Tips Menangkal Petir Pada Atap Baja Ringan

  

Sebagaimana kita semua tahu, negeri kita Indonesia termasuk negeri beriklim tropis di mana hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Menurut prakiraan cuaca, pada April 2022 akan memasuki musim kemarau, tetapi hingga akhir Maret 2022, hujan deras disertai angin kencang dan petir masih terjadi. Dan pada saat saya menulis ini yaitu di akhir Maret 2022 cuaca masih sering terjadi hujan deras sekali yang disertai angin kencang bahkan petir.

Duh, ngeri sekali ya.  Walaupun kita ada di dalam rumah, kalau mendengar hujan disertai petir jadi membuat khawatir. Karena ketika petir siap menyambar, ia akan mencari konduktor terbaik dan terdekat, bisa berupa bangunan tinggi seperti rumah atau pohon.

Jika atap rumah kita terbuat dari atap baja ringan, kekhawatiran kita bisa sedikit berkurang jika terjadi hujan disertai petir. Ya, karena baja ringan sama dengan cara kerja penangkal petir. Atap baja ringan bukan menarik petir, melainkan menyalurkannya dengan aman ke dalam tanah sehingga resiko terjadinya kebakaran atau ledakan bisa dikurangi.

Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan atap baja ringan yang berkualitas untuk rumah yang kita huni. Jadi, jangan asal memilih atap baja ringan, pilihlah atap baja ringan yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), agar dapat dipastikan keamanannya mulai dari proses produksi hingga penggunaan. Kualitas produk sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan kita sebagai penghuni rumah.


tips menagkal petir pada atap baja ringan


Memasang atap baja ringan juga tidak bisa sembarangan, tapi diperlukan tukang baja ringan yang kompeten, karena dalam memasang baja ringan diperlukan pemahaman bagaimana menghitung rumus jarak serta memasang kuda-kuda baja ringan, kanopi baja ringan, rangka atap baja ringan, genteng metal hingga dinding metal. Tukang baja ringan juga harus mengetahui cara memasang listrik yang benar agar aman digunakan pada material baja ringan dan genteng metal.

Walau atap baja ringan memiliki cara kerja seperti penangkal petir, agar lebih meyakinkan, kita bisa juga memasang alat penangkal petir. Biasanya penangkal petir terletak di bagian atas bangunan. Dengan menggunakan penangkal petir, resiko berbahaya yang dihasilkan dari sambaran petir dapat dicegah.

Sebagai referensi atap baja ringan yang sudah sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), kita bisa menggunakan rangka baja ringan atau atap baja ringan dari BlueScope Zacs®. Ketebalan dan material dari produk baja ringan BlueScope Zacs® sudah sesuai SNI dan memiliki garansi resmi berupa ketahanan karat dan warna. BlueScope Zacs® juga menyediakan jasa tukang ahli baja ringan sehingga kita tidak perlu khawatir akan prosedur keamanan dalam pemasangan rangka baja ringan atau atap baja ringan.

 

Comments

Popular posts from this blog

Semakin Bersyukur di Usia Cantik

3 Blog Masak Favorit

Creambath di rumah dengan Ellips Hair Mask