luas atap yang akan digunakan. Kemiringan atap yang ideal adalah 25atau 30o.

 

  1. Jarak kuda kuda baja ringan

 

Untuk memasang rangka atap baja ringan, kita perlu mempersiapkan gambar kerja berupa denah bangunan secara menyeluruh untuk menentukan jarak kuda kuda baja ringan dan kebutuhan kuda kuda yang akan dipakai. Jarak kuda kuda baja ringan yang aman dalam membangun rangka atap baja ringan berjarak tidak lebih dari 1200 mm.

 

  1. Sistem Kesatuan Rangka Atap Baja Ringan

 

Sistem kesatuan sangat penting dalam memasang rangka baja ringan, karena kunci kekuatan rangka atap baja ringan terletak pada integrasi tiap batang baja ringan yang terkoneksi dengan sambungan rangka baja ringan yang lain. Saat terjadi kesalahan kecil pada satu rangka baja ringan, maka akan berimbas ke seluruh atap. Jika satu bagian tidak teraplikasi sempurna, hal itu bisa berakibat fatal dengan runtuhnya seluruh bangunan.

 

  1. Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Harus Dibuat oleh Ahlinya

Untuk menghindari kesalahan dalam memasang rangka atap baja ringan yang dapat membahayakan keselamatan diri dan lingkunga sekitar tempat kita tinggal, pemasangan ini harus dilakukan oleh ahlinya agar bangunan dapat berdiri dengan aman.

 

  1. Pastikan Material Baja Ringan Berkualitas Dan Bergaransi Resmi

Dalam memilih rangka baja ringan dan genteng metal harus memerhatikan kualitas produk keduanya. Kualitas material baja ringan akan sangat menentukan kekuatan dari baja ringan itu sendiri. Oleh karena itu pastikan material baja ringan yang digunakan berkualitas dan memiliki garansi resmi. Kita bisa menemukan rangka baja ringan serta genteng metal bergaransi di BlueScope Zacs®️, produk BlueScope Zacs®️ dibuat presisi dengan standar internasional dan dijamin kekuatannya. Selain itu, BlueScope Zacs®️ juga memiliki lapisan lapisan pelindung karat sehingga pemakaian baja ringan dan genteng metal menjadi lebih lama.

 

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan rangka atap baja ringan. Kita harus mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam pemasangan rangka atap baja ringan, pintar memilih dan menentukan material baja ringan, serta menggunakan tukang ahli baja ringan. Selain itu, pilihlah produk yang memiliki garansi resmi seperti perlindungan karat selama 10 tahun dan perlindungan karat 5 tahun sehingga keindahan genteng metal akan tetap terjaga.


Comments

Popular posts from this blog

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask