Thursday, February 26, 2015

Asyik, Sekarang Bisa Beli NOVA di Konter Kejujuran

Beberapa waktu lalu, saya memeriksakan anak saya ke RSPP (Rumah Sakit Pusat Pertamina) karena sakit yang menderanya. Saat itu Jum'at malam, tak banyak pasien anak datang. Mungkin juga karena jam praktek dokter akan segera berakhir. Kami memang datang di akhir jam praktek karena jalanan macet dan memang belum tahu jam praktek anak di RS ini. 

Masih menunggu dipanggil, saya antar anak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Ketika kembali dari kamar mandi, saya baru sadar ada sesuatu yang menarik perhatian. Sebuah rak bersusun tiga tingkat berisi tabloid, salah satunya NOVA! Awalnya saya mengira ini tabloid gratis yang bisa dibaca bebas pengunjung RS. Ternyata tabloid ini harus dibeli dengan memasukkan uang di kotak kecil yang menempel di samping rak. Ya, self service. Pembeli melayani dirinya sendiri. Rak itu namanya Konter Kejujuran. 

Saya berdiri di depan rak itu, melihat-lihat, menimbang-nimbang. Beli jangan, beli jangan. Sudah lama tidak membaca tabloid NOVA karena di minimarket terdekat seringkali kehabisan.


"Umi lagi ngapain?" Tanya anak lelaki saya yang berusia 7 tahun. 

Konter kejujuran di RSPP
 "Nggak, umi pengen beli tabloid NOVA kak. Ini uangnya kita masukkan sendiri ke kotaknya." Saya mengambil satu buah tabloid NOVA dan melihat isinya. "Tapiii..nanti aja deh pulangnya.." Saya meletakkan kembali tabloid NOVA karena membayangkan membawanya ke ruang dokter akan merepotkan, tas saya kecil, tak muat kalau dimasuki kertas seukuran tabloid. 

Begitu selesai berurusan dengan dokter anak, saya segera masukkan 2 lembar uang 2000 an dan 2 buah koin 500 an. Ya, satu buah tabloid NOVA yang saya beli di konter kejujuran hanya seharga 5000 rupiah saja! Lebih murah, tak ada alasan untuk berbohong di konter kejujuran. Konter kejujuran membuat kantong bisa berhemat dan belajar berbuat jujur. Inilah kesan pertama saya bersama NOVA.

Oh ya, konter kejujuran ada juga di Sekolah Global Mandiri Bogor, Wall WTC Matahari Serpong, Tangcity Mall, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, PT Adira Dinamika Multi Finance tbk, RS Borromeus Bandung, RSUP Persahabatan, SMK Negeri 3 Malang, Depok Town Square, dan beberapa tempat lainnya.

Kesan kedua, seingat saya NOVA telah menjadi salah satu sahabat bacaan saya sejak saya menikah. Jadi, usia perkenalan kami kurang lebih 8 tahun. Saya suka membaca sosok-sosok perempuan inspiratif yang ditampilkan di tabloid ini. Misalnya saja di edisi Februari 2015 ini, Ada sosok ibu sekaligus public figure, Marcella Zalianty, yang berjuang untuk anaknya yang tekena tumor otak. Ada Zola Yoana, seorang wanita yang hobi nyomblangin orang, kemudian hobinya ini menjadi penghasilan baginya. Ada juga para survivor kanker yang tiada lelah berjuang melawan penyakitnya, dan sosok perempuan inspiratif lainnya. Rubrik lain, tentu saja rubrik masakan yang selalu saya 'intip'. Mencari inspirasi memasak merupakan kegiatan yang selalu saya lakukan hampir setiap hari terkait tugas saya sebagai 'koki' di rumah.


Ada 7 pesan saya untuk NOVA berikut ini:

Pertama, tetaplah menampilkan sosok perempuan-perempuan yang menginspirasi agar semangat mereka menular pada perempuan Indonesia lainnya yang membaca tabloid ini. 

Kedua, konter kejujurannya okeee banget. Pertahankan yaa, kalau bisa semakin banyak tempat yang memiliki konter kejujuran seperti ini. 

Ketiga, saya kurang suka rubrik astrologi. Hehe, kalau bisa diganti apaa gitu, kata motivasi? atau yang lainnya.

Keempat, makin diperbanyak rubrik yang bisa pembaca berpartisipasi di dalamnya selain rubrik cerpen.

Kelima, Makin diperbanyak acara untuk blogger seperti ini :P.

Keenam, adakan lomba dong selain sosok inspiratif. Misalnya lomba resep, lomba cerpen, dan yang lainnya.

Ketujuh,seperti sudah disinggung di atas, konter kejujurannya kalau bisa semakin diperluas area jangkauannya.

Sekarang, waktunya mengucapkan....

Selamat ulang tahun yang ke-27 untuk NOVA, semoga semakin inspiratif dan bermanfaat buat perempuan Indonesia.

26 comments :

  1. Hwaa ada juga ya konter kejujuran **excited** klo dulu di kampus saia ada kantin kejujuran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...ada. program baru dr NOVA sepertinya

      Delete
  2. membayangkan jika semua ada kounter kejujuran

    ReplyDelete
  3. Wiiih... baru tau ada konter kejujuran. Kira-kira NOVA bertaruh berapa sekian ya dengan adanya layanan ini? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, saya juga baru tau karena nemu langusng:)

      Delete
  4. Baru tau mak ada counter kejujuran.keren euy... moga2 ga cuma asa di Jabotabek lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga mak..di luar jabodetabek juga udah ada ko tp masih terbatas...

      Delete
  5. tabloid nova memang lagi maju-majunya..

    ReplyDelete
  6. jarang banget ada counter kejujuran, salut, smg diperbanyak ya counternya :)

    ReplyDelete
  7. menarik banget mak cara jualannya. Mengasah nurani utk jujur ya..Soal Tabloid Novanya, Alhamdulillah msh mjd referensi utama bacaan keluarga. Meski sekarang jarang baca Nova, hehe gegara maraknya situs online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mak, saya juga jarang baca NOVA lagi....ini karena kemarin nemu konter ini sayang bangt klo ga beli...lbh murah :)

      Delete
  8. saya pernah baca ttg konter kejujuran ini di tabloid Nova :)

    ReplyDelete
  9. saya sudah cukup lama mendengar konter kejujuran tabloid Nova. Wlaopun belum pernah melihat langsung. Tpai, kalau melihat sampai sekarang masih berjalan, berrati banyak juga yang jujur :)

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah nemu mak konter kejujuran :p

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada konter kejujuran. Menarik... Jadi pengen ketemu... Siapa tahu aku juga jadi langganan :D

    ReplyDelete
  12. Konter kejujuran, baru dengar kayanya di Aceh nggak ada deh

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...